Dua Solusi Atasi Masalah Rumah Tangga

0
125
Kehidupan rumah tangga tidak selalu berada dalam keadaan bahagia saja. Akan tetapi, banyak juga pasangan suami istri yang dilanda sebuah permasalahan. Ada banyak faktor penyebab permasalahan ini, mulai dari keuangan, hingga masalah keturunan.

Ada banyak pasangan yang bisa mengatasi masalah tersebut dan kembali hidup rukun. Namun, tidak jarang banyak juga suami istri yang tidak mampu menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga menimbulkan pertengkaran di antara keduanya.

Dua Solusi Atasi Masalah Rumah Tangga 21


Bahkan ada yang memilih jalan untuk bercerai karena sebuah masalah rumah tangga. Padahal sebenarnya masalah itu pasti selalu menimpa setiap orang, tergantung bagaimana cara menghadapinya. Ternyata ada  dua solusi untuk mengatasi masalah rumah tangga. Berikut informasi lengkapnya.

1. Ubah pola pikir: Masalah adalah Hadiah!

Solusi pertama yang bisa dicoba oleh pasangan suami istri yang sedang dilanda masalah adalah dengan mengubah pola pikir. Maksudnya adalah jika selama ini kita menganggap bahwa masalah itu merupakan bencana, maka ubahlah mindset tersebut dengan mengatakan masalah itu adalah hadiah dari Allah SWT.

Bagaimana kita bisa mengganggap masalah itu sebagai hadiah? Caranya sangat mudah, yakni dengan memahami berbagai keutamaan dari masalah itu sendiri. Sebagai kaum muslim perlu diingat bahwa masalah atau kesulitan itu bisa menjadi penghapus dosa. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanan hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan-kesalahannya.”(HR. Bukhari no. 5641)

Bukankah suatu hal yang luar bisa mendapatkan hadiah yang demikian? Maka semakin banyak masalah, semakin banyak pula dosa yang terhapus. Akan tetapi perlu diingat bahwa jangan sampai masalah yang timbul tersebut disebabkan oleh perbuatan tangan kita sendiri. Tidak hanya bisa menjadi penghapus dosa, masalah ternyata juga bisa mengantar kita pada suatu derajat tertentu di surga Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:
Lima Cara Berbakti kepada Orangtua yang Sudah Tiada

“Seorang hamba memiliki suatu derajat di surga. Ketika dia tidak dapat mencapai (derajat itu) dengan amal-amal kebaikannya, maka Allah akan menguji dan mencobanya agar dia mencapai derajat itu “(H.R. Athabrani)

Mungkin ini amalan yang dianggap kecil. Akan tetapi, apabila kita senantiasa bersabar dengan masalah dan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT. Sangat mungkin bagi kita tetap bisa mencapai surga Allah karena telah mampu melalui masalah tersebut.

2. Berprasangka Baik pada Allah

Solusi selanjutnya yang tidak kalah penting adalah senantiasa berprasangka baik kepada Allah SWT. Ketika Allah memberikan masalah, pasti ada kebaikan yang terkandung di dalamnya. Jangan pernah berprasangka buruk kepada Allah terlebih lagi jika masalah tersebut timbul karena ulah diri sendiri. Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syuraa: 30)

Tidak hanya itu, selalu berprasangka yang baik kepada Allah juga menjadi kunci agar orang tersebut tetap bahagia dalam menyikapi masalah itu sendiri. Dengan adanya masalah yang menimpa rumah tangga, akan membuat pasangan suami istri senantiasa mengingat Allah agar masalah tersebut dapat teratasi.

Demikianlah ulasan mengenai dua solusi untuk mengatasi masalah rumah tangga. Jadikanlah masalah sebagai pemererat hubungan rumah tangga. Jangan jadikan itu sebagai alasan menuju gerbang perpisahan. Sebab perceraian merupakan perbuatan yang tidak disukai Allah Ta’ala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here