Waspadai Lima Macam Penyakit Hati

0
24
Dalam kehidupan ini memang tidak selamanya kita merasakan kebahagiaan. Baik banyak maupun sedikit, kita pasti pernah merasakan adanya tekanan-tekanan. Baik itu dalam lingkungan keluarga, pekerjaan, sekolah ataupun lingkungan sosial. Seringnya mendapatkan tekanan yang demikian, ternyata dapat menyebabkan penyakit hati.

Hati manusia itu memang terkadang tidak stabil atau sakit sama halnya seperti badan. Apabila terus menerus terasa tertekan, maka bisa saja hati terkena penyakit. Penyakit itu tidak hanya menyerang jasmani saja, namun juga bisa menyerang rohani seseorang.

Penyakit yang demikian ini biasanya disebabkan oleh godaan setan. Ya makhluk pembangkang ini selalu menggoda manusia untuk menjerumuskannya ke dalam neraka bersama golongannya. Ada bemacam-macam penyakit hati, apa sajakah itu? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kebimbangan dan Keraguan

Penyakit hati yang pertama adalah kebimbangan dan keraguan. Bila seseorang mempunyai bimbang dalam kehidupan, niscaya dia akan banyak mengalami kegagalan-kegagalan  dalam meraih cita-citanya. Karena bagaimana mungkin  kita bisa sukses,  apabila dalam keseharian saja kita masih bimbang dan ragu untuk menentukan hidup kita selanjutnya.

2. Penyakit Ingin di Puji

Penyakit ingin dipuji termasuk ke dalam penyakit hati karena segala perbuatan baik yang dilakukan jika hanya demi mendapatkan pujian dari orang lain, maka itu merupakan suatu perbuatan yang hina. Baik di mata sesema manusia ataupun di mata Allah SWT.

3.  Cinta akan Dunia dan Sangat Ingin Mempertahankannya

Penyakit hati selanjutnya adalah cinta akan dunia dan sangat ingin mempertahankannya. Sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang terlalu berlebihan dalam mencintai segala hal yang bersifat duniawi. Orang yang mencintai dunia itu, sifat kemasyarakatannya akan berkurang. Karena ia merasa harta dunia adalah segala-galanya. Sehingga tidak sadar bahwa suatu saat dia akan meninggalkan hartanya atau hartanya yang akan meninggalkan dia untuk selamanya.

4. Iri Hati dan Dengki

Baca Juga:
Waspada, Inilah Bentuk Syirik yang Berasal Dari Lisan

Iri hati dan dengki menjadi penyakit hati yang sangat berbahaya. Orang yang iri hati itu cenderung tidak tentram hatinya karena setiap hari selalu diiisi dengan rasa benci terhadap keberhasilan orang lain yang tidak bisa ia dapatkan. Sifat iri dan dengki ini juga bisa berakibat fatal bagi masyarakat umum karena akan timbul saling fitnah antar sesama.

5. Berburuk Sangka

Penyakit hati yang terakhir adalah berburuk sangka atau suudzon. Buruk sangka adalah sifat curiga atau menyangka orang lain telah berbuat buruk tanpa disertai bukti yang jelas. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah kebanyakan daripada prasangka, sesungguhnya sebahagian dari pada prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebahagian kamu mengumpat sebahagian yang lain. Apakah seseorang antara kamu suka memakan daging saudaranya sendiri yang sudah mati? Maka tentulah kamu berasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah adalah al-Tawwab (Maha Peneriman Taubat) lagi al-Rahim (Maha Mengasihi).” (QS. Al-Hujurat:12)

Demikianlah ulasan mengenai lima macam penyakit hati yang menyerang manusia. Semoga penyakit-penyakit tersebut tidak menjangkiti kaum beriman. Semoga kita selalu menjadi hamba Allah yang diberi naungan serta selalu bertakwa kepada-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here