Subhannallah, Inilah Dua Mata yang Tidak Disentuh Api Neraka

0
177
Ilustrasi: diaryapipah.com

Neraka adalah tempat di akhirat kelak yang diperuntukkan bagi manusia yang berbuat dosa pada waktu mereka hidup di dunia. Di neraka inilah manusia akan dihukum sesuai dengan dosa yang mereka perbuat.

Akan tetapi, ternyata ada bagian tubuh yang bisa terlepas dari pedihnya siksa api neraka. Bagian tubuh tersebut adalah organ mata, ada dua jenis mata yang tidak akan disentuh oleh api neraka di akhirat kelak.

Rasulullah SAW bersabda: “Dua mata yang tidak akan disentuh api neraka untuk selama-lamanya : mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang bermalam dalam rangka berjaga di jalan Allah”. (HR. Tirmidzi). Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Mata yang Menangis karena Takut kepada Allah

Jenis mata pertama yang tidak akan disentuh oleh api neraka adalah mata yang menangis karena takut kepada Allah SWT. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki jenis mata yang demikian.

Orang yang memiliki mata ini bercirikan memiliki jiwa yang bersih, ruh serta hati yang jernih diiringi dengan rasa takut kepada Allah. Orang demikianlah yang akan mudah mengalir air mata takwanya untuk Allah, bukan air mata palsu yang penuh dengan kepura-puraan.

Menangis adalah fitrah, sebuah sunnatullah yang Allah berlakukan untuk setiap hamba-Nya. Menangis karena takut kepada Allah merupaka salah satu sifat orang-orang mukmin.

Karena orang yang berhati keras dan memiliki banyak dosa tidak akan akan mampu meneteskan air mata takwanya untuk Allah SWT.

Allah SWT memuji orang-orang suka menangis karena takut kepada-Nya, demikian Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

Baca Juga:
Enam Larangan Bagi Wanita Haid Menurut Hukum Islam

“Sesungguhnya orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan sebelumnya apabila Al Qur’an dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud, dan mereka berkata: “Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi”. Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu”. (QS. Al-Isra : 107-109)

Banyak pahala dan manfaat yang akan diperoleh manusia jika ia menangis karena takut kepada Allah. Menangis akan melahirkan hati yang lembut, merupakan ciri-ciri orang shaleh, dan menangis adalah sifat-sifat orang khusyuk yang akan menghuni surga.

Selain itu, menangis karena takut kepada Allah SWT memiliki keutamaan yang sangat agung di sisi Allah SWT:

Rasulullah SAW bersabda:

 “Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena takut kepada Allah, hingga susu kembali ke payudara”. (HR. Tirmidzi dan Nasa’i)

Ada banyak jenis tangisan, diantaranya seperti yang di sebutkan oleh Yazid bin Maisarah rahimahullah, beliau berkata: “Menangis itu ada tujuh macam : Menangis karena bahagia, menangis karena sedih, ketakutan, riya, kesakitan, syukur dan menangis kerena takut kepada  Allah ta’ala, menangis karena takut kepada Allah inilah yang akan dapat memadamkan api yang besarnya seluas lautan”.

Dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh imam bukhari dan imam Muslim disebutkan bahwa ada tujuh golongan manusia yang Allah SWT naungi dengan naugan-Nya di hari yang tidak ada lagi naungan melainkan hanya naungan-Nya, diantaranya adalah : “…dan seseorang yang mengingat Allah saat menyendiri lalu kedua matanya meneteskan air mata”. (HR. Bukhari & Muslim)

2. Mata yang Bermalam dalam Rangka Berjaga di Jalan Allah

Jenis mata kedua yang tidak akan disentuh oleh api neraka adalah mata yang bermalam dalam rangka berjaga di jalan Allah.

Baca Juga:
Inilah 3 Wasiat dari Rasulullah untuk Umatnya

Mata yang mengerjakan hal ini tidak akan disentuh neraka karena ia menjalankan tugas mulia untuk terus berjaga di malam hari dalam rangka berjihad di jalan Allah.

Jenis mata pertama dan kedua ini pada hari kiamat kelak akan mendapatkan suatu naungan yang tidak akan ada naungan melainkan hanya naungan Allah SWT.

Mata yang berjaga malam ketika berjihad di jalan Allah untuk menjaga kepentingan Islam daripada diserang musuh adalah mata yang dirahmati Allah di hari akhirat kelak mata ini tidak akan menangis kesedihan.

Mata yang mulia ini akan diberitahu oleh Allah bahwa dia digunakan untuk mencar ridho-Nya semasa berada di dunia.

Berjihad di jalan Allah adalah sebaik-baiknya aman yang dilakukan hanya semata-mata untuk mendaulatkan hukum-hukum Allah. Tanpa jihad dan pengorbanan, Islam tidak akan mampu ditegakkan dan dihayati dalam kehidupan bermasyarakat.

Maka ketika orang yang sedang berjihad meninggal dunia, maka ia termasuk ke dalam mati syahid. Sungguh mati yang mulia dan akan dimasukkan oleh Allah SWT ke dalam surga tanpa perlu di hisab.

Itulah dua mata yang tidak akan disentuh oleh api neraka pada hari kiamat kelak. Untuk itu, lakukanlah amalan-amalan agar bisa di tempatkan di surga-Nya Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menjadikan kita umat yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here