Enam Langkah Atasi Rambut Berminyak

0
107
Rambut, merupakan salah satu hal yang terpenting bagi manusia. Bahkan rambut disimbolkan sebagai mahkota bagi wanita. Ada beberapa jenis dan sifat yang dimiliki rambut, salah satunya adalah rambut yang berminyak.

Tentu saja, rambut yang berminyak, akan membuat kesan lepek dari rambut Anda. Biasanya, rambut yang berminyak ini sering terjadi pada rambut yang kotor. Seperti rambut yang tidak dikeramas berhari-hari, rambut yang terkena udara lembab, polusi, serta masih banyak  penyebab lainnya.

Enam Langkah Atasi Rambut Berminyak 99


Selain itu, rambut bisa berubah tekstur dikarenakan usia rambut, shampo yang digunakan, ataupun makanan yang Anda konsumsi. Lalu bagaimanakah solusi untuk rambut yang lepek ini? Berikut ulasan mengenai enam strategi mengatasi rambut berminyak.

1. Rajin Keramas Dengan Menggunakan Shampo yang Berbahan Ringan

Shampo merupakan cairan yang berfungsi untuk meningkatkan tegangan permukaan kulit sehingga dapat meluruhkan atau memebersihkan kotoran. Shampo pada umumnya digunakan dengan mencampurkannya dengan air yang bertujuan melarutkan minyak alami yang dikeluarkan oleh tubuh untuk melindungi rambut dan membersihkan kotoran yang melekat.

Namun demikian, tidak semua shampo cocok dengan kulit kepala seseorang.untuk keamanan rambut Anda, pilihlah shampo yang berbahan herbal. Jika Anda kesulitan menemukan shampo berbahan herbal, biasanya shampo bayi bisa menjadi solusi untuk rambut yang berminyak.

Pastikan shampo yang Anda gunakan tidak mengandung busa atau bahan kimia berlebih, karena hal tersebut dapat memperburuk keadaan rambut yang berminyak.

2. Pijat Menggunakan Minyak Hangat

Adapun minyak yang baik dan memiliki manfaat untuk rambut adalah minyak zaitun dan minyak kelapa murni (VOC). Hal tersebut dikarenakan adanya banyak protein dan vitamin yang terkandung di dalam minyak tersebut.

Adapun cara untuk menggunakan minyak bermanfaat tersebut adalah dengan memanskan minyak zaitun dan kelapa murni hingga hangat, lalu pijat ke kepala Anda. Setelah itu, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan shampo. Pilihlah shampo seperti poin di atas.

Baca Juga:
Tujuh Manfaat Luar Biasa Teh Celup Bekas untuk Kecantikan

3. Gunakan Jeruk Nipis

Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah, ternyata jeruk nipis juga sangat bagus dalam menghadapi masalah seperti rambut yang berminyak. Peras air jeruk nipis, lalu campurkan dengan cuka dan air . Hal ini berfungsi untuk mengurangi minyak pada rambut dan membuat rambut tidak menjadi lepek.

4. Hindari Kondisioner dan Gel Minyak Rambut

Untuk rambut yang berminyak, disarankan tidak menggunkaan kondisoner ataupun gel minyak rambut. Hal tersebut dikarenakan dapat meningkatkan kadar minyak pada rambut.

5. Tata Rambut Menjadi Keriting

Dengan mengeritingkan rambut, Anda dapat mengangkat rambutlebih tinggi dari akar dan kulit kepala yang berminyak. Sedangkan bagi rambut lurus, akan dapat memudahkan batang rambut sehingga bersentuhan dengan kulit kepala yang berminyak dan menyebabkann batang rambut juga ikut berminyak.

Itulah sebabnya, mengeritingkan rambut dapat meminimalisir berminyaknya rambut. Usahakan mennggunakan rooler ketika hendak mengeritingkan rambut, dan jangan lupa menggunakan hairspray yang kuat untuk menjaga tatanan rambut Anda.

6. Perlakukan Dengan Lembut

Ketika Anda selesai keramas, hindari menggosok rambut dengan handuk secara keras. Hal ini dikarenakan gesekan yang terlalu kuta dapat merangsang kelenjar sekresi untuk memproduksi minyak.
Selain itu, hal tersebut juga berpotensi untuk menimbulkan ketombe. Untuk itu, perlakukanlah rambut Anda secara halus.

Demikianlah informasai mbengenai enam langkah  untuk mengatasi rambut berminyak. Bagi Anda yang mengalami jenis rambut yang berminyak, bisa mengikuti enam tips di atas agar dapat teratasi. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here