Lima Tips Awet Muda Menurut Pandangan Islam

0
103
Pertambahan usia terkadang menjadi ketakutan tersendiri bagi sebagian orang. Banyak hal yang ditakuti ketika usia seseorang bertambah, salah satunya adalah tanda-tanda penuaan yang mulai tampak pada kulit dan wajah. Biasanya hal ini akan membuat orang tersebut menjadi khawatir dan stres.
Untuk mengatasi ketakutan akan penuaan tersebut, banyak orang yang kemudian melakukan segala macam cara agar mereka tetap awet muda. Banyak di antara mereka yang memilih untuk pergi ke salon dan melakukan perawatan dengan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.
Lima Tips Awet Muda Menurut Pandangan Islam 31
Akan tetapi, sebenarnya  ada beberapa tips awet muda yang sesuai dengan pandangan Islam. Tips ini tidak perlu mengeluarkan dana sama sekali alias gratis dan mengamalkannya tentu saja akan mendapatkan pahala dari Allah. Apa sajakah tips tersebut? Berikut ini ulasannya.
1. Berwudhu
Tips pertama awet muda menurut pandangan Islam yaitu air wudhu, seperti yang sudah kita ketahui air wudhu itu memang memiliki bnayak keutamaan. Salah satu keutamaanya ialah anggota tubuh yang terkena wudhu akan bercahaya pada hari kiamat nanti. Ternyata, air wudhu juga akan membuat kita menjadi bercahaya di dunia.
Lantas, mengapa air wudhu menjadi salah satu obat awet muda? Menurut penelitian kulit merupakan organ paling besar dari tubuh kita yang fungsi utamanya membungkus tubuh serta melindungi tubuh dari kuman, racun dan radiasi. Dengan bersuci, maka akan terjadi proses peremajaan dan pembersihan kulit, selaput lendir dan membersihkan lubang-lubang tubuh yang berhubungan dengan keadaan luar seperti pori-pori kulit, rongga mulut, hidung dan telinga.

2. Tersenyum
Selain air wudhu, senyum pun juga bisa menjadi salah satu cara untuk meremajakan kulit. Karena secara ilmu kesehatan, ketika seseorang tersenyum dia hanya menggunakan 17 otot wajah. Sedangkan ketika seseorang cemberut, maka ia menggunakan 43 otot wajah. Dimana otot yang banyak itu akan tertarik sehingga dapat menimbulkan kerutan di wajah. Di samping itu, dengan tersenyum otot wajah kita akan tetap terjaga kekencangannya. Tersenyum juga dapat memberikan efek ketenangan pada hati, menjadikan kita semangat dan selalu berhusnudzon. Selain itu,  jika kita tersenyum kepada orang lain tanpa terasa kita sedang berbagai kebahagiaan dengan orang tersebut. 

3. Shalat Tahajjud
Sebagai seorang muslim melaksanakan shalat memang merupakan hal yang wajib. Shalat malam seperti tahajjud meskipun hukumnya sunah ternyata itu merupakan salah satu obat awet muda menurut Islam. Dalam hal ini, Rasululullah SAW bersabda:
“Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan/cantik di siang hari.” (HR. Ibnu Majah)
Melihat dari sabda rasulullah tersebut tersirat bahwa shalat malam akan membuat wajah kita terlihat lebih bersinar dan bercahayadi siang harinya. Kenapa bisa demikian? Ternyata menurut penelitian dari Prof. Dr. Muhammad Shaleh dari Universitas ternama di Surabaya mengungkapkan bahwa shalat tahajjud merupakan shalat yang dilakukan di penghujung malam yang sunyi. Dimana hal tersebut dapat mendatangkan ketenangan. Sementara ketenangan itu sendiri terbukti mampu meningkatkan ketahanan tubuh, mengurangi resiko terkena penyakit jantung, dan meningkatkan usia harapan hidup.
4. Puasa
Puasa juga merupakan obat untuk awet muda. Hal ini terbukti dari penelitian  seorang ahli yang berasal dari Amerika yang telah menghimpun hasil pengamatan dan penelitian para ilmuwan dari berbagai negara mengenai hikmah puasa. Dimana salah satu hikmahnya yaitu dapat memperlambat proses penuaan. Hal tersebut juga diperkuat oleh Direktur makanan sehat di Amerika Serikat, ia menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa menghasilkan pesona diri dan ketenangan serta menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh.
5. Menahan Amarah
Orang yang sering marah-marah atau mengumbar rasa marahnya tanpa ada keinginan untuk mengelolanya maka ia akan memiliki wajah yang lebih cepat mengalami proses pengeriputan. Karena kemarahan merupakan jenis emosi yang mampu membuat otot-otot pada wajah menegang. Ketika ketegangan yang tidak diminimalisir ini bisa menyebabkan keriput. Tidak hanya itu, perasaan marah juga memicu tersebarnya hormon kortisol yang mengakibatkan produksi kolagen pada kulit berkurang. Kolagen sebenarnya adalah bahan utama yang membuat kulit awet muda, kencang dan kenyal. Oleh karena itu, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk menahan amarah. Beliau pun bersabda:
“ Barang siapa yang menahan kemarahannya padahal dia mampu untuk melampiaskannya maka Allah Azza wa Jalla akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat di hadapan semua manusia sampai (kemudian) Allah membiarkannya memilih bidadari bermata jeli yang disukainya.” (HR. Abu Dawud (no. 4777) Hasan)
Demikianlah ulasan mengenai tips awet muda dalam pandangan Islam. Ternyata hal-hal kecil yang tidak kita sadari  dapat membuat kita menjadi awet muda dengan mudah. Tidak perlu merogoh kocek yang dalam ataupun datang ke salon-salon kecantikan untuk membuat kulit jadi awet muda. Tetaplah bersyukur atas semua yang telah Allah SWT limpahkan kepada kita.
Baca Juga:
Waspadai Tujuh Karakter Binatang pada Manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here