Ternyata Lakukan Lima Ibadah Ini dapat Menambah Kecantikan

0
33
Ilustrasi: mengutip.com

Setiap wanita pasti menginginkan untuk terlahir cantik. Sebab selain enak dipandang mata, memiliki kecantikan juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan wajah yang cantik, mulai dari perawatan di rumah hingga pergi ke salon kecantikan.

Akan tetapi, semua perawatan tersebut tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain harus mengeluarkan biaya, hasil yang diperolehpun kadang tidak sesuai dengan keinginan. Hal ini tidak menyurutkan si wanita untuk terus berusaha agar tampil sempurna.

Padahal di dalam Islam, ada cara mudah yang bisa menambah kadar kecantikan seorang muslimah. Cara terus adalah melalui ibadah kepada Allah SWT. Namun, ibadah apa saja yang bermanfaat untuk menambah kecantikan tersebut? Penasaran? Mari simak ulasan selengkapnya.

1. Wudhu

Ibadah yang bermanfaat untuk menambah kecantikan yang pertama adalah dengan berwudhu. Wudhu merupakan ibadah yang dilakukan untuk mesucikan diri dari hadast kecil. Biasanya wudhu ini dilakukan ketika hendak melaksanakan shalat.

Selain bernilai ibadah, ternyata berwudhu yang dilakukan sehari semalam minal lima kali juga bermanfaat bisa membuat bagian tubuh yang terkena wudhu menjadi lebih bersih dari kotoran, debu serta bekas kosmetik pada wanita muslimah.

“Air dapat menghilangkan zat najis dan baunya yang tidak enak, yang mengganggu setiap orang,” tulis Syaikh Ali Ahmad Al Jurjawi ketika menjelaskan hikmah dan rahasia wudhu dalam buku Indahnya Syariat Islam, “Bau ini jika bercampur dengan udara lalu masuk ke tubuh akan merusak kesehatan. Karena dapat masuk dengan sangat mudah ke lubang terkecil seperti pori-pori..”

Tidak hanya itu, di dalam buku Rahasia Sunnah Nabi, Syaikh Abdel Deem Kaheel mengutip hasil studi Julia Serge dari National Intitute for Human Genome Research yang menemukan banyak jenis bakteri hidup di kulit. Di lengan saja, terdapat 44 jenis bakteri.

Profesor Leopold Werner von Ehrenfels, psikiater sekaligus neurology asal Austria juga telah menemukan hal menakjubkan dalam wudhu. Hasil penemuannya itu adalah, ternyata wudhu mampu merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia dikarenakan keselarasan air wudhu dan titik-titik syaraf.

DR. Sagiran, M.Kes, Sp.B dalam buku Mukjizat Gerakan Shalat menuliskan: “Membasuh wajah, kedua tangan hingga kedua siku dan seluruh anggota wudhu secara umum memiliki manfaat yang sangat besar dalam menghilangkan keringat dan kuman-kuman dari permukaan kulit. Air wudhu juga berfungsi membersihkan kulit dari kandungan minyak yang tertahan di kelenjar kulit.”

Itulah penyebabnya mengapa wanita yang rajin berwudhu wajahnya akan lebih bersih serta memancarkan aura kecantikan yang berbeda.

2. Shalat, Terutama Shalat Tahajud

Ibadah selanjutnya yang bermanfaat juga untuk menambah kecantikan adalah shalat. Seperti yang diketahui bahwa shalat merupakan tiang agama. Tidak hanya keutamaan mendapatkan pahala saja yang akan diperoleh ketika melaksanakan ibadah ini. Akan tetapi, ternyata shalat juga bermanfaat menambah kadar kecantikan seseorang. Bagaimana bisa?

Ketika melaksanakan shalat, seorang muslimah menghadap Allah SWT dengan hati, jasad serta ucapannya. Dalam buku Mukjizat Gerakan Shalat diungkap banyak manfaat shalat dari segi medis dan psikologis. Dengan disertai sejumlah penelitian tentang gerakan-gerakan shalat, diketahui bahwa shalat membawa manfaat yang luar biasa.

