Beranda Fakta Lima Tempat Wisata Ini Buat Kita Jatuh Cinta pada Jogja

Lima Tempat Wisata Ini Buat Kita Jatuh Cinta pada Jogja

0
69
Jogjakarta, menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tempat menjadi salah satu tujuan wisatawan domestik dan mancanegara ini memang memiliki pesona tersendiri.

Kota ini selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Semakin banyak bermunculan hotel di kota ini yang menandakan bahwa minat wisatawan semakin tinggi untuk mengunjungi kota yang berjuluk “ Kota Pelajar” ini.

Lima Tempat Wisata Ini Buat Kita Jatuh Cinta pada Jogja 1


Bagaimana tidak? Kota ini memang menawarkan beragam tempat wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi bersama keluarga dan kerabat. Bahkan di antaranya ada yang bisa membuat kita jatuh cinta dan selalu rindu pada Jogja. Apa sajakah nama tempat itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Punthuk Setumbu, Karangrejowa

Jogja tidak hanya menyuguhkan Candi Borobudur sebagai tempat tujuan wisatawan. Namun lebih dari itu, ternyata di Jogja kita juga bisa menemui kemegahan dari bukit yang bernama Bukit Punthuk Setumbu. Bukit ini menyuguhkan sesuatu yang berbeda dari Candi Borobudur, terutama ketika matahari terbit.

Bukit Punthuk Setumbu ini terletak di Desa karangrejo atau sekitar  4 km berkendara ke arah barat dari Candi Borobudur dengan waktu tempuh 15 menit saja. Namun, perjuangan masih belum selesai anda masih harus berjalan untuk menuju ke atas Bukit Punthuk Setembu ini sekitar 30 menit.

Namun panjanganya perjalanan akan terbayar dengan menyaksikan keindahan jogja dari Puncak Punthuk Setumbu ini. Selain itu, di tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas warung kopi, toilet dn gazebo. Tidak hanya itu, tarif untuk masuk kawasan ini juga terbilang murah yakni hanya Rp 15.000 saja per orangnya.

2. Kebun Buah Mangunan, Bantul

Meskipun nama tempat ini adalah kebun buah, namun buah-buahan bukanlah menjadi daya tarik utamanya. Karena lanskap alam yang uniklah dan megahlah yang menjadi andalan dari tempat ini. Terlebih lagi panorama bukit di tempat ini sangatlah indah, ditambah kelok Sungai Oya dan hamparan laut dari kejauhan menjadi daya tarik mengagumkan dari Kebun Buah Mangunan.

Baca Juga:
Lima Tips Awet Muda Menurut Pandangan Islam

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini adalah menikmati matahari terbenam. Tempat ini bisa diakses dengan berkendara ke arah tenggara sekitar 50 menit (35 km) dari pusat kota Jogja. Jalan menuju tempat ini cenderung menanjak dan terlalu kecil untuk kendaraan besar ataupun bus.

Tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan, terdapat juga kawasan Hutan Pinus Dlingo. Di lokasi ini, kita akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang sejuk dan tenang. Kita juga bisa bersepeda melewati jalur offroad atau menggunakan mobil/motor melewati aspal dari Kebun Buah Mangunan menuju Hutan Pinus Dlingo.

Harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan ini sangatlah murah, hanya Rp 5.000 saja per orang. Namun, untuk masuk ke kawasan Hutan Pinus Dlingo anda tidak perlu mengeluarkan uang karena semuanya gratis.

3. Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul

Tempat selanjutnya yang tentu saja membuat kita jatuh cinta dengan Jogja adalah Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul. Tempat ini harus masuk ke dalam tujuan wisata ketika anda berlibur ke Jogja. ‘Gumuk’ dalam bahasa jawa artiny gundukan atau tumpukan. Gundukan Pasir Parangkusumo ini memiliki karakteristik yang mirip dengan gurun pasir di Meksiko.

Gumuk Pasir Parangkusumo ini terletak di hhilir Sungai Opak, tepatnya di Desa Parangtritis atau sekitar 40 menit (30 km) jika berkendara dari pusat kota Jogja. Adapun rute yang harus dilalui untuk sampai ke tempat ini sama dengan rute menuju Pantai Parangtritis.

Tiket untuk masuk ke areal wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini juga sangat murah, yakni hanya Rp 3.000 per orang. Namun, anda harus mengeluarkan uang yang cukup besar bila ingin mencoba berselancar pasir di tempat ini. taif sewa alat selancar pasir di tempat ini akan dipungut biaya Rp 200.000 per orang (minimal 6 orang) selama dua jam. Tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk di bagi dengan rekan-rekan anda kelak.

4. Pantai Goa Cemara, Bantul

Baca Juga:
Merinding, Inilah Lima Tempat Wisata yang Terkenal dengan Kasus Bunuh Diri

Tempat wista selanjutnya bernama Pantai Goa Cemara, meskipun terdapat nama Goa akan tetapi di pantai ini tidak terdapat goa sama sekali. Nama tersebut diberikan karena untuk memasuki pantai, kita harus melewati pepohonan cemara yang membentuk seperti goa.

Pantai Goa Cemara ini bisa diakses dengan berkendara dari pusat kota Jogja sekitar 40 menit (30 km). Tempat ini dipastikan akan sangat memanjakan mata wisatawan karena belum banyak wisatawan yang datang ke Pantai Goa Cemara.

Hal ini membuat belum banyak fasilitas yang tersedia di tempat tersebut. Anda bisa masuk ke kawasan Pantai Goa Cemara ini secara gratis.

5. Pemandian Tirta Budi “Blue Lagoon”, Sleman

Tempat wisata terakhir yang bisa membuat kita jatuh cinta adalah Pemandia Tirta Budi “Blue Laggon” yang terletak di Sleman, lokasi tempat ini memang agak tersembunyi. Diberi nama Blue Lagoo karena memang di tempat ini kolam yang terbentuk alami berwarna biru muda akibat pantulan cahaya mantahari di pagi hari.

Tempat Pemandian Tirta Budi ini terletak di Widodomartani, Sleman atau sekitar 30 menit berkendara (20 km) ke arah utara dari pusat kota Jogja. Luas kolam pemandian ini kurang lebih sama seperti luas lapangan basket dengan kedalaman sekitar 3 meter. Pemandian Tirta Budi bisa dikunjungi pukul 06:00 – 18:00 setiap hari. Anda bisa masuk menikmati Pemandian Tirta Budi secara gratis.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata yang akan membuat kita jatuh cinta dengan Kota Jogja. Jangan lupa mencantumkan kelima tempat ini menjadi tujuan wisata anda bersama keluarga ketika berlibur ke kota Jogja. Tentu akan menjadi pengalaman tersendiri untuk anda dan keluarga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here