10 Tanda Yang Muncul Ketika Sedang Berbohong

0
62
Ilustrasi: hellosehat.com

Berbohong sepertinya telah membudaya dalam bermasyarakat. Tidak sedikit yang menganggap bahwa kebohongan adalah hal yang biasa dilakukan. Namun tetap saja berbohong itu merugikan dan seseorang bisa menjadi tidak enak sendiri ketika mereka melakukannya.

Ketika berbohong biasanya akan menimbulkan perasaan tidak enak, sehingga disadari maupun tidak seseorang pasti akan memperlihatkan tanda-tanda berbohong yang tidak semua orang bisa melihatnya.

Tetapi, seseorang yang sedang berbohong pasti dapat diketahui ketika dia berbohong. Hanya saja kebanyakan orang masih tidak bisa mengenali tanda-tanda kebohongannya secara jelas. Mari simak ulasan tentang 10 Tanda Yang Muncul Ketika Sedang Berbohong berikut:

1. Mengubah Posisi Kepala

Tanda pertama yang akan muncul adalah mengubah posisi kepala. Bisa diperhatikan saat seseorang sedang berbicara, ketika ia mengubah posisi kepalanya saat ditanyai, itu menandakan bahwa bisa saja ia sedang berbohong.

2. Pernapasan Berubah

Salah satu tanda ketika seseorang menjadi tidak enak sendiri adalah pernapasan yang berubah. Orang yang sedang berbohong biasanya bisa membuat nafasnya tiba-tiba berubah menjadi lebih cepat atau malah tidak teratur. Hal ini disebabkan detak jantung yang berdegup kencang, oleh karena itu darah yang mengalir menjadi sangat cepat.

3. Sulit Bicara

Orang yang sedang berbohong juga akan menjadi gugup dan tingkatan stres akan bertambah, akibatnya seseorang akan menjadi sulit berbicara pada saat ia berbohong.

4. Berkedip

Seseorang yang sedang berbohong juga bisa dilihat lewat matanya. Jika seseorang sedang berbohong pasti matanya akan berkedip atau mengalihkan pandangan matanya ke arah lainnya.

Baca Juga:
Berhenti Sepelekan Perkara Shalat, Berikut Alasannya

5. Sering Menunjuk

Orang yang sering berbohong juga akan mengarahkan jarinya entah kepada orang lain ataupun ke arah yang tidak jelas ketika kebohongannya terbongkar. Hal ini dilakukannya agar kebohongan tidak memalukan dirinya sendiri.

6. Mengubah Posisi Kaki

Posisi kaki juga bisa menentukan seseorang sedang berbohong atau tidak, karena ketika berbohong seseorang akan merasa sangat ingin beranjak pergi dari tempat tersebut.

7. Menutupi Bagian Tubuh

Menutupi bagian tubuhnya juga bisa menjadi salah satu tanda seseorang tengah berbohong. Kamu bisa mengetahuinya ketika kamu sedang berada di tempat orang yang suka berbohong.

8. Menutup Mulut

Menutup mulut dengan tangan, itu tandanya jika orang tersebut sedang berbohong tetapi juga tidak ingin jujur sehingga hal ini menjadi sangat sulit untuk diputuskan. Namun biasanya kebohongan akan terbongkar ketika ia sedang menutup mulut.

9. Bicara Terlalu Banyak dan Diulang-ulang

Seseorang yang sedang berbohong juga bisa diketahui dengan cara bicaranya yang terlalu banyak berbicara dan diulang-ulang. Hal ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang sedang berbohong agar orang yang dibohonginya tersebut menjadi bingung sehingga terasa tidak ingin menanyakannya lagi.

10. Posisi Tubuh Kaku

Posisi tubuh yang kaku juga bisa membuktikan jika orang tersebut tengah berbohong. Hal ini dikarenakan ketika orang berbohong pasti mereka merasa tegang.

Itulah 10 Tanda Yang Muncul Ketika Sedang Berbohong. Namun tanda-tanda tersebut terkadang tidak muncul karena ketika seseorang tersebut mengetahui tanda-tanda yang akan muncul, ia pasti akan berusaha untuk menyembunyikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here