Beranda Lifestyle Kecantikan Enam Cara Cegah Perut Buncit Pada Pria

Enam Cara Cegah Perut Buncit Pada Pria

0
173
Infophoria
Ilustrasi: fitnessformen.co.id

Wajah tampan saja ternyata tidak cukup untuk membuat seorang pria percaya diri. Kelebihan lemak apalagi di bagian perut akan menjadi masalah besar bagi seorang pria.

Selain untuk menjaga penampilan, tidak memiliki perut yang buncit juga akan menghindarkan diri dari berbagai penyakit. Selain itu, seorang pria akan lebih nyaman untuk melakukan aktivitas jika perutnya terlihat rata.

Namun ternyata tidak banyak pria yang mengetahui bagaimana cara untuk mencegah agar tidak mengalami perut buncit ini. Malah terkadang mereka melakukan hal yang memicu perut menjadi buncit tanpa menyadarinya. Berikut ini adalah enam cara cegah perut buncit pada pria.

1. Atur Pola Makan Sehat dan Kendalikan Berat Badan

Sebelum berfokus pada cara mencegah timbunan lemak di sekitar perut ada baiknya untuk terlebih dahulu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi selama ini. Jika tidak ingin mengalami perut yang buncit, lebih baik menjaga pola makan yang sehat serta mengendalikan berat badan.

Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan menghindari konsumsi makanan berlemak seperti gorengan. Lalu isilah perut dengan makanan yang rendah kalori namun kaya akan nutrisi agar kesehatan tubub tetap terjaga. Beberapa makanan yang dapat diipilih antara lain roti gandum, buah-buahan, sayuran dan ikan segar.

Selain itu, hindarilah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi seperti minuman bersoda, cookies dan berbagai makanan ringan lainnya.

2. Rutin Mengkonsumsi Makanan Berserat

Perut buncit terkadang dapat disebabkan karena permasalahan pencernaan kurang lancar. Untuk itu konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi agar dapat membantu proses buang air besar menjadi lancar dan teratur sehingga akan membuat perut terlihat lebih kurus. Makanan berserat ini dapat diperoleh dari konsumsi buah kiwi, kacang merah buah alpukat, buncis dan masih banyak lagi.

Baca Juga:
Tujuh Cara Agar Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan

3. Rajin Olahraga

Olahraga aerobik tidak hanya bisa dilakukan oleh kaum wanita saja. Pria juga bisa melakukannya untuk mencegah kebuncitan pada perut. Olahraga aerobik ini dapat dilakukan dalam satu jam selama 5 hari/minggu. Aerobik ini bertujuan untuk mencegah perut buncit dan dapat menurunkan berat badan.

Tidak hanya aerobik saja, olahraga lain juga bisa dilakukan untuk mencegah perut buncit antara lain bersepeda, bermain basket, berjalan kaki, bermain bulu tangkis dan berenang. Olahraga-olahraga ini dapat membantu mengecilkan perut dan terhindar dari kebuncitan.

4. Hitung Jumlah Kalori

Cara mencegah perut buncit selanjutnya adalah dengan menghitung kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kesadaran akan asupan kalori harian ini akan membantu dalam menurunkan berat badan. Ketika berat badan sudah turun makan perut buncit pun tidak lagi jadi momok yang mengkhawatirkan.

5. Membentuk Otot dengan Olahraga Beban

Mungkin cara ini jarang terpikirkan oleh sebagian orang. Namun sebenarnya untuk menghindari lemak perut ternyata membutuhkan usaha yang ekstra salah satunya dengan melakukan angkat beban. Lakukan latihan ini selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu dengan rentan 20 menit setiap latihan. Cara ini dipercaya dapat membakar lemak, membentuk otot dan meningkatkan metabolisme.

6. Istirahat yang Cukup

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mencegah perut buncit pada pria adalah dengan melakukan istirahat yang cukup, tidurlah sebanyak 7 atau 8 jam sehari pada malam hari. Kurang tidur ternyata  dapat mengganggu fungsi hormonal, khususnya yang berkaitan dengan nafsu makan.

Itulah cara mencegah perut buncit pada pria. Selain melakukan tips di atas, ada baiknya untuk tetap memperhatikan gaya hidup yang sehat. Karena jika hal ini terabaikan maka apa yang sudah dilakukan tetap saja akan sia-sia. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Waspada, Lima Dampak Buruk Begadang Bagi Psikologi Manusia

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here