Menakjubkan, Lima Desa Unik Ini Hanya Ada di Indonesia

0
95
Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam luar biasa. Karena potensi wisata yang luar biasa inilah membuat Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata dunia. Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Indonesia. Selain pantai dan tempat mainstream lainnya, desa-desa yang ada di Indonesia juga mulai dilirik wisatawan.

Desa memang menjadi salah satu tujuan wisata yang cocok untuk dikunjungi bagi mereka yang sudah jenuh dengan kepadatan dan kesibukan kota-kota besar. Pemandangan asri dan indah membuat mata kembali segar. Selain itu desa juga bisa dijadikan tempat untuk menenangkan diri.

Menakjubkan, Lima Desa Unik Ini Hanya Ada di Indonesia 65

Ternyata, di Indonesia terdapat desa-desa yang memiliki keunikan tersendiri. Bahkan keunikan ini tidak dimiliki oleh satu desa pun di belahan dunia. Karena keunikannya tersebut membuat lima desa ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan. Dimana sajakah letak desa unik tersebut? Berikut informasinya.

1. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Satarmase, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Hal unik yang ada pada Desa Wae Rebo ini adalah 7 rumah utama yang membentuk kerucut dengan tinggi dan diameter yang sama.

Setidaknya, rumah unik yang membentuk kerucut itu, bisa dihuni oleh 6 hingga 8 keluarga. Selain itu, Desa Wae Rebo terkenal dengan keindahan alamnya yang menmpesona. Hamparan gunung dan hijaunya pohon dapat dinikmati di setiap harinya.

Terlebih letak rumah kerucut yang unik itu disusun secara melingkar dengan keindahan alam yang indah di setiap latarnya. Tentu saja hal tersebut mampu menarik para wisatawan untuk menikmati indahnya Desa Wae Rebo.

2. Desa Panglipuran

Siapa sih yang tidak mengenal pulau Bali? Pulau ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya hingga ke penjuru dunia dan diakui oleh seluruh wisatawan dunia. Selain terkenal dengan keindahan pantainya, ternyata Bali juga memiliki satu desa yang tak kalah indahnya.

Baca Juga:
Ternyata Inilah Tiga Manfaat Memiliki Teman yang Baik

Desa Panglipuran merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Bali dengan luas hanya 112 hektar yang 90 hektarnya digunakan untuk pemukiman. Mengenai keindahan alamnya  jangan diragukan lagi.

Udara dan keadaan desa ini masih sangat kental dengan budaya Bali. Rumah beraksitektur bBali tampak berjejer di kiri dan di kanan jalanan. Selain itu, pepohonan dan bunga beraneka warna juga turut serta menghiasi desa dengan luas 112 hektar ini.

Selain itu, Desa Panglipuran ini konon katanya merupakan desa paling bersih di pulau Dewata Bali. Di samping bersih, Desa Panglipuran ini juga bebas dari kendraan bermotor yang membuat masyarakat terhindar dari polusi udara. Untuk bisa memasuki Desa Panglipuran ini, kita hanya butuh mengeluarkan uang sebesar Rp.7.500 per kepala.

3. Desa Baduy

Tidak hanya pulau Bali saja yang memiliki desa yang unik, di pulau Jawa juga terdapat beberapa desa yang unik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Desa Baduy yang terletak di Profinsi Banten. Desa Baduy ini terbagi menjadi 2 bagian yakni Baduy Dalam dan Baduy Luar. Meskipun demikian, Desa Baduy ini dihuni oleh suku Baduy asli.

Untuk mencapai Desa Baduy, Anda harus mengunjungi Desa Ciboleger terlebih dahulu. Ingat, persiapkan stamina anda, karena dari Desa Ciboleger, Anda harus trakking menuju pemukiman Baduy Luar dan Baduy Dalam sekitar 5 jam perjalanan.

Di sepanjang perjalanan, anda akan menemukan berbgai keindahan alam yang sangat mempesona dan menikmati udara sejuk bebas polusi udara. Tentu saja hal ini akan mengurangi kelelahan yang anda rasakan ketika melakukan trakking..

Sesampainya di Desa Baduy, Anda akan menemukan rumah rumah suku Baduy yang terbuat dari bambu dan tersusun secara rapi. Suku Baduy sangat menghargai alam. Hutannya selalu terjaga dan air sungainyapun mengalir dengan jernihnya.

Baca Juga:
Lima Kunci Pembuka Pintu Rezeki

Dari beberapa cabang sungai yang ada di Desa Baduy, hanya satu yang mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Sementara itu, sungai jernih lainnya bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar ataupun para wisatawan yang datang.

4. Desa Trunyan

Desa trunyan merupakan desa terunik selanjutnya. Desa ini dikatakan unik karena masih diberlakukannya budaya dan adat istiadat  yang tak biasa. Desa unik ini terletak di Kabupaten Bangli Provinsi Bali.

Hal unik lainya dari Desa Trunyan ini adalah banyaknya tengkorak manusia yang berserakan dimana-mana. Selain itu, desa ini memiliki kuburan di sisi timur Danau Batur. Di sini, jenazah tidak dikuburkan, namun dibiarkan saja di atas tanah hingga membusuk.

Hal tersebut merupakan salah satu budaya dari Desa Trunyan ini. Meskipun terkesan seram, hal inilah yang mampu membuat Desa Trunyan menjadi unik. Bagaimana? Anda ingin mengunjunginya?

5. Desa Kete Kesu

Desa unik selanjutnya adalah Desa Kete Kesu yang terletak di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Hal unik yang dimiliki Desa Kete Kesu juga berkaitan dengan pemberlakuan adat istiadat yang tak biasa. Tidak jauh berbeda dengan Desa Trunyan.

Masyarakat di desa ini, memiliki kepercayaan bahwa menguburkan jenazah manusia di tebing batu adalah hal baik. maka dari itu, jika anda berkunjung ke Desa Kete Kesu dan melihat tengkorak berserakan, jangan heran, karena itu adalah bentuk kebudayaan masyarakat di Desa Kete Kesu.

Jika berbicara mengenai pemakaman, di Desa Kete Kesu terdpaat 2 bentuk pemakaman. Jenazah yang ada akan ditaruh di gunung batu dan gua alam. Selain itu, di sini juga terdapat pet mati yang disebut dengan “erong” oleh orang Toraja.

Adapun bentuk dari peti mati tersebut disimbolkan dengan alat kelamin dan kepala hewan. Hal yang uniknya lagi peti mati yang bernama erong ini telah mencapai usia 500 tahun.

Baca Juga:
Lima Cara Atasi Nafsu Belanja Produk Makanan yang Berlebihan

Itu dia seulas info mengenai 5 desa unik yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Bagaimana? Anda banggakan menjadi warga negara Indonesia? Negara yang kaya akan keindahan alam dan dipenuhi dengan berbagai macam budaya. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan Anda sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here