Jangan Abaikan, Hindari Kebiasaan Ini Saat Memasuki Usia 40 Tahun

0
97
Ilustrasi: rimma.co

Bertambahnya usia dapat membawa perubahan pada tubuh manusia. Namun, kurangnya perhatian terhadap kesehatan tubuh di waktu muda akan memicu timbulnya penyakit pada saat usia sudah tua. Kebiasaan buruk pada usia 20-30an akan membuat tubuh tidak lagi sebugar dulu.

Untuk itu ada baiknya menghindari kebiasaan tubuh tersebut di masa muda. Agar ketika memasuki masa tua, tidak ada penyakit yang menyerang tubuh dan menjadi investasi kesehatan jangka panjang. Berikut ini adalah kebiasaan di usia muda yang harus dihindari saat memasuki usia 40 tahun.

1. Malas Cek Kesehatan

Usia yang masih muda kadang membuat orang malas untuk memeriksakan kesehatannya karna merasa sehat. Namun sebenarnya hal ini adalah sebuah kesalahan. Karena bisa saja banyak penyakit kronis yang menyerang tubuh dan baru diketahui saat usia sudah lanjut.

Ketika malas memeriksakan kesehatan tentu saja kita tidak akan mengetahui penyakit apa yang kemungkinan diderita. Untuk itu, lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara berkala, misalnya dengan mengukur tekanan darah atau kadar gula darah. Hal ini harus dilakukan terlebih lagi jika terdapat riwayat penyakit di dalam keluarga.

2. Terlalu “Lengket” Dengan Gadget

Kehadiran gadget memang bisa membantu dalam menjalankan aktivitas komunikasi. Namun, ternyata terlalu bergantung terhadap perlatan komunikasi yang canggih ini dapat meningkatkan resiko penyakit pada usia lanjut.

Menurut  sebuah penelitian, sinar biru yang dihasilkan oleh gadget tidak hanya dapat mengganggu sirkadian tubuh. Namun juga dapat membuat kualitas tidur menjadi berkurang. Bahkan ketika terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget akan membuat orang jarang bergerak.

Baca Juga:
Produktivitas Menurun? Coba Konsumsi Tujuh Makanan Ini

3. Tidak Memprioritaskan Tidur

Sama halnya seperti ponsel, ternyata tubuh dan otak juga perlu di “reboot” atau di “charge”. Banyak orang di bawah usia 40 tahun yang justru sering begadang dan tidak mementingkan waktu tidurnya. Untuk itu, hindari kebiasaan tidak memprioritaskan tidur ini karena kurang tidur dapat menjadi penyebab depresi dan mempercepat penuaan.

4. Melewatkan Waktu Makan

Di usia di bawah 40 tahunan banyak orang yang memilih untuk tidak sarapan karena percaya hal itu dapat menurunkan berat badan. Namun, ternyata  kebiasaan ini justru tidak baik bagi kesehatan di usia lanjut. Tidak sarapan aakan membuat lebih cepat lapar akan akan lebih banyak mengkonsumsi makanan pada waktu berikutnya. Sering melewatkan waktu makan akan membuat tubuh berada dalam “mode darurat” dan membuat kalori lebih banyak disimpan sebagai cadangan.

5. Mengabaikan Gejala Penyakit

Banyak orang yang mengabaikan gejala penyakit yang menimpanya seperti berat badan yang menurun tanpa sebab, ada darah di feses atau merasa kelelahan berlebihan. Itu bisa menjadi sinyal bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh. Kenalilah gejala penyakit sedini mungkin agar bisa mengatasi penyakit ini sebelum terlanjur parah.

6. Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang memiliki banyak bahaya. Ketika usia masih muda, cobalah untuk menghindari kebiasaan yang satu ini agar menurunkan resiko kematian.

7. Terlalu Banyak Mengasup Garam

Hampir semua jenis makanan mengandung sodium yang tinggi seperti sup, keju, daging olahan, saus dan masih banyak lagi. Sebelum memasuki usia 40 tahun, cobalah untuk membatasi penggunaan garam pada makanan agar bisa terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

8. Malas Minum Air

Kebiasaan selanjutnya yang harus dihindari dan bahkan dihilangkan adalah malam minum air putih. Seperti yang diketahui, air bermanfaar untuk menutrisi setiap sel dan organ dalam tubuh termasuk kulit. Dengan pertambahan usia akan membuat tubuh membutuhkan air yang lebih banyak. Untuk itu, konsumsilah air putih untuk menghindari dehidrasi.

Baca Juga:
Awas, Enam Gejala Daya Tahan Tubuh Lemah

9. Berbohong Pada Dokter

Usia muda membuat orang malu untuk mengatakan hal sebenarnya kepada dokter bahwa dirinya menderita sebuah penyakit. Mereka sering berbohong saat berkonsultasi dengan dokter. Padahal, sebenarnya jika berkata jujur pada dokter akan sangat penting untuk menentukan terapi yang diperlukan.

10. Senang Minuman Manis

Kebiasaan terakhir yang harus dikurangi menjelang usia 40 tahun adalah mengkonsumsi minuman manis. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi minuman manis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kegemukan, resistensi insulin dan diabetes.

Itulah kebiasaan buruk yang harus dihindari saat memasuki usia 40 tahun. Mulailah untuk melakukan gaya hidup sehat serta mengkonsumsi makanan sehat agar kesehatan tetap terjaga hingga masa tua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here