Beranda Fakta Delapan Khasiat Berdoa Bagi Kesehatan Tubuh

Delapan Khasiat Berdoa Bagi Kesehatan Tubuh

0
79
Berdoa merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh umat beragama untuk memohon sesuatu kepada Tuhan. Berdoa juga sering dijadikan sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Selain itu, berdoa juga dijadikan sebagai lahan untuk memperoleh pahala.

Kegiatan ini dapat dilakukan di mana saja, entah itu di tempat ibadah ataupun di rumah. Namun, tahukah kalian jika ternyata berdoa tidak hanya sebagai sumber mendapatkan pahala? Ternyata berdoa memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Delapan Khasiat  Berdoa Bagi Kesehatan Tubuh 1

Ya praktik kerohanian ini ternyata bisa bermanfaat bagi otak dan tubuh manusia. Lalu, apa sajakah khasiat yang akan diperoleh jika rajin berdoa? Berikut ini delapan khasiat di balik berdoa bagi kesehatan tubuh manusia.


1. Membebaskan Diri dari Stres

Manfaat pertama yang akan diperoleh dari seringnya memanjatkan doa yaitu dapat membebaskan diri dari stress. Berdoa ternyata dapat mempengaruhi kondisi pikiran, membantu orang untuk rileks. Efeknya adalah dapat mengurangi stress terhadap berbagai organ tubuh. Berdoa tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi stres mental, namun juga dapat membantu meredakan stres fisik. Bahkan, ternyata dengan berdoa dapat meredakan reaksi emosional terhadap stres itu sendiri.

2. Mengurangi Peluang Menderita Depresi Dan Kegelisahan

Tidak hanya dapat membebaskan diri dari stres, ternyata menurut penelitian di Inggris yang diterbitkan di British Journal of Health Psychology, ternyata berdoa juga bisa mengurangi resiko terserang depresi dan kegelisahan. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa dengan berdoa akan membuat seseorang merasa lebih positif dan tidak tertekan jika sedang berdoa di tempat ibadah.

3. Membantu Mengatasi Serangan Emosional

Dengan berdoa akan membuat seseorang menjadi lebih sabar, tentu saja hal ini akan membuat orang tersebut bisa mengatasi serangan emosional yang sering melanda dirinya. Ketika berdoa, banyak orang yang merenung sendirian, sehingga bbisa membantu mereka dalam berpikir dan fokus terhadap diri sendiri serta mengurangi tekanan mental.

Baca Juga:
Waspada, Inilah Bencana Bagi Muslimah yang Gunakan Celana Panjang

4. Menjauhkan dari Segala Penyakit yang Berhubungan dengan Stres

Tidak hanya dapat mengurangi stres, ternyata berdoa juga dapat digunakan sebagai sarana menjauhkan dari segala penyakit yang berhubungan dengan stres. Penyakit-penyakit tersebut seperti, jantung, darah tinggi, diabetes, maag dan migran. Stres itu merupakan alasan utama terjadinya penumpukan racun di dalam tubuh. Tidak hanya dapat mengakibatkan berbagai penyakit kronis, stres juga dapat mengakibatkan seseorang mengidap kanker. Untuk itu, perbanyaklah berdoa agar bia mengurangi kemungkinan mengalami stres.

5. Membuat Lebih Bahagia

Ternyata sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Andrew Newberg dari Departement of Psychiatry di University of Pennsylvania menemukan fakta bahwa dengan berdoa bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Hal ini dikarenakan dengan berdoa bisa meningkatkan kadar dopamine atau hormon gembira di otak manusia. Meningkatnya hormon ini akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan lebih damai.

6. Membuat Menjadi Orang yang Lebih Baik

Kebiasaan berdoa ternyata juga berpengaruh terhadap kepribadian seseorang. Sebuah penelitian menemukan bahwa praktik religius bisa membantu mengurangi tingkat ego seseorang dengan cara mempengaruhi bagian otak yang berhubungan dengan emosi tersebut. Oleh sebab itu, berdoa akan membuat orang menjadi lebih rendah hati, mengurangi keserakahan terhadap materi dan membantu membentuk kepribadian seorang menjadi lebih baik.

7. Mempercepat Pemulihan Pascaoperasi

Beberapa penelitian lain menemukan bahwa berdoa bisa membantu untuk mempercepat penyembuhan luka pascaoperasi. Hal ini dikarenakan ketika seseorang sedang merasa tertekan, tubuh lebih memfokuskan seluruh upayanya untuk menyeimbangkan diri sehingga mengakibatkan kurangnya sumber daya untuk menyembuhkan luka. Lain halnya apabila orang sering berdo, mereka akan jauh lebih tenang dan luka tersebut akan mudah sembuh.

Baca Juga:
Lima Hal Ini Jadi Pemicu Seringnya Merasa Lelah

8. Memperpanjang Usia

Selain manfaat di atas, ternyata berdoa juga berguna untuk membuat hidup lebih lama. Dengan meminimalkan efek buruk stres dan faktor lingkungan, berdoa ternyata dapat membantu memulihkan tubuh dengan baik dan akan membuat seseorang menjadi lebih sehat. Keadaan ini tentu saja akan mempengaruhi terhadap usia seseorang. Dengan berdoa akan membuat tubuh kuat dalam melawan semua penyakit yang bisa menyerang tubuh dan membuat diri seseorang menjadi lebih muda.

Demikianlah ulasan mengenai delapan khasiat berdoa bagi kesehatan tubuh. Jangan pernah ragu untuk selalu berdoa kepada Tuhan. Karena selain sumber mendapatkan pahala, Tuhan juga memberikan bonus lebih untuk mereka yang rajin berdoa yakni kesehatan tubuh yang sangat berharga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here