Awas, Empat Jenis Makanan ini Perpendek Usia

0
96
Setiap orang tentu menginginkan memiliki umur yang panjang agar bisa menikmati hidup lebih lama. Namun sayangnya, keinginan tersebut tidak dibarengi dengan perubahan pola hidup serta pola makan yang sehat. Mereka tetap mengkonsumsi makanan enak namun ternyata bisa membahayakan bagi tubuhnya.

Makanan enak namun membahayakan ini ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan seseorang yang pada akhirnya juga mempengaruhi usia orang tersebut. Ketika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi beberapa jenis makanan ini dapat merusak komponen dalam sel anda atau enzim telomerase yang yang berfungsi melindungi telomer.

Awas, Empat Jenis Makanan ini Perpendek Usia 1

Padahal sebenarnya, selain melindungi telomer komponen ini juga akan mengurangi kerusakan yang diyakini memberikan kontribusi besar terhadap proses penuaan dan kematian. Untuk itu, anda perlu mengetahui makanan jenis apa saja yang harus dihindari jika ingin tetap sehat dan hidup lebih lama. Berikut ini ulasan mengenai empat jenis makanan yang perpendek usia.

1. Soda

Jenis minuman yang dapat memperpendek usia adalah soda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam diterbitkan dalam American Journal of Public Health dan melibatkan 5,309 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi soda berarti proses penuaannya akan diperepat hingga 4,6 tahun. Hal ini dikarenakan soda bergula ternyata tidak baik bagi telomere.

Untuk itu, mulai saat ini hindarilah mengkonsumsi minuman bersoda demi kesehatan dan umur yang panjang. Jangan menjadikan minuman bersoda sebagai menu utama untuk dikonsumsi setiap hari. Lebih baik perbanyak konsumsi air putih karena lebih bermanfaat bagi tubuh.

2. Daging Olahan

Makanan selanjutnya yang berkontribusi dalam memperpendek usia adalah daging olahan. Ada banyak bentuk daging olahan seperi sosis ataupun bakso ternyata tidak baik bagi kesehatan manusia.

Sebuah studi tahun 2008 yang melibatkan 840 orang dan tercatat di he American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa mengkonsumsi daging olahan dapat berpengaruh terhadap telomere.

Baca Juga:
Delapan Tanda Orang Miliki Kecerdasan Emosional

Dengan mengkonsumsin seporsi daging olahan setiap minggunya akan membuat telomere menjadi lebih pendek dari pada mereka yang tidak mengkonsumsinya. Untuk itu, mulai saat ini cobalah untuk menghindari konsumsi daging olahan meskipun terlihat lezat dan mudah dibuat. Alangkah lebih baiknya mengonsumsi menggantinya dengan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

3. Daging Merah

Terlalu banyak mengonsumsi daging merah seperti yang terdapat pada humburger atau steak juga dikaitkan dengan penyakit jantung dan kanker yang dapat berdampak pada telomere. Hasil penelitian dari Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa mereka sudah melakukan penelitian terhadap tikus terkait hal ini. Tikus tersebut diberikan berbagai makanan yang berasal dari daging sapi atau daging ayam selama empat minggu. Hasilnya, tikus yang diberikan terlalu banyak daging, telomernya lebih pendek.

Namun, hal ini bisa ditanggulangi dengan banyak mengkonsumsi pati resisten, karbohidrat baik yang membantu pembakaran lemak yang dapt melemahkan efek daging merah terhadap telomere. Adapun jenis makanan yang termasuk dalam pati resisten antara lain pisang dan lentil.

4. Alkohol

seperti halnya daging merah, alkohol ternyata juga menjadi salah satu munculnya penyakit kronis. Selain itu, mengonsumsi alkohol dapat berdampak pada pemendekan tolemere yang akan mempercepat penuaan.

Para peneliti menungkapkan bahwa DNA serum individu yang sering menyalahgunakan alkohol akan lebih cepat mengalami penuaan dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya. Terlebih lagi jika orang tersebut mengonsumsi empat atau lebih alkohol perhari maka akan membuat telomere menjadi lebih pendek.

Demikianlah ulasan mengenai empat jenis makanan yang mempendek usia manusia. Ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan tersebut jika menginginkan hidup yang lebih lama. Ubahlah pola makan dan gaya hidup serta perbanyak olahraga agar anda bisa menikmati indahnya dunia lebih lama lagi.

Baca Juga:
Tiga Langkah Agar Kembali Tidur Setelah Bangun Tengah Malam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here