Inilah Nama-nama yang Pasti Masuk Neraka Menurut Al-Qur’an

0
135
Al-Qur’an tidak hanya menjadi pedoman bagi makhluk Allah dalam kehidupan. Di dalam Al-Qur’an ternyata juga banyak kisah-kisah mengenai orang-orang zaman dahulu. Mulai dari mereka yang bisa dijadikan tauladan, ataupun mereka yang berbuat kafir serta balasannya.

Salah satu kisah yang terdapat dalam Al-Qur’an adalah mengenai nama-nama yang dipastikan akan masuk neraka. Neraka memang tempat yang sangat ditakuti oleh manusia yang hidup di dunia. Berbagai amalan mereka lakukan agar Allah Ta’ala tidak memasukkan mereka ke dalam neraka yang penuh dengan siksaan amat pedih.

Inilah Nama-nama yang Pasti Masuk Neraka Menurut Al-Qur’an wpid neraka4

Akan tetapi, pada dasarnya masih banyak juga manusia yang ingkar dan menjadi kafir kepada Allah. Contoh orang-orang yang sudah pasti masuk neraka berdasarkan Al-Qur’an adalah, Abu Lahab dan istrinya, serta  Fir’aun. Tidak cukup sama di situ, ternyata masih ada nama lainnya. Siapa sajakah mereka? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Qarun

Nama lainnya yang dipastikan masuk neraka adalah Qarun. Qarun sangat gemar tampil mewah dan megang di hadapan orang banyak serta terlalu membangga-banggakan dirinya. Sebagian orang yang menyaksikan kekayaan Qarun ikut tergiur dan berharap bisa mendapatkan harta seperti itu dan lupa mengharapkan kebaikan di akhirat. Seperti halnya Qarun yang juga lupa akan kebaikan setelah kematian. Dalam surat Al-Ankabut:39 Allah berfirman:

“Dan (juga) Qarun, Fir’aun dan Haman. Dan sesungguhnya Musa telah datang kepada mereka dengan (membawa bukti-bukti) keterangan-keterangan yang nyata. Akan tetapi mereka berlaku sombong di (muka) bumi, dan tiadalah mereka orang-orang yang luput (dari kehancuran itu)”.

2. Haman

Haman menurut para ahli egiptologi merupakan orang kepercayaan Fir’aun untuk mendirikan bangunan-bangunan megah bagi sang penguasa. Dalam usahanya membuat bangunan-bangunan tersebut Haman memberlakukan kerja paksa yang luar biasa kejam terhadap bangsa bani Israil. Menurut ahli sejarah Mesir Haman telah berkawan baik dengan Fir’aun semenjak masih kanak-kanak dan sebelum mewarisi tahta sebagai raja. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Mu’min: 23-25

“Dan sesungguhnya telah Kami utus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami dan keterangan yang nyata kepada Fir’aun, Haman dan Karun, maka mereke berkata “(La) adalah seorang ahli sihir yang pendusta”. Maka tatkala Musa datang kepada mereka membawa kebenaran dari sisi Kami, mereka berkata: “Bunuhlah anak-anak orang-orang yang beriman bersama dengan dia  dan biarkanlah hidup wanita-wanita mereka”. Dan tipu saya orang-orang kafir itu tak lain hanyalah sia-sai (belaka)”.

Baca Juga:
Inilah Hukum dan Tata Cara Menguburkan Ari-ari yang Benar dalam Islam

3. Qabil (Putra Nabi Adam)

Allah berfirman yang artinya:

“Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam, Habil dan Qabil menurut yang sebenarnya . ketika keduanya mempersembahkan korban maka diterimalah dari salah seorang dari mereka  berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Qabil berkata “Aku pasti membunuhmu” berkatalah Habil “ Sesungguhnya Allah hanya menerima korban dari orang-orang yang bertakwa, sungguh kalau kamu menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku aku sekali-kali tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb semesta alam. Sesunggunhnya aku ingin agar kamu kembali dengan membawa dosa membunuhku dan dosamu sendiri. Maka kamu akan menjadi penghuni neraka dan yang demikian itulah pembalasan bagi orang-orang yang dzolim.” Maka hawa nafsu Qabil membuat ia menganggap mudah membunuh saudaranya sendiri,  karena itu dia membunuh Habil. Maka ia menjadi seorang yang merugi, kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali bumi untuk memperlihat kepada Qabil bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudarannya. Kemudian, Qabil berkata “Aduhai celaka aku. Mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini. lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini. Dan karena hal itu, jadilah dia seorang di antara orang-orang menyesal” (QS. Al-Maidah 27-31.).

Dan dalam Hadist Riwayat Muslim 1677 Rasulullah SAW mengabarkan bahwa setiap pembunuhan yang terjadi sampai hari kiamat, maka Qabil akan mendapatkan bagian dari dosanya karena ia yang mencontohkan pembunuhan pertama kali.

