Lima Gangguan Kehamilan yang Harus diwaspadai

0
82
Kehamilan menjadi momen yang ditunggu-tunggu pasangan suami istri dalam sebuah pernikahan. Ketika masa kehamilan itu tiba, tentu akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan tersebut. Mereka akan merawat serta memperlakukan bayi dalam kandungannya dengan penuh kasih sayang.

Ada banyak hal yang akan dialami oleh ibu hamil. Mulai dari mual hingga ngidam menjadi hal biasa yang sering tejadi pada masa-masa kehamilan. Mungkin hal yang seperti ini masih dikategorikan sebagai suatu yang wajar terjadi.

Lima Gangguan Kehamilan yang Harus diwaspadai 85


Akan tetapi, ternyata ada lima gangguan kehamilan yang harus diwaspadai oleh ibu selama masa kehamilan. Gangguan tersebut bisa mempengaruhi kehamilan dan janin yang dikandung. Lalu apa sajakah gangguan yang harus diwaspadai itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Kelelahan

Gangguan kehamilan pertama yang harus diwaspadai adalah kelelahan. Kelelahan merupakan suatu kondisi dengan berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk melakukan aktifitas. Hal ini  akan dengan mudah dirasakan oleh Ibu yang sedang hamil. Untuk itu, demi menjaga kesehatan diri dan janinya, Ibu hamil harus memiliki pola istirahat cukup yang disertai dengan mengkonsumsi air putih secara rutin.

2. Wasir

Bagi Ibu hamil yang mengalami gejala wasir ini, sebaknya dengan cepat mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah, biji, dan sayuran. Biasanya, Ibu hamil cenderung mengalami wasir ini karena akibat dari suplemen kalsium yang mereka minum.

Ada baiknya lagi ketika mengalami wasir, Ibu hamil merendam tubuhnya dengan air hangat. Suhu yang hangat mampu membuka pembuluh darah dan melancarkan saluran pencernaan.

3. Mual dan Mulas

Mual dan mulas merupakan gejala umum yang sering dirasakan oleh Ibu hamil. Jika hal itu sering terjadi dan Anda merasa terganggu, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin B6 serta menjauhi maknanan yang pedas dan berminyak.

Baca Juga:
Trikora, Pantai Cantik Tujuan Wisata dan Berdoa

Selain itu, meminum teh jahe hangat juga menjadi alternatif yang baik. Hal itu disebabkan Gingerol yang merupakan bahan utama jahe, memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menangkal asam lambung. Jahe juga sudah terbukti dan diakui sebagai obat alami untuk mual.

4. Pusing

Pusing juga menjadi gejala yang sering kita temui pada Ibu hamil. Untuk itu, disarankan kepada Ibu hamil agar dapat mengendalikan gula darah. Selain itu dengan melakukan olahraga ringan dan istirahat yang cukup, juga akan membantu menghindarkan Anda dari gejala pusing saat hamil.

5. Stretch Mark

Stretch mark adalah kondisi yang umum dialami oleh seluruh wanita. Stretch markh sendiri merupakan guratan kulit berpola memanjang yang sering tampak di bagian tubuh payudara,  lengan atas, pantat, dan paha.

Tentu saja, hal tersebut dapat menganggu penampilan fisik Anda. Untuk menguranginya, rajin-rajinlah melakukan pijatan di kulit.

Demikianlah ulasan mengenai lima gangguan yang harus diwapadai oleh ibu hamil. Keadaan hamil memang rentan dengan gangguan-gangguan di atas. Untuk itu, Anda harus mampu menghindarinya dan memiliki pola hidup yang sehat. Jangan pernah mengkonsumsi obat-obatan kimia, karena obatan kimia memiliki efek samping yang tidak baik bagi kondisi kehamilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here