Tujuh Cara Cerdas Atasi Cemas Berlebihan

0
112
Infophoria
Ilustrasi: roberthalf.com

Perasaan cemas bisa dialami oleh siapa saja. Perasaan cemas ini dapat muncul ketika diri sedang berada di bawah tekanan atau kekhawatiran. Bagi sebagian orang perasaan cemas ini adalah hal yang wajar.

Akan tetapi, menurut sebuah penelitian dan ahli psikologi mengungkapkan bahwa perasaan cemas itu merupakan salah satu perasaan yang mengganggu kesehatan. Jika perasaan cemas berlebihan ini tidak diatasi dengan baik makan orang yang sering mengalami kecemasan akan mudah untuk terkena depresi bahkan juga gangguan mental.

Untuk itu, jika perasaan cemas mulai melanda, ada baiknya menenangkan diri. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi cemas. Berikut ini tujuh cara cerdas atasi cemas berlebihan dengan mudah.

1. Cari Masalah yang Sedang di Hadapi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi cemas adalah dengan mencari masalah yang sedang dihadapi. Kebanyakan orang tidak tahu apa penyebab mengapa mereka merasa cemas. Untuk itu, ketika perasaan cemas melanda, mulailah untuk mencari tahi apa yang sebenarnya membuat perasaan menjadi cemas dan khawatir. Jika sudah ketemu sumber masalahnya, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memperbanyak berssabat dan coba mengatasi masalah tersebut.

2. Tanyakan pada Diri Sendiri

Cara kedua yaitu menanyakan kepada sendiri. Apakah kecemasan itu muncul akibat belum makan, sedang marah, kesepian atau terlalu lelah menjalani aktivitas. Apabila sudah tahu jawabannya maka akan membuat orang yang merasa cemas tersebut bisa mengatasinya dan menentukan apa yang harus dilakukan agar perasaan tersebut bisa hilang.

Baca Juga:
Inilah 4 Istilah Medis yang Sering buat Salah Kaprah

3. Ambil Nafas Dalam-dalam

Mengambil napas dalam-dalam bisa menjadi cara yang efektif ketika perasaan cemas mulai muncul. Ada baiknya mengambil napas dalam-dalam sebanyak 7 sampai dengan 10 kali. Para ahli psikologi mengungkapkan bahwa dengan cara tersebut akan membantu pribadi menjadi lebih tenang dan bahagia. Itulah sebabnya mengapa mengambil napas dalam-dalam selalu ada dalam olahraga yoga.

4. Minum Air Putih

Ketika perasaan cemas mulai muncul, usahakanlah untuk mengambil air minum dan meminumnya secara perlahan. Hal ini akan sangat baik karena dengan minum akan dapat meredakan perasaan cemas yang ada di dalam hati.

5. Melakukan Spa atau Perawatan Tubuh Lainnya

Cara lainnya untuk mengatasi perasaan cemas adalah dengan melakukan spa dan perawatan tubuh. Hal ini bertujuan untuk merelaks kan tubuh yang mungkin sudah terlalu lelah mengahadapi aktivitas. Jika tidak suka melakukan perawatan tubuh di klinik dan salon kecantikan, cobalah untuk melakukan perawatan di rumah.

6. Kumpul dengan Keluarga Tercinta

Berkumpul bersama keluarga tercinta di rumah bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi cemas. Dengan berkumpul bersama keluarga akan membuat seseorang merasa lebih tenang dan terlindungi. Jika tidak bisa bertemu dan berkumpul langsung dengan keluarga karena kesibukan di luar kota atau luar negeri, hal lain yang bisa dilakukan adalh dnegan mengobrol dan berkumpul dengan teman-teman yang ada di sekitar.

7. Jalan-Jalan di Taman

Cara cerdas terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi cemas adalh dengan mencoba berjalan-jalan atau sekedar duduk-duduk di taman. Berada di taman dan melihat keindahan lingkungan akan membuat perasaan cemas perlahan-lahan hilang dan berganti dengan perasaan nyaman.

Demikianlah ulasan mengenai tujuh cara cerdas atasi cemas berlebihan. Jika sedang merasa cemas, usahakan tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat seperti mengkonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang. Hal tersebut justru dapat membuat seseorang menjadi semakin cemas. Perbanyaklah aktivitas positif agar hidup lebih bahagia.

Baca Juga:
Lima Waktu yang Baik Meminum Air Putih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here