Konsumsi Lima Jenis Buah Ini untuk Sarapan, Inilah Manfaatnya

0
86
Sarapan menjadi salah satu rutinitas yang penting untuk dilakukan setiap harinya. Dengan sarapan bisa membuat seseorang lebih berenergi dalam menjalankan aktivitas. Selain itu sarapan juga bisa membantu dalam mengendalikan berat badan dan meningkatkan konsentrasi.

Banyak jenis makanan yang biasanya dikonsumsi untuk menjadi menu sarapan. Mulai dari nasi goreng dan beberapa jenis makanan berat lainnya. Namun ternyata buah—buahan yang biasa dijadikan sebagai pencuci mulut, bisa dijadikan sebagai menu utama untuk sarapan.

Konsumsi Lima Jenis Buah Ini untuk Sarapan, Inilah Manfaatnya 62

Ternyata ada lima jenis buah-buahan yang sangat cocok dijadikan menu untuk sarapan. Buah-buahan tersebut memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh. Lalu, buah apa sajakah yang cocok untuk sarapan tersebut? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Semangka dan Lemon

Semangka dan lemon merupakan buah-buahan pertama yang cocok untuk dijadikan sarapan pagi. Buah dengan rasa yang sangat nikmat ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya, serat yang dikandung dapat memebantu menurunkan lemak di perut dan memperlancar buang air besar.

Selain itu, kedua buah ini dapat membantu tubuh untuk terus terhidrasi dan mencegah kekurangan cairan yang bisa menurunkan konsentrasi. Dengan memakan buah semangka dan lemon saat sarapan pagi, rasa kenyang akan bertahan hingga siang hari.

2. Buah yang Mengandung Asam Sitrat

Biasanya, asam sirat terdapat pada berbagai jenis buah dan sayuran. Adapun fungsi asam sitrat pada buah-buahan adalah sebagai pendorong optimanya fungsi tubuh dan metabolisme. Berbagai macam buahan yang mengandung asam sitrat sangat mudah kita temui, diantaranya adalah jeruk nipis dan berbagai jeruk lainnya.

Selain lezat, kandungan air dari buah jeruk ini juga dapat membuat tubuh terhidrasi setiap hari. Walau demikian, jika Anda memiliki masalah dengan asam lambung, tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah yang mengandung asam sitrat sebagai sarapan.

3. Buah Kering

Baca Juga:
Inilah Akibat Jika Konsumsi Air Dengan Botol Plastik Saat Hamil

Buah kering seperti mete, almon, atau resin menjadi salah satu pilihan yang baik untuk sarapan di pagi Anda. Selain memiliki kandungan gula yang tinggi, buah-buahan kering ini juga  memiliki kandungan  karbohidrat yang tinggi juga.
Nutrisi inilah yang menajdi sumber tenaga bagi tubuh. Namun, jika anda memiliki masalah dengan gula darah dan tidak ingin terlihat gemuk, sebaiknya Anda kurangi mengkonsumsi buah kering sebagai pilihan sarapan.

4. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang sangat banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Selain mudah untuk mendapatkannya, pepaya juga memiliki rasa manis yang nikmat. pepaya memiliki serat yang cukup manjur untuk mengatasi sembelit.

Terlebih jika Anda memakannya di waktu pagi, dapat membersihkan racun dalam perut dan melancarkan sistem pencernaan pada tubuh. Oleh karena itu, pepaya sangat cocok dijadikan sarapan di pagi Anda.

Namun demikian, bagi wanita hamil dan yang bermasalah denga panas tubuh,tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pepaya. Sebaiknya Anda mencari sarapan yang lebih sehat lagi.

5. Pisang

Selain buah-buahan di atas, pisang menjadi salah satu buah yang juga dapat dijadikan sarapan. Selain kaya akan kalium yang membuat otak dan otot jantung senantiasa sehat, pisang juga efektif dalam menagkal penyakit sembelit.

Pisang juga sangat dianjurkan untuk orang-orang yang kelelahan, karena buah ini bisa menyuplai energi dengan sangat cepat.

Itu dia lima jenis buah-buahan yang cocok untuk sarapan di pagi Anda. Jangan pernah meremehkan sarapan, karena sarapan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan energi yang dihasilkan oleh sarapan, maka aktivitas yang akan Anda jalankan tidak akan terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here