Beranda Fakta Inilah Amalan Sunah Rasulullah Seusai Subuh

Inilah Amalan Sunah Rasulullah Seusai Subuh

0
138
Setiap amal ibadah yang dilakukan dengan ikhlas atas dasar mengharap ridha dari Allah SWT pasti mendatangkan berkah tersendiri bagi mereka yang mengerjakannya. Selain amalan wajib, orang-orang beriman juga mengerjakan amalan sunah yang sering dilakukan oleh Rasulullah.

Rasulullah adalah manusia yang paling baik dan paling patut dijadikan sebagai teladan umat manusia. Beliau memiliki amal yang sangat baik, ibadah serta akhlak dan segala sesuatu yang baik ada di dalam diri Rasulullah.

Inilah Amalan Sunah Rasulullah Seusai Subuh Muslim Dzikir

Beliau merupakan contoh terbaik dalam segala hal di kehidupan ini. Ada banyak sekali amalan sunah yang diajarkan oleh Rasulullah, seperti puasa, shalat malam dan masih banyak lagi. Ternyata ada satu amalan lagi yang selalu beliau laksanakan selepas shalat subuh. Amalan apakah itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Amalan yang sering dilakukan oleh Rasulullah namun jarang diketahui oleh umat muslima adalah beliau selalu duduk sambil berdzikir kepada Allah SWT. Dari Jabir RA bin Samurah RA, Bahwasanya Nabi SAW apabila selesai shalat shubuh, duduk di tempat shalatnya hingga matahari meninggi,” (HR. Muslim)

Amalan tersebut tentu saja sangat bermanfaat dan mengandung banyak pahala dari Allah SWT. Bahkan, mereka akan mendapatkan pahala yang sama dengan pahala ibadah haji dan umrah yang sempurna apabila melaksanakan amalan ini. sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

Dari Anas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir kepada Allah hingga terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat, maka ia mendapat pahala haji dan umrah dengan sempurna, sempurna, sempurna,” (HR. Tirmidzi)

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya waktu subuh adalah waktu yang paling berat untuk melaksanakan ibadah.Hal ini dikarenakan pada saat subuh adalah waktu yang paling enak untuk tidur dan menghangatkan tubuh dari dinginnya udara pagi. Akan tetapi, sudah menjadi kewajiban umat Islam untuk melaksanakan perintah Allah SWT dengan melakukan shalat subuh.

Baca Juga:
Lima Cara Jitu Usir Bad Mood Dalam 60 Detik

Shalat subuh memanglah shalat yang paling paling singkat. Untuk itu, dalam pengerjaannya hanya dilakukan dua rakaat saja. Akan tetapi, meskipun sudah tahu demikian banyak orang Islam yang justru meninggalkan ibadah shalat di waktu ini dengan berbagai alasan.

Meskipun disertai dengan berbagai macam alasan yang muncul, namun hal tersebut tidak menggugurkan kewajiban umat muslim untuk melaksanakannya. Bahkan, Rasulullah SAW setelah melaksanakan shalat subuh masih saja melakukan ibadah sunah lainnya yakni berdzikir kepada Allah.

Subhannallah, sungguh mulia sosok kekasih Allah SWT ini. Sungguh sebuah contoh teladan yang terbaik bagi umat muslim.

Demikianlah ulasan mengenai amalan seusai yang dilakukan Rasulullah seusai subuh. Sebagai kaum beriman, kita harus menjadikan Beliau sebagai suri tauladan dalam segala aktivitas. Selain mendapatkan ridha dari Allah, melaksanakan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah juga akan memperoleh pahala yang sangat luar biasa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here