Waspadai, Lima Gejala Tak Terduga Menjelang Sakit

0
89
Ilustrasi: popsci.com

Sakit merupakan keadaan ketika kesehatan tubuh terganggu. Ketika sakit melanda, maka hal yang tidak menyenangkan pun akan menyusul kemudian. Seperti dapat menimbulkan gangguan aktivitas sehari hari baik itu aktivitas jasmani, rohani ataupun sosialnya.

Biasanya sakit ini didahului oleh gejala-gejala ringan, namun saking ringannya banyak yang tidak menyadari bahwa kondisi fisiknya tengah menurun.

Sakit memang bisa datang secara tiba-tiba, tetapi sebenarnya ada beberapa gejala yang ditunjukkan tubuh bahwa akan mengalami sakit. Hanya saja, manusia yang mengalaminya tidak peka dengan hal tersebut. Berikut ini lima gejala tak terduga menjelang sakit.

1. Tulang Ngilu dan Capek

gejala tak terduga yang pertama yaitu ketika tulang terasa ngilu dan perasaan capek yang berlebihan. Ketika rasa sakit seperti ini muncul secara tiba-tiba dan terlihat seperti capek biasa, namun jangan pernah meremehkannya.

Karena bisa saja itu merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang melemah dan akan mengalami gejala flu atau sakit pencernaan.

2. Tenggorokan Kurang Nyaman

Banyak orang yang merasa kurang nyaman di bagian tenggorokan. Hal ini patut untuk diwaspadai karena bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang terserang flu atau punĀ  radang tenggorokan. Ada baiknya jika mengalami keadaan seperti ini, mulailah mengurangi makan gorengan dan minum air madu dan lemon untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Nafas dari Mulut Terasa Panas

Ada tanda lain yang menandakan bahwa tubuh akan mengalami sakit yaitu nafas dari mulut terasa panas. Saat itu tubuh sedang mengalami panas dalam, meskipun tidak berlangsung lama ada baiknya untuk segera mengambil tindakan seperti meninum larutan penyegar atau minum air madu. Hal harus dilakukan untuk membantu memberikan pertolongan pertama pada panas dalam. Namun, apabila di biarkan begitu saja maka akibatnya adalah tubuh akan mengalami deman dan menjadi lebih parah lagi.

Baca Juga:
Inilah Dua Alasan Mengapa Konsumsi Lele itu Bisa Berbahaya

4. Kaki Pegal

Pernahkan merasa pegal pada bagian kaki? Pegal pada kaki ternyata merupakan indikasi bahwa tubuh akan mengalami penyakit. Ketika kaki pegal maka itu pertanda bahwa ada gejala sakit pada pencernaan. Untuk itu lakukanlah pijatan pada bagian perut, hindari pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat, serta penuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Perubahan Nafsu Makan

Perubahan nafsu makan ternyata menjadi gejala menjelang sakit pada tubuh. Misalnya ketika sedang menstruasi, seseorang menjadi mudah lapar. Saat itu tubuh memberikan sinyal bahwa ada asupan yang kurang terpenuhi. Namun, jika mengalami penurunan nafsu makan, biasanya itu karena ada masalah pencernaan atau menjelang flu.

Demikian ulasan mengenai lima gejala tak terduga menjelang sakit. Untuk itu jangan remehkan saat tubuh memberikan sinyal yang janggal. Tetap jaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here