Awas, Lima Makanan Pemicu Sakit Kepala

0
22
Ilustrasi: rd.com

Sakit kepala banyak dianggap sebagai penyakit yang ringan atau tidak berbahaya. Tetapi hal itu bisa membuat seluruh aktivitas sehari-hari terganggu. Apalagi aktivitas yang sangat penting harus terganggu dengan munculnnya sakit kepala.

Nah, pernahkan Anda merasakan sakit kepala padahal sebelumnya baik-baik saja? Mungkin saja hal itu disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi sebelumnya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa ternyata ada beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya sakit kepala saat dikonsumsi secara tidak tepat.

Pengonsumsian makanan secara tidak tepat dapat menimbulkan beberapa gangguan, salah satunya memicu timbulnya sakit kepala. Agar Anda dapat menghindari penyakit tersebut saat ingin beraktivitas, simaklah ulasan berikut.

1. Pisang

Pisang diketahui sebagai buah yang kaya vitamin dan sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun selain mengandung vitamin pisang juga mengandung zat tyramine yang dapat menyebabkan sakit kepala. Tyramine ini terdapat di bagian terluar pisang yang membatasi pisang dan kulitnya, biasanya berbentuk suwiran-suwiran memanjang di pisang.

Nah, jika kamu sering mengalami sakit kepala, sebaiknya saat mengonsumsi pisang, kamu tidak memakan suwiran-suwiran tersebut. Namun, selain itu kamu juga jangan mengonsumsi buah yang memicu sakit kepala seperti, kismis, avokad, pepaya, dan plum.

2. Kopi

Selain teh dan cokelat, kita ketahui bahwa kopi juga mengandung kafein. Kafein memang dapat menghalau sakit kepala, namun jika dikonsumsi secara berlebihan kafein malah akan menimbulkan sakit kepala. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak mengonsumsi kafein lebih dari 200 sampai 300 miligram sehari.

3. Alkohol

Alkohol diketahui dapat meningkatkan aliran darah ke otak, dan dapat menyebabkan dehidrasi. Nah, kedua hal ini ternyata dapat menyebabkan muculnya sakit kepala. Oleh karena itu, hindarilah makanan yang mengandung alkohol.

4. Daging Olahan

Semua makanan olahan seperti daging, kecap dan makanan olahan lainnya mengandung bahan pengawet. Bahan pengawet ini diklaim dapat berkaitan langsung dengan penyempitan pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat memicu timbulnya sakit kepala.

5. Keju Tua

Selain pisang, ternyata keju tua juga mengandung banyak zat tyramine. Keju tua seperti Camembert mengandung zat tyramine yang terbentuk sebagai pengurai protein. Zat tyramine ini dapat memicu munculnya sakit kepala.

Itulah akhir dari ulasan lima buah yang dapat memicu timbulnya sakit kepala. Jangan sampai Anda terkena penyakit walaupun hanya penyakit ringan. Jagalah kesehatan tubuh sebaik mungkin agar tidak merusak aktivitas penting yang akan Anda lakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here