Jangan Lakukan Lima Hal Ini Ketika Menjadi Tempat Curhat

0
129
Curahan hati atau yang dikenal dengan curhat merupakan suatu kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang.  Sebab curhat dipercaya dapat melepaskan tekanan emosional baik itu senang, sedih, bingung, galau ataupun lain-lainnya.

Pada umumnya, curhat diutarakan pada teman terdekat dan terpercaya. Hal itu dilakukan bermaksud agar curahan hati yang diutarakan tidak sampai diketahui oleh orang lain. Selain itu, biasanya teman terdekat akan membantu dengan cara mendengarkan ataupun memberikan solusi.

Jangan Lakukan Lima Hal Ini Ketika Menjadi Tempat Curhat 91


Namun taukah Anda, ternyata menjadi tempat curhat juga harus memperhatikan beberapa hal? Meskipun terlihat mudah, menjadi tempat curhat juga bisa memicu datangkan masalah pada diri Anda. Berikut ini adalah lima hal yang tidak boleh dilakukan ketika menjadi tempat curhat.

1. Terlampau Sering Menyela

Jika seseorang teman ataupun sahabat sedang mencurahkan isi hatinya kepada Anda, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menyela. Tunggulah ia selesai bercerita, kemudian barulah Anda menanyakan hal yang ingin ditanyakan. Dengan begitu, teman ataupun sahabat Anda akan merasa senang dan tenang mencurahkan isi hati kepada Anda.

2. Terburu Menghakimi

Selain itu, ketika seseorang teman tengah mencurahkan isi hatinya kepada Anda, maka jangan pernah untuk terburu-buru menghakimi ungkapannya. Cobalah menggunakan beberapa sudut pandang ketika Anda hendak menilai ataupun memberi tanggapan pada curahan hati teman Anda. Tentunya dengan cara begini, Anda akan terhindar dari kesalahan dalam memberi penilaian.

3. Memaksakan Pendapat

Ketika seseorang teman mencurahkan hatinya kepada Anda dan meminta pendapat Anda, maka berikanlah pendapat Anda yang dapat membantunya. Namun, jika ia tidak menuruti pendapat yang Anda berikan, jangan pernah kecewa dan paksakan.

Hal tersebut dikarenakan, keputusan tetap berada di tangannya, karena yang menjalani semua hidupnya adalah dia, bukan kita. jika kita tetap memaksakan pendapat kita, maka hal tersebut akan menjadi salah satu sumber masalah Anda dan teman Anda.

Baca Juga:
Empat Cara Wanita Mendekati Pria Agar Tidak Terlihat Agresif

4. Memberi Nasehat Tanpa Meminta

Pada dasarnya, orang yang ingin mencurahkan hatinya hanya ingin di dengar sekedar melepaskan beban emosional. Untuk itu, jika teman atau sahabat Anda mencurahkan hatinya kepada Anda, maka dengarkanlah.
Jika ia memintamu untuk memberikan nasihat kepadanya, maka berikanlah. Begitu juga sebaliknya, jika ia tidak meminta nasihat ketika mencurahkan hatinya, maka dengarkanlah saja curahan hati yang ingin ia utarakan.

5. Tidak Berterus Terang dengan Situasi Anda


Jika Anda sedang membutuhkan waktu untuk sendiri, dan dengan keadaan mood yang kurang baik, sebaiknya Anda berterus terang terhadap kondisi Anda kepada teman yang hendak mencurahkan isi hatinya.

Hal ini disebabkan, jika Anda memaksakan diri untuk mendengarkan curahan hati ketika kondisi Anda yang tidak ingin diganggu, maka hal tersebut bisa menjadi bumerang bagi Anda. Gestur tubuh yang tidak nyaman akan membuat presepsi yang buruk. Bisa-bisa Anda dianggap tidak tulus dalam berteman.

Demikian lima hal yang harus dihindari saat menjadi tempat curhat. Dengarkanlah teman Anda yang ingin mencurahkan perasaannya, namun berhati-hatilah saat menanggapinya. Hindari lima hal di atas, agar terhindar dari masalah baru yang bisa saja terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here