Ternyata, Inilah Enam Makanan Penghilang Rasa Pedas

0
87
Makanan pedas menjadi salah satu jenis makanan favorit Indonesia. Bahkan banyak tempat makan yang kemudian menawarkan makanan dengan tingkatan level yang berbeda. Mulai dari yang biasa saja, hingga level ekstra pedas.

Untuk penikmat makanan pedas, tentu saja hal di menjadi penambah kenikmatan saat makan. Mereka merasa bahwa makanan pedas inilah yang membuat ketagihan dan meningkatkan nafsu makan. Akan tetapi jika mereka terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya maka akan membuat orang tersebut justru kepedasan.

Ternyata, Inilah Enam Makanan Penghilang Rasa Pedas 66

Tentu saja hal ini menimbulkan ketidaknyaman. Untuk menetralisirnya, banyak di antara mereka yang kemudian mengonsumsi air putih. Padahal sebenarnya hal ini justru akan membuat rasa pedas semakin menjadi. Ternyata ada beberapa makanan yang bisa menghilangkan rasa pedas. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Susu atau Produk Susu Lainnya

Susu memang terkenal dapat menghilangkan rasa pedas. Susu mengandung kandungan lemak yang dapat menetralisir rasa pedas di mulut. Selain susu, produk susu lainnya seperti keju dan yogurt juga terkenal ampuh untuk menghilangkan rasa pedas.

Untuk itu, jika anda sedang merasa kepadasa karena makanan, Anda bisa meminum susu atau produk susu lainnya sebagai penetralisir rasa pedas yang Anda rasakan.

2. Gula

Selain susu, gula memang sangat terkenal ampuh untuk menghilankan rasa pedas. Caranya sangat mudah. Cukup dengan memasukkan gula ke dalam air minum Anda, aduk hingga rata, lalu minum. Namun jika Anda ingin memakan gulanya langsung, cukup taburkan gula pada lidah dan diamkan selama 30 detik. Gula yang ada ada pada lidah akan menyerap rasa pedas di mulut Anda.

3. Nasi

Makanan selanjutnya yang dapat menetralisirkan rasa pedas adalah nasi. Mungkin banyak diantara kita yang tidak mengetahui bahwa nasi dapat menarik rasa pedas dari mulut. Hal ini disebebkan, butiran nasi mengandung glukosa, sama seperti kandungan dalam gula yang dapat melawan senyawa capsaicinoid penyebab rasa pedas ini.

Baca Juga:
Tujuh Dampak Buruk Perceraian Terhadap Anak

4. Jeruk Nipis

Selain baik untuk kecantikan kuit dan kesehatan, ternyata jeruk nipis juga dapat menghilangkan rasa pedas yang bersarang di muut Anda. Caranya mudah saja. Potong jeruk nipis lalu hisap. Rasa asam yang terkandung dari jeruk nipis ini, dipercaya dapat menarik rasa pedas yang menempel di lidah kita.

6. Selai Kacang

Selain makanan-makanan di atas, selai kacang juga termasuk makanan yang mampu menghilangkan rasa pedas. Tidak jauh berbeda dari susu, selai kacang ini juga mengandung lemak yang dapat menetralisir rasa pedas. Maka itu, jika Anda merasa kepadasan, ambilah sedikit selai kacang untuk menetralisir rasanya.

7. Jus Buah

Pilihan penawar pedas yang terakhir yakni jus buah. Biasanya efek dari makanan pedas adalah kepala merasa pusing. Hal itu disebabkan tubuh kita sedang mengalami dehidrasi akibat kepedasan. Pilihan terbaik untuk menetralisirkannya adalah dengan meminum jus buah.

Selain segar dan terasa nikmat, jus buah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itu, jika Anda merasakan pusing ketika memakan makanan pedas, pilihlah jus buah untuk menetralisirnya.

Demikian ulasan mengenai 6 makanan penawar rasa pedas. Kini Anda tidak perlu bingung lagi mencari makanan penawar untuk rasa pedas. Jika anda merasa kepedasan, cukup dengan memilih salah satu makanan di atas sebagai penetralisirnya. Selain mudah untuk ditemukan, makanan di atas juga memiliki manfaat untuk kesehata tubuh kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here