Hindari Melakukan Lima Hal Ini Sebelum Olahraga

0
36
Ilustrasi: hellosehat.com

Siapa yang tak ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar? Tentu saja hal ini menjadi dambaan setiap orang. Dengan tubuh yang sehat ini, maka akan membuat aktivitas menjadi lebih nyaman untuk dilakukan.

Namun, banyak orang yang tenyata justru melakukan kesalahan menjelang olahraga. Persiapan yang dilakukan sebelum olahraga ini malah dapat menimbulkan banyak dampak yang tidak baik bagi kesehatan.

Hal ini membuat olaharaga yang dilakukan akan berakhir sia-sia. Untuk itu, ada baiknya untuk mengetahui hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan sebelum olahraga. Berikut ini adalah lima hal yang harus dihindari sebelum melakukan aktivitas olahraga.

1. Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Hal pertama yang harus dihindari sebelum melakukan olahraga adalah mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Meskipun hanya sedikit, namun minum alkohol sebelum olahraga tetap saja tidak baik bagi kesehatan.

Itu dikarenakan minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi, penyempitan pembuluh darah, menimbulkan kantuk, mengganggu fungsi motorik dan berbagai efek buruk lainnya yang tidak kondusif untuk berolahraga.

Ada dampak yang lebih berbahaya dalam dari mengkonsumsi alkohol sebelum olahraga. Yakni walaupun hanya satu gelas, tapi alkohol dapat menurunkan kadar gula darah. Ini dapat mengakibatkan tubuh terasa lemas dan beresiko mengalami cedera saat berolahraga.

2. Minum Air Putih Terlalu Banyak Dalam Waktu Singkat

Banyak orang yang berfikir bahwa dengan mengkonsumsi air dengan jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat sebelum berolahraga akan membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

Anggapan ini adalah ternyata salah, karena jika meminum terlalu banyak air sebelum olahraga justri akan membahayakan kesehatan.

Ini disebabkan karena ginjal dapat memproses hingga satu liter air dalam satu jam. Namun jika sudah lebih dari itu, maka akan menyebabkan orang tersebut mengalami hyponatremia. Yakni kondisi darah menjadi encer dan konsentrasi ion sodium menurun terlalu rendaj.

Baca Juga:
Lima Makanan Khas Imlek Ini Jarang Ditemui Di Indonesia

Tidak hanya itu, akibat dari konsumsi air yang berlebihan sebelum olahraga juga akan mengakibatkan tubuh kehilangan energi, otot terasa lemah dan kram.

Tentu saja ini akan memperburuk keadaan sebelum berolahraga. Bahkan jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan orang tersebut mengalami koma.

Meskipun tidak bisa minum dua liter air sekaligus sebelum berolahraga, kita disarankan untuk minum sedikit demi sedikit air dua atau tiga gelas dalam kurun waktu tiga jam sebelum olahraga.

Hal ini untuk menghindari perut penuh air yang akan mengganggu aktivitas olahraga.

3. Mengenyangkan Diri Dengan Makanan Pedas

Hal selanjutnya yang harus dihindari sebelum olahraga adalah mengkonsumsi makanan yang pedas. Terlebih lagi jika porsi yang dikonsumsu berlebihan, ini dapat menyebabkan asam lambung naik ketika sedang berolahraga.

Tidak hanya itu, perut yang terlalu kenyang juga akan meningkatkan resiko kontak asam lambung dan menyebabkan iritasi di bagian kerongkongan yang kemudian akan menyebabkan heartburn.

Selain menyebabkan heartburn, juga bisa menimbulkan kram. Ketika berolahraga dengan perut yang masih mencerna makanan akan menghambat aliran darah ke otot. Hal ini tentu saja akan mengganggu proses pencernaan.

Namun, jika tetap ini mengkonsumsi makanan sebelum olahraga ada baiknya menghindari daging, jagung dan beberapa makanan lainnya yang dapat membuat usus harus bekerja ekstra untuk mencernanya.

Ada baiknya mengkonsumsi jenis buah-buahan beberapa jam sebelum olahraga.

4. Bercinta Dengan Berbagai Posisi

Bercinta selalu menghabiskan banyak energi, terlebih lagi jika dilakukan dengan berbagai posisi dan gaya.

Tidak hanya membuat letih, ketika bercinta tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin yang akan menimbulkan rasa nyaman.

Hal ini harus dihindari sebelum berolahraga  terlebih lagi jika olaharga yang bersifat pertandinga. Karena akan menurunkan konsentrasi dan menimbulkan kelelahan.

Baca Juga:
8 Manfaat Tak Terduga Rutin Konsumsi Teh Jahe Setiap Hari

5. Peregangan Statis

Ketika beolahraga, otot tubuh jaminan kekuatan yang lebih. Banyak orang yang berfikir bahwa dengan melakukan peregangan statis akan membuat otot menjadi lebih kuat.

Namun ternyata hal ini adalah sebuah kesalahan, karena melakukan peregangan statis sebelum olahraga justru akan membatasi kemampuan otot untuk melakukan tugasnya.

Sebuah studi yang telah dipublikasikan di Journal of Strength and Conditioning Research, atlet yang melakukan peregangan  sebelum squat, kekuatannya menurun 8.36% dan stabilitas tubuh lebih rendah 22.68%, dibandingkan mereka yang melakukan peregangan dinamis.

Demikianlah lima hal yang harus dihindari sebelum melakukan olahraga. Selain untuk menghindari cedera saat olahraga, tidak melakukan kelima hal tersebut justru akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai hal yang membahayakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here