Awas, Sering bergosip Bahayakan Kesehatan

0
114
Bagi kaum wanita berkumpul bersama teman-temannya adalah hal yang menyenangkan. Mereka melakukan banyak kegiatan dikala bersama. Entah itu curhat mengenai permasalahan yang tengah di hadapi, ataupun sekedar melepas rindu dengan bercengkrama bersama mereka.

Namun ternyata, ada satu hal yang tidak bisa lepas dari perkumpulan wanita ini yaitu bergosip. Ya, bergosip memang merupakan hal yang tidak baik, namun kaum hawa sangat sulit untuk melepaskan diri dari kebiasaan yang satu ini.

Awas, Sering bergosip Bahayakan Kesehatan 1

Meskipun terlihat seru dan menyenangkan, ternyata kebiasaan bergosip ini dapat membahayakan kesehatan. Bagaimana bisa? Berikut ini ulasan selengkapnya yang harus wanita ketahui tentang bahaya kebiasaan bergosip.

Gosip merupakan suatu kabar yang menyebar tanpa diketahui atau tidak berlandaskan pada fakta dan kebenaran. Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa ketika seseorang mendengar gosip mengenai orang lain, maka ia akan memberikan penilaian kepada dirinya sendiri. Hal tersebut akan membuat kenyamanan serta kepercayaan dirinya menjadi terganggu. Apabila hal ini  terus terjadi, maka kesehatan pun akan ikut terganggu.
Misalnya ketika kita mendengan gosip baik tentang kinerja dari rekan kerja. Mendengar jika mereka naik jabatan karena berhasil dalam proyeknya serta mendapatkan promosi tentu hal ini akan membuat orang yang mendengarnya merasa minder. Pada hari berikutnya akan menurunkan kepercayaan diri. Tidak cukup sampai di situ, hal ini juga akan mempengaruhi kinerja di kantor.
Hal yang berbeda akan terjadi apabila yang didengarkan adalah gosip buruk mengenai orang lain. Gosip yang semacam ini akan membuat orang yang mendengarnya merasa lebih baik dari orang yang digosipkan tersebut. Akibatnya ia akan menjadi lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan. Selain itu, mendengar kabar buruk tentang seseorang juga akan membuat orang yang mendengarnya merasa lebih unggul,  dan lebih dihargai.
Tenyata bergosip dan membicarakan keberhasilan serta kehebatan orang lain menjadi “alarm” tersendiri bagi manusia. Orang yang mendengar tentang kebaikan orang lain tentu akan berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari pada orang yang digosipkan. Padahal sebenarnya hal tersebut akan membuat mereka menjadi stres, tertekan dan depresi. Karena mereka merasa bahwa orang tersebut adalah saingan yang harus dikalahkan.
Padahal stres dan depresi ini dapat menyebabkan masalah tertentu pada kesehatan kesesorang. Jika mengalami hal seperti ini, ada baiknya untuk segera mencari bantuan untuk mendapatkan penanganan agar masalah ini tidak menjadi lebih parah,
Meskipun demikian, sebenarnya hal seperti ini bisa membuat kita terpacu untuk menjadi orang yang lebih baik dan lebih sukses. Karena ketika mendengarkan kabar dari orang lain, akan membuat kita berusaha untuk melakukan evaluasi terhadap diri.
Demikianlah ulasan mengenai bahaya bergosip bagi kesehatan. Meskipun ada dampak positif dari bergosip, ada baiknya untuk mengabaikan setiap gosip yang beredar karena selain tidak baik untuk kesehatan juga akan mengganggu hubungan sosial.
Baca Juga:
Ingin Sehat? Pakar Berikan Resolusi di 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here