Beranda Fakta Lima Fakta Mengejutkan dari Konsumsi Minuman Bersoda

Lima Fakta Mengejutkan dari Konsumsi Minuman Bersoda

0
82
Beragam jenis minuman enak dan pelepas dahaga tersebar luas di dunia. Salah satunya adalah minuman berdosa. Ada banyak orang yang menggemari konsumsi minuman bersoda ini. Bahkan di antara mereka ada yang menjadikannya sebagai minuman wajib yang harus disajikan setiap hari.

Seperti sudah mencintai minuman yang satu ini, orang-orang terkadang mengonsumsinya secara berlebihan. Padahal pada dasarnya, konsumsi soda dengan berlebihan ini tidak baik untuk kesehatan. Akan tetapi banyak orang yang tidak bisa menghentikan konsumsi soda karena sudah menjadi kebiasaan.

Lima Fakta Mengejutkan dari Konsumsi Minuman Bersoda 3

Ternyata ada banyak fakta yang mengejutkan terkait konsumsi minuman bersoda ini. Jika sudah mengetahuinya, mungkin akan membuat anda berfikir untuk secara perlahan-lahan meninggalkan kebiasaan yang tidak baik ini. Apa sajakah fakta tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Membangun Tumpukan Lemak di Sekitar Organ Tubuh

Fakta mengejutkan pertama mengenai konsumsi soda ternyata dapat membangun tumpukan lemak di sekitar organ tubuh. Berbicara tentang lemak berbahaya memang sulit untuk dideteksi dengan mata telanjang. Hal itu mengindikasikan bahwa anda tidak akan tahu bahwa tubuh anda sedang dalam bahaya. Itu sebabkan tidak adanya perubahan pada tubuh anda.

Peneliti Denmark melakukan penelitian tentang efek para naracoba meminum soda manis, susu yang mengandung jumlah kalori yang sama seperti soda, soda diet, dam air putih setiap hari selama enam bulan.

Hasilnya adalah, jumlah lemak lebih sedikit pada naracoba yang meminum minuman non-soda. Sementara hal sebaliknya terjadi pada peminum soda,  mereka mendapatkan penambahan lemak yang paling drastis di tempat-tempat yang tersembunyi dan berbahaya seperti di hati dan tulang.

2. Beralih ke diet soda Tidak Membantu

Setelah mengetahui adanya bahaya dari minuman bersoda, banyak orang yang kemudian melakukan diet. Dietnya tidak jauh-jauh dari soda juga, yaitu mereka beralih dari soda yang mengandung gula ke soda tanpa gula. Secara perhitungan kalori hal ini memang bisa membantu anda. akan tetapi ada sebuah penelitian yang mengejutkan dari University of Texas Health Science Center yang menyatakan bahwa soda mempunyai bahaya tersendiri.

Baca Juga:
Lima Tips Awet Muda Menurut Pandangan Islam

Para ilmuwan memonitor 475 orang dewasa yang merupakan peminum soda diet selama 10 tahun dan mendapati mereka mengalami peningkatan lingkar pinggang sebanyak 70 persen lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak minum soda apapun. Angka tersebut tentu saja masih besar bagi anda yang menganggap bahwa soda non gula bila membantu diet.

3. Beberapa Produk Mengandung Minyak Nabati Brominasi

Fakta mengejutkan selanjutnya adalah ternyata beberapa produk minuman bersoda mengandung minyak nabati brominasi. Eropa dan Jepang telah melarang penggunaan brominated vegetable oil atau BVO (minyak nabati brominasi) karena mengandung senyawa kimia yang menyebabkan tubuh keracunan. BVO biasa digunakan pada beberapa produk di antaranya sebagai penyedap minuman bersoda.

4. Mencemarkan Air

Tubuh manusia yang tidak bisa mencerna pemanis buatan ternyata menimbulkan dampak pada lingkungan. Pemanis-pemanis yang dikonsumsi tersebut akan dibuang oleh tubuh kita dan hasil buangannya tersebut akan mengalir ke saluran air, sungai, serta diserap oleh tanah yang berpotensi mencemari lingkungan.

Peneliti Swiss menemukan bahwa acesulfame K, sucralose, dan sakarin yang biasanya ada di dalam minuman bersoda dapat merusak tanah yang ada di lingkungan tempat tinggal.

5. Menyebabkan Penuaan Dini

Fakta mengejutkan yang terakhir dari minuman bersoda adalah ternyata minuman yang enak ini dapat menyebabkan penuaan dini. Tidak hanya itu, minuman bersoda terutama yang manis dapat menurunkan kepadatan tulang, mengikis gigi, serta menyebabkan masalah ginjal. Tidak hanya itu, minuman bersoda juga biasanya mengandung fosfat.

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan secara online dalam Journal FASEB menemukan, bahwa tingkat  fosfat yang tinggi ternyata menyebabkan tikus yang dijadikan subjek percobaan mati lima minggu lebih cepat dari tikus dengan kadar fosfat normal.

Baca Juga:
Lima Cara Bersihkan Kuku Kaki dengan Mudah dan Cepat

Demikianlah ulasan mengenai fakta mengejutkan dari minuman bersoda. Untuk itu ada baiknya untuk menghindari atau bahkan menghentikan konsumsi minuman bersoda dan menggantinya dengan minuman yang lebih bermanfaat seperti jus buah-buahan segar atau konsumsi air putih.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here