Beranda Fakta Rasakan Delapan Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan

Rasakan Delapan Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan

0
93
Cinta merupakan salah satu perasaan yang dapat menyebabkan hidup menjadi lebih bahagia. Dengan jatuh cinta bisa membuat orang berbunga-bunga. Cinta tidak hanya kepada untuk pasangan hidup saja. Akan tetapi juga untuk orang-orang terdekat yang ada di sekitar kita.

Banyak cara yang dilakukan oleh orang untuk mengekspresikan perasaan cintanya. Sebab mereka merasa bahwa tidak ada yang lebih indah di dunia ini dibandingkan dengan perasaan seseorang yang sedang jatuh cinta.

Rasakan Delapan Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan 9


Ternyata, perasaan cinta tidak hanya menimbulkan efek bahagia saja. Namun cinta juga memiliki untuk kesehatan. Para pakar kesehatan mengungkapkan bahwa jatuh cinta itu dapat mempengaruhi kesehatan. Lalu apa saja manfaat dari jatuh cinta bagi kesehatan tersebut? Ini ulasan selengkapnya.

1. Menyehatkan Jantung

Manfaat jatuh cinta yang pertama adalah dapat menyehatkan jantung. Itulah yang mungkin menyebabkan cinta sering digambarkan dalam bentuk mirip jantung manusia dan menyebut orang yang dicintai dengan istilah ‘jantung hatiku’.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Pittsburgh menemukan, bahwa wanita yang bahagia dalam kehidupan berumah tangganya mmeupnyai resiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) jika dibandingkan dengan orang yang meraana dalam pernikahannya.

Banyak ahli yang percaya bahwa hal tersebut dapat terjadi karena ada kaitannya dengan tingkat stres. Seperti yang sudah diketahui bahwa stres menjadi pemicu naiknya tekanan darah serta dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Penelitian lain di Amerika Serikat menyebutkan bahwa pasangan yang bahagia dalam hubungan mereka, memiliki tiga kali kemungkinan untuk selamat dalam operasi bedah jantung. Selain itu, orang yang bahagia karena jatuh cinta juga memiliki tingkat kolesterol yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak punya atau tidak bahagia dalam dunia percintaannya.

Baca Juga:
Dua Solusi Atasi Masalah Rumah Tangga

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain dapat meminimalisir kemungkinan sakit jantung, jatuh cinta ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan mental manusia. Selain  dapat mencegah perasaan kesepian, penelitian di Selandia Baru menunjukkan bahwa orang yang memiliki hubungan jangka panjang lebih dari lima tahun dengan orang yang mereka cintai, memiliki risiko lebih rendah mengalami depresi.

Banyak ahli yang percaya bahwa perasaan ditemani dan terhubung dengan orang lain ini dapat menangkal perasaan kesepian serta terisolasi dari lingkungan yang menjadi salah satu penyebab gangguan kesehatan mental seperti depresi.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Perlakuan ynag penuh cinta ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah pelukan yang lama dengan pasangan dibarengi dengan pembicaraan mesra selama 10 telah terbukti dapat menurunkan tingkat tekanan darah seseorang.

Menurut sebuah peneitian di Amerika Serikat, dengan perlakuan demikian akan membuat produksi hormon oksitosi atau hormon yang membuat perasaan nyaman dan santai meningkat.

4. Bikin Awet Muda

Ternyata, jatuh cinta itu bisa membuat penampilan seseorang terlihat lebih muda. Penelitian di Skotlandia menunjukkan, bahwa wanita yang berhubungan seks empat kali atau lebih dalam seminggu dengan pasangannya, terlihat 10 tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

Seks dan cinta tidak hanya memiliki manfaat fisik dan emosional yang menakjubkan saja, namun juga mampu menstimulasi berbagai hormon yang membuat Anda terlihat ceria dan selalu bahagia.

5. Membantu Memerangi Kanker Ovarium

Manfaat jatuh cinta selanjutnya adalah dapat membantu dalam memerangi kanker ovarium. Ada penelitian yang telah menunjukkan bajwa pasien kanker ovarium yang memiliki hubungan yang dekat dan memuaskan dengan orang lain memiliki aktivitas sel sehat yang lebih kuat di lokasi tumor, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki ikatan sosial apapun.

Baca Juga:
Ketahui Empat Hikmah Luar Biasa di Balik Introspeksi Diri

6. Mengurangi Berat Badan

Untuk anda yang sedang dalam masa penurunan berat badan atau diet, tidak ada salahnya untuk jatuh cinta. Ya ternyata jatuh cinta bisa membuat berat badan seseorang menjadi turun. Hal ini dikarenakan ketika jatuh cinta, tubuh manusia akan memproduksi norepinephrine secara terus menerus. Hal tersebut membuat nafsu makan berkurang dan berat badan juga ikut berkurang.

7. Meningkatkan Sistem Imun 

Manfaat selanjutnya dari jatuh cinta adalah dapat meningkatkan sistem imun. Berdasarkan hasil penelitian dari Carnegie Mellon University menyebutkan bahwa rasa cinta akan menghasilkan emosi yang positif. Hal ini mendorong sistem kekebalan menjadi lebih sehat sehingga orang yang mengalami hal tersebut akan jarang sakit.

8. Menyembuhkan Rasa Sakit dan Luka

Manfaat terakhir dari jatuh cinta adalah bahwa perasaan cinta yang timbul pada diri seseorang tersebut dapat mengobati serta mengatasi rasa sakit secara alami. Hal ini sudah dibuktikan oleh studi ilmiah yang dilakukan di Amerika Serikat.

Hal ini bisa terjadi karena ketika jatuh cinta, maka secara otomatis akan mengaktifkan bagian otak untuk mengontrol rasa sakit. Semakin besar perasaan cinta yang dirasakan, maka akan semakin besar pula efek yang akan dialami.

Demikianlah ulasan mengenai 8 manfaat jatuh cinta bagi kesehatan. Untuk itu, jika anda memiliki masalah dengan kesehatan maka jatuh cintalah. Hal ini bisa menjadi solusi terbaik yang membuat bahagia serta hemat biaya bukan? Semoga bermanfaat,

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here