4. Putra Nabi Nuh as

Orang selanjutnya yang dipastikan akan masuk ke dalam neraka ia putera Nabi Nuh. Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“ Hai Nuh sesungguhnya dia tidak termasuk keluargamu (yang dijanjikan akan diselamatkan). Sesungguhnya perbuatannya tidak baik. Sebab itu, janganlah engkau memohon kepadaKu, sesuatu yang kamu tidak mengetahui (hakikatnya). Aku peringatkan kepadamu, janganlah kamu termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan.” (QS. Hud: 46)

Baca Juga:
Lima Tes Kesehatan yang Unik Ini Bisa Dilakukan di Rumah

5. Istri Nabi Luth as dan Nabi Nuh as

Istri nabi Luth menjadi salah seorang yang sudah dipastikan akan menjadi penghuni neraka. Hal ini menjadi bukti bahwa sekalipun nabi tidak dapat membela istrinya dari azab Allah apabila dia menentang agama serta menentang Al-Haq yang datangnya dari Allah. Sama halnya dengan istri dari nabi Luth, istri nabi Nuh pun dipastikan akan masuk neraka. Nabi Nuh tidak dapat membela istrinya dari azab Allah SWT apabila dia menentang agama. Keduanya disebutkan oleh Allah dalam surat At-Tahrim: 10. Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“ Allah membuat perumpamaan bagi orang yang ingkar: Istri Nuh dan istri Luth, mereka adalah istri dua hamba di antara hamba-hamba Kami yang shaleh. Tapi mereka berkhianat (kepada suami-suaminya). Maka, mereka tiada berdaya membantu mereka sedikitpun terhadap siksaan Allah. Kepada mereka dikatakan: “ Masuklah kamu ke dalam neraka Jahanam bersama orang-orang yang masuk (ke dalamnya).” (QS. At-Tahrim: 10).

6. Azar (Ayah Nabi Ibrahim)

Orang yang dipastikan masuk ke dalam neraka jahanam berikutnya adalah Azar yang tidak lain adalah ayah dari nabi Ibrahim. Allah menceritakan kisah nabi Ibrahim dengan ayahnya dalam surat Maryam: 42-45.

“(Ingatlah) ketika dia (Ibrahim) berkata kepada ayahnya: Wahai ayahku, mengapa kamu menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat, dan tidak dapat menolong kamu sedikitpu? Wahai ayahku, sesungguhnya telah datang kepadaku sebagian ilmu pengetahuan yang tidak datang kepadamu, maka ikutilah aku, niscaya aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang lurus. Ayahku, janganlah kamu menyembah setan. Sesungguhnya setan itu durhaka kepada Tuhan yang Maha Pemurah. Ayahku, sesungguhnya aku khawatir kamu akan ditimpa azab dari Tuhan Yang Maha Pemurah, sehingga kamu menjadi kawan bagi setan.” (QS. Maryam: 42-45).

Baca Juga:
Lima Pelajaran yang Bisa Diambil dari Hubungan Masa Lalu

Namun ayah nabi Ibrahim menolak ajakan anaknya yakni Ibrahim. “Dia (ayahnya) berkata: “ Bencikah kamu kepada tuhan-tuhanku wahai Ibrahim? Jika kamu tidak berhenti, niscaya kamu akan kurajam, dan tinggalkanlah aku untuk waktu yang lama.” (QS. Marya: 46).

Sehingga ayah dari Nabi Ibrahim as yang bernama Azar itupun dipastikan masuk ke dalam neraka.

7. Raja Balilon (Namrud)

Namrud adalah raja yang sombong dan sangat kafir. Allah menceritakan tentang kisahnya dalam Al-Qur’an. Allah berfirman yang artinya:

“ Apakah kamu tidak memperhatikan (Namrud) yang mendebat Ibrahim tentang Tuhannya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu pemerintahan (kekuasaan). Ketika Ibrahim mengatakan: “Tuhanku ialah yang menghidupkan dan mematikan”. Lalu orang itu berkata: “ Aku dapat menghidupkan dan mematikan”. Ibrahim pun berkata: “ Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat”, lalu hairan terdiamlah orang kafir itu, dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Baqarah: 258).

Bahkan Namrud memerintahkan untuk membakar nabi Ibrahim. “ Mereka berkata: “Bakalah dia dan bantulah Tuhan-Tuhan kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak”. Kemudian Allah berfirman. “ Hai api menjadi dinginlah dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim”, mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan mereka orang-orang yang paling merugi”. (QS. Al-Anbiyaa’: 68-70).

Demikianlah ulasan mengenai nama-nama orang yang sudah dipastikan masuk ke dalam neraka jahanam oleh Allah SWT. Bagi orang-orang yang menentang perintah Allah meskipun ia merupakan keluarga dari para nabi, namun jika mereka termasuk kepada orang yang sesat maka yang demikian itu tidak ada surga bagi mereka. Semoga kita menjadi hamba Allah yang senantiasa berbuat kebaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here