Inilah Dua Alasan Mengapa Konsumsi Lele itu Bisa Berbahaya

0
95
Lele menjadi salah satu ikan yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain rasanya yang enak, ikan yang satu ini juga mudah diperoleh karena banyak orang yang membudidayakannya. Ikan lele biasanya sering diolah menjadi pecel lele yang menggugah selera. Selain itu, hewan yang satu ini juga sering dijadikan makanan olahan seperti kerupuk.

Selain memiliki rasa yang enak, ikan yang satu ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Seperti protein, asam lemak serta kaya akan Leusin dan Lisin yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak serta menjaga keseimbangan nitrogen.

Inilah Dua Alasan Mengapa Konsumsi Lele itu Bisa Berbahaya  Inilah Dua Alasan Mengapa Konsumsi Lele itu Bisa Berbahaya lele sangkuriang

Namun, tahukah anda di balik kelezatannya dan gizinya tersebut, terkuak bahwa si ikan berkumis ini menjadi ikan yang paling kotor untuk dikonsumsi manusia. Selain itu, terlalu berlebihan mengkonsumsi olahan ikan lele juga membahayakan kesehatan. Mengapa bisa demikian? Berikut ini dua alasan megapa konsumsi lele itu membahayakan.

1. Lele Hidup di Lingkungan yang Kotor

Untuk anda yang suka mengkonsumsi lele perlu memperhatikan tempat mereka hidup dan dibudidayakan. Hal ini dikarenakan, kebanyakan budidaya ikan lele itu sering dilakukan di tempat kotor misalnya dekat dengan kandang ayam.

Tidak hanya itu, terkadang budidaya ikan lele juga dilakukan di dekat kandang sapi dan banyak tumpukan sampah. Hal ini tentu saja membahayakan kesehatan bagi yang mengonsumsinya. Terlebih lagi, sebagian peternak lele memberikan mereka pakan seperti bangkai ayam.

2. Lele Mengonsumsi Limbah

Alasan kedua mengapa lele itu berbahaya untuk dikonsumsi adalah karena hewan ini mengonsumsi limbah. Karena hidupnya di tempat yang kotor maka ikan ini berpotensi juga untuk mengonsumsi limbah yang berbentuk kotoran hewan seperti kotoran ayam, sapi, serta kotoran manusia.

Baca Juga:
Fakta di Balik Stres, Ternyata Ada Sisi Baik dan Buruknya

Tentu saja hal ini dapat membahayakan kesehatan manusia yang mengonsumsinya. Selain itu ikan lele memiliki kandungan toksin ringan yang apabila digoreng akan menyebabkan minyak yang tadinya bersih menjadi berwarna hitam. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tubuh lele bisa beresiko mengandung tiga ribu sel kanker yang tentu saja berbahaya bagi manusia

Demikianlah ulasan mengenai dua alasan mengapa mengonsumsi ikan lele itu berbahaya. Untuk itu, bagi kalian yang menjadi penyuka lele, ada baiknya untuk memperhatikan kebersihan tempat budidayanya serta pengolahan ikan tersebut. Sehingga tidak menimbulkan dampak yang berbahaya bagi tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here