Tiga Makanan Alami Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

0
92
Musim hujan dan pancaroba menjadi musim yang dikhawatirkan bagi sebagian orang. Sebab pada musim ini tersebar banyak penyakit yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, disarankan kepada kita semua untuk menjaga kesehatan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Menjaga sistem kekebalan tubuh sangat penting sebab ia berperan dalam melawan bibit penyakit dan virus serta bakteri yang tersebar selama musim hujan dan pancaroba.

Tiga Makanan Alami Penguat Sistem Kekebalan Tubuh 3

Salah satu faktor yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Ternyata ada tiga jenis makanan alami yang bisa menjadi penguat sistem kekebalan tubuh. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

1. Teh Hijau

Selain berfungsi untuk merawat kecantikan, teh hijau juga memiliki manfaat untuk menguatkan kembali sistem kekebalan tubuh yang melemah. Teh hijau mengandung antioksidan EGCG yang dapat mengurangi resiko kanker pada tubuh. Selain itu fitonutrien pada teh juga mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Fitonutrien bekerja dengan cara menghambat pertumbahan bakteri jahat di saluran pencernaan kita.

Dengan mengkonsumsi 4 cangkir teh hijau sehari secara rutin, maka fitonutrien yang terkandung pada teh akan membasmi habis bakteri jahat agar kerja bakteri baik di saluran pencernaan kita tidak terhambat. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena 70% sistem kekebalan tubuh pada manusia berada di sistempencernaan.

2. Cabai

Tidak hanya teh hijau saja, cabai juga merupakan makanan alami kedua untuk penguatan sistem kekebalan tubuh. cabai merangsangsang metabolisme bertindak sebagai pengencer darah alami dan membantu mengeluarkan endorphin.

Selain itu, cabai jugakaya dengan beta karoten, yang memiliki fungsi untuk mengubah vitamin A di dalam darah dan melawan infeksi. Manfaat cabai lainnya adalah ia memiliki kandungan antikanker.
Oleh karena itu, konsumsilah satu sendok cabai setiap harinya, agar tubuh tetap fit dan menjadi bugar.

Baca Juga:
Lima Tips Rampingkan Perut Buncit dengan Mudah

3. Jahe

Jahe merupakan batang yang mengandung senyawa hidup yang dapat meningkatkan seseorang. Jahe diyakini megandung senyawa gingerol yang bermanfaat untuk menekan kanker dan melawan kanker kolon.Jika anda ingin menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh anda,  jahe merupakan salah satu pilihan yang baik.

Caranya mudah sekali. Cukup dengan mencampurkan jahe ke dalam makanan yang Anda santap. Selain itu, merebus jahe dan meminum air rebusannya juga menjadi salah satu pilihan yang tidak kalah nikmat.

Demikianlah ulasan mengenai tiga makanan alami penguat sistem kekebalan tubuh. Bahan-bahan tersebut selain mudah di dapat dan mudah di olah tentu saja lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membelinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here