Pintu Surga Ini akan Terbuka untuk orang yang Gemar Bersedekah

0
133
Bersedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan di dalam Islam. Dalam prakteknya, sedekah dapat dilakukan dengan cara apa saja. Dapat berupa pemberian materi atau jasa yang meringankan serta membahagiakan bagi orang lain.

Tidak hanya berbentuk uang, perbuatan seperti senyuman juga dianggap sebagai sebuah sedekah. Di balik amalan yang ringan ini, ternyata Allah SWT memberikan janji yang luar biasa bagi kaum mukmin yang melaksanakannya. Salah satunya adalah terbukanya pintu surga bagi orang yang gemar bersedekah.

Pintu Surga Ini akan Terbuka untuk orang yang Gemar Bersedekah 12


Menjadi penghuni surga tentu menjadi dambaan bagi setiap kaum muslim. Tenyata sedekah menjadi salah satu jalan untuk membuka salah satu pintu surga Allah SWT. Lalu pintu surga manakah yang akan terbuka bagi orang gemar bersedekah? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Dalam hadits sahih yang diriwayatkan oleh Syaikhaani (Bukhari dan Muslim) dikatakan bahwa pintu-pintu surga itu ada delapan. Setiap orang berhak untuk memasuki pintu tersebut sesuai dengan amal perbuatan yang dilakukannya selama di dunia.

Mereka akan dipanggil untuk masuk surga melalui pintu sesuai dengan amalnya. Beruntunglah bagi orang-orang yang gemar bersedekah. Sebab Allah akan membimbingnya menuju surga lewat pintu sedekah.

disebutkan bahwa pintu-pintu surga itu ada delapan. Seiap orang berhak memasuki suatu pintu sesuai dengan amal perbuatannya. Mereka akan dipanggil untuk masuk surga melalui pintu itu sesuai dengan amalnya.

Sabda Rasulullah Saw., “Siapa saja yang menginfakkan sepasang barang dijalan Allah, disurga dia akan dipanggil, ‘Wahai hamba Allah, (pintu) ini adalah lebih baik.’ Maka, siapa saja dari kalangan pengamal shalat, akan dipanggil dari pintu shalat. Dan, siapa dari kalangan pelaku jihad, akan dipanggil dari pintu jihad. Siapa saja dari ahli sedekah, akan dipanggil dari pintu sedekah. Siapa saja dari kalangan pengamal puasa, akan dipanggil dari pintu al-Rayyan” (HR Muslim).

Baca Juga:
Enam Larangan Bagi Wanita Haid Menurut Hukum Islam

Para sahabat Rasulullah SAW merupakan orang-orang yang gemar melakukan sedekah. Tidak tanggung-tanggu bahkan Abu Bakar r.a pernah menyedekahkan nyaris 100 persen dari kekayaannya. Demikian pula yang dilakukan oleh sahabat Umar r.a., Utsman r.a., Ali r.a., Abu Thalhah r.a., dan Abdurrahman bin Auf. Mereka semua merupakan sahabat Rasulullah yang sangat dermawan.

Pada awal perkembangan Islam, kaum Muslimin menganggap hari yang buruk adalah hari dimana tidak ada sedekah yang diberikan kepada orang membutuhkan. Mereka mencamkan apa yang disampaikan Rasulullah SAW. Bahwa setiap orang berada di bawah naungan sedekah saat di hari kebangkitan. Allah SWT berfirman yang artinya:

jika kamu meminjamkan kepada Allah pinzaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan balasannya kepadamu dan mengampuni kamu. dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun (QS Al-Taghabun [64]: 17).

Demikianlah ulasan mengenai pintu surga yang akan terbuka untuk orang yang gemar bersedekah. Sebagai umat Islam kita semestinya mengikuti jejak Rasulullah dan para sahabatnya yang gemar melakukan sedekah. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah-Nya kepada kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here