Menelusuri Keindahan Pulau Kadidiri, Pulau Perawan yang Kaya Biota Laut

0
98
infophoria
Ilustrasi: ksmtour.com

Pulau Sulawesi menjadi salah satu dari lima pulau yang terbesar di Indonesia. Di pulau ini ternyata tersimpan banyak keistimewaan di bidang pariwisatanya, salah satunya adalah Pulau Kadidiri. Pulau Kadidiri merupakan pulau indah nan eksotik yang terletak di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dikenal wisatawan asing.

Pulau ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3-6 jam perjalanan dengan menggunakan kapal laut dari Kota Ampana dan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 30 menit lagi dari Wakai ke Pulau Kadidiri, pulau yang menyimpan banyak keindahan.

Meskipun waktu tempuh yang diterpakai cukup lama untuk mencapai lokasi ini. Namun semua akan terbayarkan ketika melihat keindahan pulau yang satu ini. Selain itu, fasilitas yang tersedia di pulau ini juga sudah lengkap. Apa saja yang ada di pulau ini dan bagaimana keindahannya? Berikut ulasan selengkapnya mengenai pulau kadidiri, pulau perawan yang kaya biota laut.

Di kalangan wisatawan, Pulau Kadidiri sering disebut sebagai pulau perawan dengan keindahan yang tersembunyi. Namun, tempat wisata yang satu ini lebih sering dikunjungi oleh wisatawan asing dibandingkan dengan wisatawan yang berasal dari dalam negeri. Bahkan ada wisatawan yang menetap di pulau ini hingga belasan tahun.

Pulau ini memliki fasilitas yang lengkap, di sana terdapat resor dan penginapan dengan berbagai tipe dan tarif yang berbeda. Selain itu, ada juga cottage yang sangat nyaman terlebih lagi bagi orang yang ingin merasakan suasana yang lebih alami.

Pulau Kadidiri ini kaya akan biota lautnya, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi para pecinta aktivitas air. Selain Bunaken, pulau yang satu ini bisa menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan biota laut di Sulawesi. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di pulau iniĀ  antara lain berlayar, menyelam, snorkeling, memancing, trekking hutan tropis, dan berjemur di tepi pantai.

Baca Juga:
Trikora, Pantai Cantik Tujuan Wisata dan Berdoa

Pulau ini masih sangat alami, bahkan saking alaminya wisatawan bisa menikmati terumbu karang dengan mata telanjang tanpa harus snorkeling ataupun diving. Hanya cukup berjalan sejauh lima meter dari tepi pantai untuk menikmati keindahan bawah laut dengan sangat mudah.

Selain itu, laut di pulau ini sebening kristal dengan pasir putih nan lembut. Selain terumbu karang, pengunjung bisa melihat ikan berbagai warna yang saling berkejaran, penyi, hiu dan biota laut lainnya. Tidak hanya itu, di pulau ini wisatawan juga akan dimanjakan dengan spot-spot terbaik snorkeling atau diving.

Salah satu spot diving yang wajib dikunjungi adalah puing pesawat B 24, yang merupakan pesawat bekas Perang Dunia ke II. Puing-puing pesawat ini menjadi rumah bagi beragam terumbu karang yang berusia puluhan tahun. Pasti hal ini bisa menjadi pengalaman yang mengesankan bagi orang yang menjelajahi pesawat bersejarah ini.

Tidak cukup sampai di situ, bagi yang suka memancing bisa akan ada guide yang menemani ke tempat pemancingan di daerah Kundurang. Kundurang adalah lokasi yang sudah terkenal sebagai spot pemancingan ikan laut terbaik di pulau ini.

Sedangkan untuk wisatawan yang menyukai pemandangan hijau, bisa melakukan trekking atau kegiatan berjalan kaki untuk menjelajahi hutan tropis di pulau ini. Trekking di hutan tropis Kadidiri tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan karena ada beragam tumbuhan yang hidup di dalam hutan tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai Pulau Kadidiri yang penuh dengan keindahan dan kaya akan biota laut. Jika berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan setiap moment yang dilewati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here