Beranda Fakta Lima Kebiasaan Buruk Akhir Pekan yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Lima Kebiasaan Buruk Akhir Pekan yang Berbahaya Bagi Kesehatan

0
90
Akhir pekan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagaian orang. Terutama bagi mereka yang menghabiskan lima hari dalam seminggunya untuk bekerja ataupun sekolah. Ketika akhir pekan inilah mereka menghabiskan waktu untuk beristirahat atau berkumpul bersama keluarga.

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menikmati akhir pekan. Ada yang memilih untuk berlibur bersama keluarga. Namun banyak juga yang menghabiskan waktu akhir pekannnya untuk beristirahat di rumah.

Lima Kebiasaan Buruk Akhir Pekan yang Berbahaya Bagi Kesehatan 30

Akan tetapi, nyatanya banyak kegiatan di akhir pekan yang justru berbahaya bagi kesehatan manusia. Bahkan kegiatan tersebut sering kali dilakukan tanpa disadari oleh orang itu. Untuk itu, kita perlu mengetahui kebiasaan buruk akhir pekan apa saja yang berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini ulasannya.

1. Tidur Larut Malam

Banyak orang yang sering begadang ketika akhir pekan tiba. Mereka akan tidur larut di malam Sabtu  dan tidur berlebihan di pagi harinya. Kebiasaan ini tentu saja tidak baik bagi kesehatan karena akan membuat kita merasa lebih lelah dan akan membuat lebih sulit untuk kembali ke jadwal tidur normal setelah akhir pekan.

Kebiasaan buruk ini juga dapat merusak pola olahraga dan dapat meningkatkan level stress. Untuk itu, ada baiknya mencoba menjaga jadwal tidur tetap normal meskipun akhir pekan menjelang. Agar tubuh tetap fit dan sehat saat melaksanakan kegiatan di akhir pekan.

2. Makan Sembarangan

Akhir pekan menjadi waktunya untuk makan. Ya mungkin begitulah sebagian pemikiran orang yang saat menghadapi akhir pekan. Rutinitas yang sangat padat pada waktu kerja membuat mereka tidak bisa menikmati makanan enak. Namun, pada saat akhir pekan tanpa disadari mereka memperbanyak porsi makan.

Akan tetapi, bukan makanan sehat yang dikonsumsi melainkan makanan yang tidak baik bagi kesehaan seperti junk food, minum alkohol, atau makanan tidak sehat lainnya. Tentu saja makanan yang demikian tidak baik bagi kesehatan.

Baca Juga:
Waspadai Lima Pemicu Stres yang Tak Terduga

3. Duduk Terlalu Lama di Depan TV atau Internet

Tidak hany berkumpul dengan keluarga, banyak orang yang habiskan waktu akhir pekannya dengan menonton televisi atau berselancar ke dunia maya. Kegiatan-kegiatan seperti ini akan sulit sekali mereka lakukan ketika hari-hari kerja.

Namun jika masih ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, janganlah terlalu banyak menghabiskan waktu dengan berlama-lama di depan televisi atau main internet. Usahakanlah untuk tetap aktif bergerak melakukan aktivitas yang menyenangkan di akhir pekan.

4. Bekerja di Akhir Pekan

Kebiasaan buruk lainnya yang tidak sehat bagi kesehatan namun tetap sering dilakukan di akhir pekan adalah bekerja. Tidak sedikit orang yang tetap bekerja di akhir pekan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka untuk minggu depan.

Padahal kebiasan seperti ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Karena akhir pekan seharusnya digunakan untuk bersantai dan mengisi ulang ‘baterai’ serta tenaga untuk menghadapi hari kerja. Ada baiknya untuk menghindari bekerja di rumah saat akhir pekan jika ingin lebih produktif selama hari kerja.

5. Menghabiskan Waktu dengan Pekerjaan Rumah Tangga

Kebiasaan buruk akhir pekan yang terakhir adalah menghabiskan waktu dengan pekerjaan rumah tangga. Banyak orang yang terlalu sibuk bekerja di kantor, tidak sedikit orang yang mengabaikan pekerjaan rumh tangga selama hari kerja. Akibatnya adalah pekerjaan rumah tersebut menumpuk dan mereka mengorbankan waktu akhir pekannya untuk bekerja di rumah. Membereskan rumah, dan mengerjakan semua pekerjaan yang terabaikan selama hari kerja. Tentu saja hal ini akan berakibat buruk karena tubuh juga perlu beristirahat.

Demikianlah ulasan mengenai lima kebiasaan buruk akhir pekan yang berbahaya bagi kesehatan. Ada baiknya untuk tetap menjaga kesehatan meskipun di akhir pekan. Atur pola makan, serta jangan terlalu melakukan kegiatan yang membuat tubuh menjadi lelah.

Baca Juga:
Waspadai, 6 Bahaya Terlalu Banyak Tidur

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here