Enam Manfaat Membacakan Dongeng kepada Si Buah Hati

0
35
Dongeng merupakan sebuah cerita khayalan yang tidak benar-benar terjadi. Banyak sekali dongeng yang umumnya bersifat menghibur dan mendidik. Banyak pula dongeng yang berisi ajaran moral, melukiskan kebenaran, bahkan ada pula jenisnya yang mengandung sindiran.

Dongeng biasa diceritakan oleh para orang tua kepada anaknya. Hal tersebut umumnya dilakukan hanya supaya sang buah hati cepat tertidur lelap saja. Tapi, banyaknya orang tua yang sibuk bekerja membuat mereka lupa  akan kebiasaan kecil ini.


Tahukah Anda bahwa dongeng memiliki banyak manfaat? Ya, membacakan dongeng sebelum tidur mempunyai manfaat yang dibutuhkan oleh si kecil sejak dini. Penasaran? Berikut merupakan ulasan mengenai enam manfaat membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur.

1. Membantu Mengembangkan Imajinasi Anak

Membaca cerita sebelum tidur mengembangkan imajinasi anak Anda. Anak-anak harus memiliki imajinasi yang sehat karena mengajarkan mereka untuk berpikir cepat namun efektif. Anak Anda dapat menemukan solusi efisien untuk masalah di masa depan berkat imajinasi indah yang dimilikinya.

Kemampuan untuk memvisualisasikan karakter nyata, tempat dan keadaan membuat hidup semua orang lebih berwarna dan bahagia sehingga Anda pun harus memberikan anak Anda dengan keterampilan ini juga.

2. Momen Tak Terlupakan

Cerita sebelum tidur membuat momen-momen yang tak terlupakan. Sebagai orang tua, Anda mungkin ingin anak Anda untuk mengingat saat-saat ketika Anda membacanya beberapa cerita sebelum tidur saat ia dewasa kelak. Lagipula, ketika Anda melihat senyum si kecil dengan kepala mengantuk itu benar-benar kejadian yang tak ternilai harganya. Maka dari itu, jangan ragu untuk meluangkan beberapa menit membaca untuk membuat kenangan dengan si kecil.

3. Meningkatkan Bahasa Mereka

Membaca juga meningkatkan bahasa anak. Dengan membacakan mereka dongeng, itu sama saja Anda mengajarinya. Sebab anak Anda pasti ingat sebagian kata-kata yang Anda ucapkan sehingga memperluas kosa katanya. Yang mana kemungkinan besar, saat beranjak dewasa, buah hati Anda akan menggunakan kata-kata yang Anda sebutkan dalam cerita tersebut. Selain itu, mendengarkan banyak cerita membantu anak-anak untuk mengekspresikan pendapat mereka dengan lebih baik lagi.

Baca Juga:
Lima Pelajaran yang Bisa Diambil dari Hubungan Masa Lalu

4. Menumbuhkan Cinta Membaca pada Anak

Berdongeng sebelum tidur sama saja dengan mendorong anak Anda untuk membaca lebih banyak buku. Ingat, buku adalah gudangnya ilmu. Menurut penelitian, anak-anak yang gemar membaca memiliki orang tua yang kerap membacakan cerita padanya sebelum tidur. Cobalah menginspirasi anak Anda bahwa membaca bisa membuat mereka jauh lebih sukses nantinya.

5. Merangsang Otak Anak Anda

Coba bayangkan berapa banyak pertanyaan muncul di kepala anak ketika mereka mendengar cerita dari ibu atau ayahnya. Mereka belum tahu banyak, tapi semakin Anda membaca, semakin banyak mereka bertanya-tanya. Hal ini membuat si kecil akan meminta lebih banyak jawaban kepada Anda, hasilnya anak Anda akan cerdas nantinya.

6. Lagu Pengantar Tidur yang Benar

Jika Anda tidak bisa menyanyi karena alasan lain, Anda dapat membaca cerita sebelum tidur untuk membuat anak Anda tertidur lebih cepat. Ini tidak lebih buruk dari lagu pengantar tidur. Anda perlu menyiapkan banyak cerita agar Anda dapat memilih satu diantaranya yang Anda inginkan untuk mendidik anak Anda sejak dini. Hal ini tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak tapi juga bisa mengembangkan pengucapan Anda akan diksi itu sendiri.

Demikianlah ulasan mengenai enam manfaat membacakan dongeng kepada anak. Perbanyaklah bercerita kepada anak, semakin banyak yang diketahui maka semakin pintar pula mereka. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here