Beranda Fakta Lima Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin D

Lima Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin D

0
94
Tubuh yang sehat menjadi hal yang diidamkan oleh banyak orang. Untuk mendapatkan impian ini mereka rela melakukan segala hal. Mulai dari olahraga, mengonsumsi makanan sehat, mengubah pola hidup dan tidak lupa mengonsumsi vitamin. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin D.

Vitamin D ini berfungsi untuk banyak hal bagi kesehatan, antara lain menjaga kekebalan tubuh, meremajakan kulit dan mencegah terjangkitnya penyakit kanker payudara. Vitamin ini dapat diperoleh jika mengonsumsi ikan seperti tuna, biji bunga matahari dan jeruk. 

Lima Ciri Tubuh Kekurangan Vitamin D 25

Namun, banyak orang yang mengabaikan hal ini. mereka malas untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Padahal kekurangan vitamin D ternyata tidak baik untuk kesehatan manusia. Untuk itu anda perlu mewaspadai tanda-tanda tubuh yang kekurangan vitamin D. Apa sajakah tanda tersebut? Berikut ulasannya.

1. Keringat Berlebihan

Ciri pertama tubuh yang kekurangan vitamin D adalah mereka akan mengalami kondisi keringat yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi baik pada bayi ataupun orang biasa, keringat ini biasanya akan lebih banyak muncul pada bagian dahi.  Anda patut waspada apabila dahi berkeringat namun tingkat aktivitas tetap seperti biasa. Terlebih lagi jika berada dalam lingkungan yang bersuhu sedang, anda patut khawatir dan harus memeriksakannya ke dokter untuk mendapat kepastian serta melakukan tes Vitamin D.

2. Merasa dan Terlihat Lelah

Otot yang kuat itu bukan hanya untuk berolahraga saja. Akan tetapi juga berfungsi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Ketika tubuh kekurangan vitamin D, akan membuat anda merasa terlalu lelah meskipun sudah istirahat dengan cukup.
Mengonsumsi Vitamin D dalam jumlah yang tepat akan membantu dalam mempertahankan kekuatan setiap otot baik yang berusia muda ataupun yang sudah tua. Tidak cukup sampai di situ, sum=olemen vitamin D akan meningkatkan kontrol otot dan dapat menghilangkan kelemahan pada otot tersebut.

Baca Juga:
Empat Makanan Penghilang Stres saat Ketemu Mantan

3. Patah Tulang

Ciri selanjutnya yang akan dialami saat tubuh kekurangan vitamin D adalah mengalami patah tulang. Tubuh manusia akan berhenti membangun massa tulang pada sekitar usia 30 tahun. Kekurangan vitamin D ternyata dapat mempercepat atau memperburuj terjadinya gejala osteoporosis.  Untuk menanggulangi hal tersebut, maka manusia perlu melakukan hal-hal sebagai berikut cukup paparan sinar matahari, konsumsi makanan sehat dan suplemen atau vitamin.

4. Nyeri Kronis

Banyak orang yang didiagnosa terkena arthritis atau pibromyalgia, penyakit ini bisa timbul akibat kekurangan vitamin D. Pada kasus ini, kekurangan vitamin D akan menyebabkan sendi dan otot terasa sakit. Jika hal ini terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya untuk memeriksakan ke dokter serta menanyakann apa mungkin tubuh anda kekurangan asupan vitamin D. Vitamin yang satu ini dapat mencegah nyeri pasca olahraga serta meningkatkan percepatan pemulihan otot.

5. Murung dan Sedih

Ciri terakhir yang menandakan bahwa tubuh kekurangan vitamin D adalah murung dan sedih. Diagnosis depresi sering sekali dikaitkan dengan kekurangan vitamin D. Sebab, vitamin D bekerja di daerah termpat hormon serotonin diproduksi. Sehingga kekurangan vitamin ini akan mempengaruhi mood seseorang. Tidak hanya itu, hormon ini juga akan menimbulkan perasaan bahagia dan mempengaruhi suasana hati seseorang.

Demikianlah ulasan mengenai lima ciri tubuh kekurangan Vitamin D. Untuk itu, selalu jaga asupan makanan dan sering melakukan pengecekan ke dokter apabila mengalami ciri-ciri di atas. Tetap jaga pola hidup sehat dan imbangi dengan olahraga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here