Ingin Hapus Dosa? Lakukan Enam Hal Sederhana Ini

0
104
Infophoria
Ilustrasi: hellosehat.com

Dosa dalam agama Islam mengacu pada perbuatan atau perilaku yang dianggap salah atau menyalahi ajaran Allah SWT. Banyak orang tidak menyadari telah melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah, baik itu dosa kecil ataupun dosa besar. Meskipun dosa tersebut tidak dapat dilihat, namun Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Namun, Allah SWT adalah Dzat yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang sehingga bagi orang-orang yang yang meminta ampunan kepada-Nya, kemungkinan masih bisa diampuni. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana  cara memohon ampunan tersebut.

Ada beberapa amalan yang ternyata mampu menghilangkan dosa atas seizin Allah SWT. Berikut ini adalah ulasan mengenai enam hal sederhana yang dapat menghapus dosa.

1. Berdzikir

Dzikir merupakan ucapan yang bertujuan agar selalu ingat kepada Allah SWT. Berzikir untuk mengingat Allah SWT bisa dengan menyebut Asmaul Husna/nama-nama Allah SWT atawa bisa juga dengan melafalkan kalimat toyyibah / toyibah. Dzikir ternyata selain dapat membuat menghilangkan perasaan sedih dan gelisah juga dapat membersihkan dosa. Seperti Hadist Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya ucapkan kalimat Subhanallahu walhamdulillahi walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar itu menggugurkan kesalahan-kesalahan seperti pepohonan menggugurkan dedaunan.” – (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Ahmad)

2. Bersabar Terhadap Ujian dari Allah

Banyak orang yang tidak memiliki perasaan sabar ketika diuji oleh Allah SWT. Baik itu berupa ujian kehilangan, kemiskinan dan lain sebaginya. Padahal sebenarnya, Allah sangat menyukai orang-orang yang sabar. Sabar juga bisa dijadikan salah satu amalan untuk menghapus dosa. Seperti Hadist Rasulullah SAW yang artinya:

Baca Juga:
Waspada, Inilah Bentuk Syirik yang Berasal Dari Lisan

 “Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman, ‘Sesungguhnya apabila Aku menguji seorang hamba-Ku yang mukmin, lalu ia memuji-Ku atas ujian yang Aku timpakan kepada-Nya, maka ia bangkit dari tempat tidurnya (dalam keadaan) bersih dari dosa seperti hari ibunya melahirkannya.” – (Hadis Riwayat Ahmad)

3. Bersedekah

Bersedekah berarti mengeluarkan harta di jalan Allah SWT kepada yang membutuhkan. Sedekah ini memiliki banyak manfaat yang luar biasa, selain dapat melipatgandakan rezeki ternyata sedekah juga bisa dijadikan sebagai amalan untuk menghapus dosa.

Firman Allah SWT  “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan pada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” –(Q.S al-Baqarah ayat 271)

Rasullullah S.A.W: “Sedekah menghapus dosa seperti air memadamkan api.”  (HR. Ahmad, Tirmidzi dan selainnya)

4. Memperbanyak Bersujud

Sabda Rasulullah yang bermaksud : “Hendaklah kamu memperbanyak sujud kepada Allah, karena tidaklah kamu sekali sujud kepada-Nya melainkan Dia mengangkatmu satu derajat dan menghapus satu kesalahan (dosa) darimu.” – (H.R Muslim)

5. Menyempurnakan Wudhu

Wudhu merupakan amalan yang dilakukan dengan menggunakan air bersih pada anggota badan tertentu yan dimulai dengan niat dan untuk membersihkan hadast kecil. Wudhu yang sempurna juga menjadi salah satu amalan yang dapat menghapus dosa. Bagaimana bisa? Hal ini berdasarkan Hadist Rasulullah SAW yang artinya:

 “Jika seseorang berwudhu’ lalu menyempurnakan wudhu’nya kemudian berangkat solat dengan niat hanya untuk solat, maka tidak melangkah satu langkah kecuali Allah angkat satu derajat dan hapus satu dosa.” – (H.R. At-Tirmidzi)

6. Shalat 5 Waktu

Melaksanakan sholat lima waktu merupakan kewajiban bagi umat muslim. Banyak keutamaan yang akan diperoleh jika mengerjakan sholat lima waktu hanya untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT. Salah satunya adalah untuk menghapus dosa. Seperti sabda Rasulullah SAW yang artinya:

Baca Juga:
Lima Tipe Wanita di Dalam Al-Qur’an yang Wajib Diketahui

“Bagaimana pendapat kalian seandainya ada sungai di pintu yang digunakan untuk mandi setiap hari lima kali, apa yang kalian katakan apakah tersisa kotorannya? Mereka menjawab, “Tidak ada sisa kotorannya sedikitpun.”” Beliau bersabda, “Sholat lima waktu menjadi sebab Allah menghapus dosa-dosa.” –  (H.R Al-Bukhari)

Itulah enam amalan yang dapat dilakukan untuk menghapus dosa. Amalan sederhana yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Namun, jangan pernah mengulangi perbuatan dosa lagi, karena Allah hanya membukakan pintu surga kepada hamba-Nya yang bertakwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here