Lima Cara Membuat Mata Tetap Sehat di Zaman Digital

0
75
Zaman modern menyajikan berbagai penemuan-penemuan menabjubkan. Salah satunya adalah alat elektronik seperti smartphone, komputer, laptop, televisi dan sebagainya. Apalagi di zaman ini tidak hanya orang dewasa saja yang memiliki  benda digital.

Dalam kurun waktu yang cukup tertentu, penggunaan perangkat elektronik khususnya visual secara terus-menerus dapat mengganggu penglihatan mata. Hal ini membuat orang ekstra hati-hati dalam merawat mata.

Lima Cara Membuat Mata Tetap Sehat di Zaman Digital Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat dan Indah

Karena mata merupakan salah satu indra terpenting yang kita miliki. berikut ini merupakan lima cara membuat mata tetap sehat di zaman digital.

1. Ubah Pola Makan

Konsumsilah makanan yang bisa meningkatkan kesehatan mata. Khususnya antioksidan, yang berperan dalam kesehatan mata, yaitu lutein. Antioksidan ini banyak terdapat pada jenis sayuran, buah-buahan, telur, dan minyak ikan.

2. Terapkan Aturan 20-20-20

Jika Anda adalah orang yang harus berada di depan layar komputer setiap hari, cobalah terapkan aturan 20-20-20. Maksud dari aturan ini yaitu ambil istirahat selama 20 detik setiap 20 menit sekali untuk melebarkan pandangan sejauh 20 meter. Hal ini untuk mengurangi bahaya radiasi komputer terhadap mata.

3. Mengubah Lingkungan

Menjaga mata supaya tetap sehat di zaman teknologi ini adalah dengan mengatur tata letak dari lingkungan kerja. Anda harus bisa mengatur kecerahan serta kontras pada layar yang sesuai dengan mata demi menghindari sakit mata. Jika, Anda harus membaca dalam jangka waktu lama di depan komputer, ganti pengaturan ke skema pencahayaan reflektif. Pastikan Anda memberikan jarak yang cukup aman antara mata Anda dengan layar. Di samping itu semua, Anda dapat mengatur besar kecilnya teks supaya lebih terlihat dan tidak perlu menyipit-nyipitkan mata saat melihatnya.

4. Download Aplikasi Pendukung

Baca Juga:
Waspadai 5 Ciri Anda Alami Sakit Kepala Tidak Biasa

Saat ini banyak sekali aplikasi untuk melindungi penglihatan pada ponsel atau tablet. Eye Reader contohnya, Dengan memakai aplikasi ini, Anda bisa menerangi halaman dan memperbesarnya sampai lima kali pembesaran. Selain itu, ada juga aplikasi Vision Test yang bisa mengukur jarak penglihatan, akurasi warna, dan persepsi visual.

5. Konsultasi Dokter

Anda tak harus menunggu sampai mata Anda benar-benar rusak untuk ke dokter. Datang saja ke dokter mata secara rutin untuk memeriksakan mata. Ini untuk memastikan mata Anda baik-baik saja. Hal ini pasti sangat penting, khususnya bagi Anda yang memiliki risiko gangguan mata bawaan.

Itulah ulasan mengenai lima cara agar mata tetap sehat di zaman digital. Jagalah mata sebaik-baiknya agar Anda bisa melihat dengan nyaman. Jangan sampai mata rusak, karena akan berakibat fatal untuk seluruh aktivitas yang anda lakukan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here