Di antara manfaat-manfaat tersebut, secara psikologis shalat akan melahirkan ketenangan bagi mereka yang mengerjakannya. Sementara dari aspek medis, gerakan shalat ternyata juga berfungsi melancarkan peredaran darah.

Dua jenis manfaat inilah yang kemudian bisa untuk membuat wajah seorang muslimah menjadi berseri-serid an bercahaya.

Secara khusus, shalat tahajud disebutkan Rasulullah dalam kaitannya dengan wajah yang berseri-seri tersebut. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!”. Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain melaksanakan shalat wajib, ternyata ada juga shalat sunnah yang bermanfaat untuk kecantikan yakni shalat tahajud. Sebagian tabi’in mengungkapkan bahwa dengan mengerjakan shalat malam akan membuat wajah berseri-seri. Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan kaitan langsung antara shalat tahajud dengan wajah yang berser-seri.

“Barangsiapa banyak mengerjakan shalat di malam hari, wajahnya akan berseri di pagi hari” (HR. Ibnu Majah)

3. Puasa

Puasa merupakan ibadah untuk menahan diri dari lapar dan haus, hawa nafsu dan syahwat serta bisa dijadikan sarana pengendali amarah dan emosi. Ternyata ibadah yang selain akan memperoleh pahala jika mengerjakannya, juga akan menimbulkan manfaat tersendiri bagi kecantikan seorang muslimah.

Secara psikologi, puasa terbukti bisa membawa ketenangan dan kedamaian yang bersumber dari kesabaran saat menjalankannya. Tenyata, ketenangan serta kedamaian tersebut berpengaruh terhadap fisik muslimah. Terutama dalam membentuk guratan-guratan wajah yang lebih teduh dan anggun.

Sementara di bidang medis, ternyata puasa ini terbukti bisa membantu dalam meningkat kesehatan pencernaan manusia. Orang yang rajin puasa sunnah relatif akan lebih sehat dan aman dari gangguan penyakit seperti magh dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, ternyata rutin puasa sunnah akan membantu diet efektif untuk menjaga tubuh agar tetap langsing.

4. Zakat dan Sedekah

Zakat dan sedekah merupajan amal maliyah yakni mengeluarkan sebagian harta dan memberikannya kepada mereka yang berhak menerima. Selain sebagai bentuk kepedulian sosial, ibadah ini juga menjadi amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Sebagai manusia, kita seharusnya tidak mencintai dunia secara berlebihan. Cinta tersebut dapat ditunjukkan dengan sikap kikir, pelit dan lain sebagainya yang bisa mengekang jiwa dalam ketakutan.

Orang yang selalu dihantui ketakutan in lebih cenderung mudah mengalami stres. Akibat stres tersebut akan berpengaruh juga terhadap wajahnya. Hal ini bisa kita teliti dengan cara membedakan wajah orang yang takut dnegan wajah orang yang bergembira karena sering bersedekah dengan ikhlas. Di

5. Dzikir

Ibadah terakhir yang dapat membuat muslimah menjadi cantik adalah dengan berzikir. Sama halnya seperti melaksanakan shalat, dengan berzikir juga akan membuat seseorang menjadi lebih tenang. Allah Ta’ala berfirman:

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” (QS. Ar Ra’d : 28)

Dengan ketenangan tersebut, maka akan membuat wajah seseorang menjadi lebih teduh, cerah dan berseri. Sehingga, muslimah yang rajin melakukan dzikir relatif akan terlihat lebih cantik dan anggun.

Demikianlah ulasan mengenai lima jenis badah yang bermanfaat untuk menambah kecantikan muslimah. Tidak perlu ke salon dan mengeluarkan biaya banyak bukan? Cara ini selain dapat menambah cantik juga akan memperkuat keimanan kita kepada Allah. Subhannallah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here