Beranda Fakta Beginilah Mesra Ala Rasulullah SAW

Beginilah Mesra Ala Rasulullah SAW

0
106
Mesra, merupakan suatu bentuk perlindungan atau perhatian yang diberikan suami terhadap istri ataupun istri terhadap suami.  Tentu saja, tingkat kemesraan di dalam hubungan akan mempengaruhi kebahagiaan dan juga keharmonisan di dalam hubungan.

Tidak hanya memiliki suri tauladan, Rasulullah merupakan sosok yang juga mesra kepada istri-istrinya. Perlakuan khusus yang diberikan kepada istri-istrinya dapat dijadikan contoh untuk seluruh pasangan yang ada di dunia ini.

Beginilah Mesra Ala Rasulullah SAW 87


Saling menghormati dan menyayangi adalah salah satu hal yang bisa kita katakaan sikap mesra dalam suatu hubungan. Namun, bagaimanakah mesra menurut Rasulullah? Berikut ulasannya mengenai mesra ala Rasulullah.

1. Tidur di Pangkuan

Mungkin tidur di pangkuan istri merupakan sesuatu hal yang biasa. Namun, menurut Rasulullah, tidur di pangkuan istri merupakan salah satu bentuk kemesraan yang bisa meningkatkan rasa cinta dan keharmonisan rumah tanga.

Dari Aisyah berkata, “Rasulullah biasa meletakan kepalanya di pangkuanku, padahal saat itu aku sedang haid. Kemudia ia membaca Al-Qur’an”(Riwayat Abdurrazaq).

2. Membelai Istri

Lakukanlah keluargamu sebaik mungkin dan buatlah ia bahagia. Salah satu hal mesra yang bisa kamu lakukan lagi terhadap istri adalah membelai istri. Tentu saja, Rasulullah juga melakukan hal ini terhadap istri-istrinya.

Imam Ahmad pernah meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW, sering mendatangi istrinya satu persatu dan membelainya dengan lembut, sebelum akhirnya tinggal di tempat istrinya yang kebagian giliran. Membelai istri akan dapat menimbulkan dan membangkitkan kemesraan dan keakraban, terutama dalam berhubungan intim. Oleh karena itu, lakukanlah istri dengan sikap yang meningkatkan kemesraan dalam hubungan Anda.

3. Panggilan Mesra

Mungkin panggilan mesra atau sayang dalam suatu hubungan, sering kita jumpai. Taukah Anda? Memanggil pasangan Anda dengan panggilan sayang kepada pasangan Anda sendiri, merupakan bentuk kemsesraan yang juga ditunjukkan oleh Rasulullah SAW.

Baca Juga:
Selain Menyuruh untuk Berobat, Ternyata Rasulullah Juga Menganjurkan Hal Ini Saat Sakit

Pada suatu malam, Aisyah kehilangan jarum untuk menjahir baju Rasulullah SAW. Namun ketika Rasulullah datang, jarum itu bisa ditemukan berkat cahaya yang memancar dari wajah Rasulullah SAW. Aisyahpun menjadi senang.

Kejadian ini semula tidak disadari oleh Rasulullah SAW, namun demi melihat Aisyah yang tertawa senang, lalu Rasulullah bertanya, “Wahai si Pipi Merah Delima, mengapa engkau tertawa?” lalu, Aisyahpun menjelaskan kejadian yang dialaminya (Riwayat Ibnu Asakir).

4. Mandi Bersama 


Mandi bersama, merupakan salah satu hal mesra yang dilakukan Rasulullah terhadap istriya. Tentu saja hal ini sangat baik untuk di contoh demi meningkatkan keharmonsan rumah tangga. Dari Aisyah ra, “Aku biasa mandi dalam satu bejana bersama Rasulullah SAW, kami memasukkan tangan kami secara bersama-sama (ke dalam bejan tersebut).” (Riwayat Ibnu Razaq dan Ibnu Abi Syaibah).

5. Tidur Tanpa Busana dalam Satu Selimut

Dari Aisyah ra berkata “Hanya sekali aku pernah melihat Rasulullah SAW telanjang. Suatu hari Zaid bin Harisah datang dari peperangan maka ia meminta izin untuk masuk dan bertemu. Rasulullah mendengar suaranya lalu bangkit dalam keadaan telanjang dan meraih pakaiannya. Beliau kemudian menemui dia.” (Riwayat Ibnu Asakir).

6. Mengambilkan Minuman

Banyak cara yang bisa kita lakukan untukmembuat sang istri senang dan bahagia. Dari Aisyah ra berkata “Rasulullah pernah menyodorkan segelas air kepadaku, lalu aku meminumnya. Setelah itu aku berikan kepada beliau, dan beliau tidak segan untuk meminum di tempat bekas aku minum.” (HR Abdurrazaq dan Sa’id Bin Manshur).

Itulah enam bentuk kemesraan yang diberikan Rasulullah kepada istrinya. Tentunya masih banyak cara lain yang dapat meningkatkan kemesraan dalam suatu hubungan. Rasulullah SAW pernah bersabda “Yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik terhadap istri dan keluarganya. Dan saya adalah orang paling baik terhadap istri dan keluargaku.” (HR Tarmidzi).

Baca Juga:
Kenali Lima Ciri Istri Hebat

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here