Beranda Fakta Lima Kunci Pembuka Pintu Rezeki

Lima Kunci Pembuka Pintu Rezeki

0
78
Rezeki memang menjadi hal mutlak yang sudah diatur dan ditetapkan oleh Allah SWT bahkan sebelum manusia tersebut dilahirkan ke dunia. Allah lah yang mengatur semua rezeki kaum muslimin maupun mereka yang kafir.

Pada dasarnya, ada banyak jalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rezeki yang halal. Asalkan ada kemauan keras dan keyakinan yang mantap dalam mencari rezeki di jalan Allah SWT. Namun, sebagian dari kita ada yang tidak berusaha mencari dan hanya menunggu rezeki dari Allah.

Lima Kunci Pembuka Pintu Rezeki 84


Padahal sebenarnya, rezeki tersebut harus dijemput barulah Allah akan memberikan rezeki itu kepada kita. Adapun cara menjemputnya adalah dengan melakukan amalan-amalan yang dianjurkan. Berikut ini ada lima kunci pembuka pintu rezeki yang bisa kaum muslimin terapkan dalam kehidupan.

1. Tidak Rakus dan Menjauhi Hal-Hal yang Haram Ketika Mencarinya

Di zaman sekarang, banyaknya orang yang terjebak dalam sikap rakus dalam mengejar nikmat duiawi. Bahkan tidak sedikit yang kemudian tidak peduli lagi dengan halal haramnya. Seperti korupsi dan mengambil hak-hak orang lain.

Allah SWT berfirman: “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS. Al-Ma’idah: 88).

2. Tidak Digunakan Untuk Hal yang Tidak Diridhoi Allah

Jika harta yang kita miliki dipergunakan untuk hal-hal yang di ridhoi Allah seperti berinfaq, insyAllah, pintu rezeki akan senantiasa terbuka lebar untuk kita. Namun, jika kita menggunakan harta demi sesuatu hal yang tidak di ridhoi oleh Allah, niscaya kita akan merugi di dunia maupun akhirat.

Allah Ta’ala Berfirman: “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan, dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya” (QS. Al-Israa’ :27).

Baca Juga:
Tujuh Gaya Hidup Sehat Pencegah Kematian Dini

3. Memperbanyak Kalimat Hamdalah

Ketika kita mengucapkan hamdalah setelah menikmati atau mendapatkan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT, itu merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Niscaya bagi siapapun yang selalu bersyukur ketika mendapatkan nikmat dari Allah SWT, maka akan dengan mudah rezei baginya mengalir.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT, “Dan sesungguhnya jika kamu menanyakan kepada mereka: “Siapakah yang menurunkan air dan langit lalu menghidupkan debgan air itu bumi sesudah matinya?” Tentu mereka akan menjawab: “Allah”, Katakanlah:“Segala puji bagi Allah “, Tetapi kebanyakan mereka tidak memahami(nya)” (QS. Al Ankabut: 63).

4. Berinfaq dan Bersedekah

Menyisihkan sedikit harta kita untuk bersedekah setiap harinya merupakan kunci mendatangkan rezeki selanjutnya. sebagaimana Allah SWT berfirman :”Dan apa-apa yang kalian infaqkan dari sebagian harta kalian, maka Allah akan menggantinya” (QS. Saba: 39).


Selain mendatangkan rezeki yang lebih dan mendapatkan pahala, berinfaq merupakan salah satu perkara yang tidak akan putus ketika kita telah meninggal dunia. Maka dari itu, perbanyaklah berinfaq, insyAllah akan bermanfaat.

5. Berdagang

Berdagang atau berniaga merupakan salah satu pekerjaan yang bermanfaat. Di samping harus bekerja keras, kejujuran saat berniaga akan dapat mendatangkan rezeki yang halal dari Allah SWT.


“Berniagalah, karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu ada dalam perniagaan” (Riwayat Ahmad).

Demikianlah ulasan mengenai lima kunci pembuka pintu rezeki. Mulailah dengan cara mensyukuri nikmat yang ada. Jika hendak mendatangkan rezeki yang lebih lagi, memintalah kepada Allah, lakukan kegiatan seperti yang di atas, niscaya pintu rezeki Anda aka terbuka.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here