Lima Kebiasaan Buruk di Pagi Hari Ini Bahayakan Kesehatan

0
114
Ilustrasi: srimuslimatun.com

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai aktivitas yang menyenangkan. Udara pagi yang sejuk dan menyegarkan membuat orang bersemangat dalam menjalani harinya. Mulai dari bekerja, olahraga, atau sekedar membersihkan rumah.

Sebelum melakukan aktivitas tersebut, biasanya mereka akan terlebih dahulu melakukan kebiasaan-kebiasaan agar menambah mood dalam menghadapi hari. Namun ternyata ada kebiasaan-kebiasaan yang justru tidak baik untuk kesehatan jika dilakukan pada pagi hari.

Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui dampak buruk dari kebiasaan yang sering dilakukan. Lalu apa saja kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Mengecek Email dan Online Messenger Segera setelah Bangun

Gadget adalah benda elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari manusia pada saat ini. Bahkan ketika baru bangun tidur pun hal pertama yang dicari adalah gadget.

Setelah bangun mereka akan memeriksa email dan online messenger yang masuk ke dalam ponselnya. Namun sebenarnya kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan karena dapat menimbulkan kepanikan.

Terlebih lagi jika email yang masuk itu adalah tuntutan pekerjaan yang datang dari luar jam kerja, maka itu akan membuat mood rusak seharian.

Orang tersebut akan mengawali harinya dengan perasaan negatif. Tidak hanya itu, masalah akan timbul ketika membalasnya dalam keadaan mengantuk karena berpotensi membuat kesalahan.

Ada baiknya ketika ingin membukan email atau layanan pesan lainnya, usahakanlah di waktu yang benar-benar membuat kita sadar sepenuhnya.

Jangan memilih untuk membukanya ketika baru bangun tidur. Pilihlah waktu yang tepat, karena memiliki resiko stres yang lebih kecil dari pada harus membuka email dan pesan-pesan lainnya disembarang waktu.

Baca Juga:
Awas, Sering bergosip Bahayakan Kesehatan

2. Menunda Sesi Olahraga

Kebiasaan kedua yang sering dilakukan pada pagi hari adalah menunda sesi olahraga. Banyak orang yang ingin berolahraga, namun terus mengulur-ulur waktu pelaksanaannya.

Hal ini tentu saja tidak baik, karena olahraga adalah salah satu cara membuat tubuh tampak bugar pada pagi hari. Jika memang enggan melakukan olahraga, ada baiknya mencari cari lain untuk tetap bergerak. Seperti berjalan kaki menuju halte bus.

3. Mandi dengan Air Hangat

Udara pagi yang cukup sejuk membuat kebanyakan orang malas untuk mandi dengan air dingin. Mereka memilih mandi dengan air hangat agar tidak merasa kedinginan.

Namun ternyata kebiasaan tersebut justru akan membuat tubuh menjadi rileks dan malas bergerak. Akibatnya, orang tersebut akan memulai harinya dengan malas-malasan.

Selain itu, air hangat juga akan mengirim sinyal ke pusat syaraf untuk mengatakan kepada tubuh waktu ini adalah waktunya istirahat. Hal ini mengakibatkan jantung melambat dan orang tersebut akan mengantuk lagi.

Lebih baik untuk mandi dengan air dingin pada pagi hari, karena selain menyegarkan juga dapat mengaktifkan produksi endorfin yang biasa menambah semangat dalam beraktivitas.

4. Sarapan Sarat Karbo

Karbo merupakan jenis sarapan yang paling mudah dijumpai untuk menu sarapan pagi. Contohnya adalah nasi uduk, lontong sayur, dan roti tawar dengan selai.

Meskipun ada sebagian kecil sayuran dan protein yang ada di menu, namun tetap saja kurang mencukupi dan karbo lebih mendominasi.

Sebuah riset mengatakan bahwa, sarapan dengan menu yang dominan karbo akan membuat orang cenderung mengkonsumsi junk food sepanjang hari.

Ada baiknya untik mengganti roti yang selama ini dikonsumsi dengan roti gandum yang dipadukan bersama selai kacang rendah gula sebagai sumber protein.

Baca Juga:
Lakukan Enam Langkah Ini Saat Hadapi Kegagalan

Selain itu, juga bisa menggantinya dengan mengkonsumsi makanan yang terbuat dari telur dan kacang-kacang.

5. Menyikat Gigi sesudah Makan

Kebiasaan buruk lainnya yang harus dihindari pada pagi hari adalah menyikat gigi sesudah makan. Hal ini sering dilakukan terlebih lagi setelah mnum kopi atau makan buah.

Menyikat gigi setelah makan tidak baik karena akan mendorong gula yang tersisa di mulut naik ke permukaan gigi.

Ini dapat beresiko membuat gigi berlubang. Ada baiknya untuk menyikat gigi sebelum makan atau 30-60 menit setelah makan.

Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang menyikat gigi 30-60 menit sesudah minum kopi atau makan makanan manis, lebih rendah risikonya untuk kehilangan enamel gigi dibanding yang menyikat gigi 20 menit setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang sama.

Demikianlah penjelasan mengenai lima kebiasaan buruk di pagi yang membahayakan kesehatan. Untuk itu, ada baiknya menghindari hal-hal seperti yang dijelaskan di atas, agar dapat mengawali hari dengan penuh semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here