Beranda Lifestyle Kesehatan Beginilah Cara Redakan Stres Hanya Dalam 2 Menit

Beginilah Cara Redakan Stres Hanya Dalam 2 Menit

0
161
Infophoria
Ilustrasi: roberthalf.com

Pekerjaan menumpuk, deadline menanti adalah dua masalah yang ternyata dapat memicu timbulnya stres. Situasi ini akan semakin berbahaya apabila tidak segera ditangani dengan benar. Tidak hanya stres saja yang bisa hadir, namun juga perasaan lainnya akan turut mengikuti seperti emosi, hilangnya aktualisasi, depresi yang dapat menurunkan produktivitas.

Tidak hanya di dunia kerja saja, stres juga bisa disebabkan oleh hal-hal seperti berat badan naik, atau sedang didera penyakit tertentu juga bisa menimbulkan stres. Jika stres ini diabaikan dan dibiarkan berlarut-larut tentu saja akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh ataupun jiwa. Oleh sebab itu, harus segera menanggulanginya dengan cara yang tepat dan cepat.

Namun, banyak orang yang berfikir untuk mencegah stres harus ke pergi ke psikolog atau melakukan terapi yang mengeluarkan biaya tidak sedikit. Ups, jangan khawatir karena kini stres bisa diatasi dengan cara yang mudah, murah dan hanya butuh waktu dua menit. Lho, kok bisa? Berikut ini adalah ulasan cara meredakan stres dalam dua menit.

Langkah pertama dan terpenting dalam mengatasi stres adalah mengambil kendali. Ada sebuah teknik yang dipercaya dapat membantu untuk membuat orang menjadi lebih rileks sehingga mampu berfikir jernih ketika dilanda stres. Caranya yaitu dengan mengambil napas panjang lalu menghembuskannya. Simpel bukan?

Mungkin cara ini terdenganr klise dan meragukan. Akan tetapi, cara ini akan sangat efektif apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Seorang pendiri dan direktur Arizona Center for Integratif Medicine, Andrew Weil, MD mengungkapkan bahwa dengan menarik napas panjang dengan tepat akan sangat ampun untuk menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Hal ini akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang, sehingga bisa membantu untuk berfikir jernih dan positif hanya dalam dua menit saja.

Baca Juga:
Tiga Makanan Alami Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Namun, jika belum merasakan efeknya, mungkin orang tersebut salah dalam melakukan tekniknya. Andrew menyarankan untuk melakukan teknik pernapasan “4-7-8”/. Yaitu teknik pernapasan dengan cara menutup mulut dan menarik napas selama 4 hitungan. Lalu langkah selanjutnya adalah menahan napas tersebut selama 7 hitungan.

Baru yang terakhir buang napas selama 8 hitungan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan teknik ini setidaknya tiga kali. Ada baiknya untuk menutup mata agar bisa merasakan ketenangan yang lebih untuk menghilangkan stres.

Hal ini juga dibenarkan oleh Christina Vestergaard, MD, MPH, pulmonologist di Massachusetts General Hospital. Menurutnya, mengambil napas secara penuh mampu menekan syaraf-syaraf yang berhubungan dengan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah. Sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan terhindar dari stress.

Tidak hanya itu, teknik ini juga membantu dalam membuat seseorang fokus dengan dirinya sendiri dan bisa melupakan hal-hal di sekitar dalam beberapa waktu. Efeknya, otak akan memiliki kesempatan untuk beristirahat sejenak, itulah yang membuat stres lenyap dalam waktu singkat

Ketika menahan napas, ada sensasi santai tersendiri yang akan dirasakan oleh tubuh. Saat menahan napas ini, tubuh akan meningkatkan karbondioksida dalam aliran darah yang mampu merenggangkan pembuluh darah. Sehingga, bisa membuat seseorang terhindari dari kasus sakit kepala ketika memiliki banyak pikiran.

Demikianlah ulasan mengenai cara redakan stres hanya dalam dua menit. Selain melakukan kegiatan di atas, cobalah untuk selalu berfikir positif dalam menghadapi suatu masalah, jangan menganggap semuanya sebagai beban agar tidak menimbulkan stres yang berkepanjangan. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here