Ternyata, Inilah Pahala Besar ‘Berhubungan’ di Malam Jumat

0
147
Menjalani mahligai rumah tangga tentu menjadi keinginan bagi setiap orang. Menikah selain bernilai pahala juga akan menjadi salah satu sarana untuk memenuhi fitrah manusia yaitu menambah keturunan. Berhubungan suami istri menjadi jalan untuk memenuhi fitrah tersebut.

Berhubungan suami istri memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan berumah tangga. Melakukan hal tersebut akan membuat sebuah hubungan semakin harmonis. Dengan melakukan hal ini, berarti suami dan istri telah memenuhi hak dan kewajiban satu sama lain.

Ternyata, Inilah Pahala Besar ‘Berhubungan’ di Malam Jumat 81


Di dalam Islam telah diterangkan secara jelas mengenai adab-adab dalam berhubungan. Bahkan ada anjuran bagi pasangan suami istri untuk melakukannya di dalam jumat sesuai dengan Sunnah Rasul. Mengapa harus malam jumat? Apa sebenarnya membuat malam jumat menjadi malam yang berkah saat melakukan hubungan? Berikut ulasan selengkapnya.

Menurut hadist Nabi, suami wajib menggauli istrinya sekurang-kurangnya satu kali dalam sebulan. Sepatutnya seorang suami menjimak istrinya pada setiap empat malam satu kali. Bahkan akan lebih bijaksana jika lebih dari sekali dalam empat malam.Lalu apa yang sebenarnya menjadikan malam Jumat sebagai malam yang baik untuk ‘berhubungan’?

“Barang siapa yang (menggauli istrinya) sehingga mewajibkan mandi pada hari Jumat kemudian diapun mandi, lalu bangun pagi dan berangkat (ke mesjid) pagi-pagi, dia berjalan dan tidak berkendaraan, kemudian duduk dekat imam dan mendengarkan khutbah dengan khusyu’ tanpa senda gurau, niscaya ia akan mendapat pahala amal dari setiap langkahnya selama setahun, balasan puasa, dan solat malam harinya. (HR. Tarmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad.

Dari hadist tersebut telah tergambar bagaimana besarnya manfaat dan balasan pahala bagi orang yang melakukan paket enam amal itu, yakni, bercinta, mandi, bangun pagi, berangkat awal ke mesjid untuk menunaikan shalat Jum’at, duduk di dekat Imam, dan mendengarkan khotbah dengan tekun.
Baca Juga:
Beginilah Seharusnya Akhlak Muslim Sambut Bulan Ramadhan

Hal tersebutlah yang menjadikan malam Jumat sebagai malam yang sangat baik untuk ‘berhubungan’  dan termasuk salah satu dari sunnah Rasul. Namun demikian, jangan hanya terfokus ke satu sunnah yang ada di hari Jumat saja. Namun, lakukanlah enam paket amal yang tersedia di hari jumat seperti yang dibahas oleh hadist di atas.

Demikianlah penjelasan mengenai jimak di malam Jumat. Semoga kita semua dapat menjalankan semua sunah Rasul di malam Jumat atau yang dikenal dengan enam paket amal tanpa menjadikannya bahan olok-olok alias ejekan yang mempersempit makna sunah Rasul itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here