Enam Fakta Unik Bunga Kamboja

0
73
Plumeria atau yang sering dikenal dengan bunga kamboja, merupakan suatu tanaman yang berasal dari Amerika Tropis dan Afrika. Kini, bunga Kamboja sangat banyak digunakan sebagai tanaman hias yang di tanam di halaman depan rumah.

Selain ukuran pohonnya, jenis pohon Kamboja juga bisa dibedakan dari daunnya. Ada pohon Kamboja yang daunnya lebar dengan ujung lancip, dan ada juga Kamboja dengan daun yang kecil dan lojong dengan ujung tumpul. Kembang Kamboja memiliki berbagai aneka warna,mulai dari putih, kuning, merah dan merah muda .


Tidak hanya indah, bunga kamboja juga memiliki berbagai fungsi untuk kesehatan. Hampir seluruh bagian dari bunga kamboja yakni dari akar hingga daunnya, memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Apa sajakah rahasia yang dimiliki bunga kamboja itu? Berikut ulasannya mengenai fakta unik yang tak terduga dari bunga Kamboja.

1. Mengobati Bisul

Ternyata fakta unik pertama yang dimiliki bunga Kamboja adalah bisa mengobati bisul. Jika Anda memiliki bisul di tubuh Anda, cukup gunakan bunga kamboja dengan dua cara berikut. Pertama, lemaskan daun dari bunga kamboja dengan minyak kelapa secukupnya.

Oleskan campuran tersebut ke daerah bisul. Ganti dengan daun yang lain setelah daun mengering. Kedua, Anda bisa memanfaatkan getah dari pohon kamboja yang langsung dioleskan ke bagian tubuh yang terkena bisul.

2. Mengatasi Bengkak

Dengan merebus sati sirap kulit bunga Kamboja yang sudah ditumbuk dengan setengah teko air, ternyata dapat mengatasi bengkak di bagian tubuh Anda.setelah air rebusan mendidih, Anda hanya perlu mengopres dan merendam bagian tubuh yang bengkak.

3. Mengatasi Puru (Frambusia)

Manfaat lainnya yang dimiliki bunga kamboja adalah dapat digunakan sebagai obat puru. Caranya dengan menumbuk dua sirap kulit pohon kamboja yang kemudian direbus menggunakan satu teko air mendidih. Gosok bagian luka atau gunakan air tersebut untuk mandi.

Baca Juga:
Lima Tips Rampingkan Perut Buncit dengan Mudah

Batang kamboja mengandung getah putih yang mengandung damar, kautscuk, senyawa sejenis karet, senyawa triterpenoid amytin, dan lupeol. Hal ini yang membuat kamboja bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit karena bengkak.

4. Mengobati Kencing Nanah

Satu penyakit lagi yang bisa diobati  dengan menggunkan bunga kamboja adalah, kencing nanah. Caranya sangat simple sekali. Cukup dengan menggunakan satu akar bunga kamboja yang sudah dicuci bersih.

Akar tersebut direbus menggunakan dua gelas air sampai mendidih sampai tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin setiap harinya.

5. Mengatasi Sakit Gigi

Getah bunga kamboja, mengandung senyawa glikoda yang bersifat racun. Untuk itu, getah bunga kamboja sangat bermanfaat digunakan untuk menyembuhkan penyakit gigi yang berlubang. Caranya dengan meletakkan getah pada kapas, lalu tempelkan pada bagian gigi yang berlubang.

6. Menghilangkan Tahi Lalat

Fakta unik lainnya adalah, kemmapuan bunga kamboja yang dapat menghilangkan tahi lalat yang terdapat di tubuh Anda. Tidak hanya berfungsi untuk gigi yang sakit, getah pada bunga kamboja yang dioleskan pada tahi lalat setiap harinya, ternyata dengan cara itu akan membuat tahi lalat menghilang.

Cara sama dengan mengatasi sakit gigi, cukup ambil getah bunga kamboja yang ditempelkan pada sebuah kapas, lalu tempelkan ke bagian tubuh yang ada tahi lalatnya. Tapi ingat, getah bunga kamboja jangan sampai mengenai mata Anda. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan kebutaan.

Demikian enam fakta unik yang tak terduga dari bunga kamboja. Selain memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit di atas, bunga kamboja juga kaya akan vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit. Bunga ini menimbulkan sensasi lembab, lembut, serta menambah nutrisi dan menjaga elastisitas kulit kita. semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda semua.

Baca Juga:
Waspadai, Inilah Akibat Makan Sebelum Lapar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here