Inilah Dua Nikmat yang Sering Terlupakan

0
37
Ilustrasi: serambiminang.com

Ada banyak hal yang sudah manusia alami ketika menjalani kehidupan di dunia ini. Situasi yang silih berganti menjadi warna dalam mengarungi hidup. Entah itu melewati masa sulit atau pun masa bahagia menjadi cerita tersendiri bagi setiap orang.

Semua skenario kehidupan tersebut telah dituliskan oleh Allah SWT bagi manusia bahkan sebelum ia dilahirkan ke dunia. Allah senantiasa memberikan nikmat-Nya kepada manusia, namun tidak jarang di antara mereka tidak bersyukur dengan nikmat yang diberikan Allah.

Orang-orang yang seperti ini selalu merasa bahwa hidupnya senantiasa dirundung kesengsaraan dan hal ini membuat hatinya dipenuhi dengan perasaan negatif. Bahkan di antara mereka ada yang melupakan nikmat-nikmat dari Allah. Berikut ini merupakan dua kenikmatan yang sering dilupakan manusia.

Dua kenikmatan yang sering dilupakan oleh manusia yang hidup di dunia ini adalah nikmat kesehatan dan juga waktu luang. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW. Dari Ibnu Abbas, dia berkata, Nabi SAW bersabda: Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya;  kesehatan dan waktu luang.”

1. Nikmat Kesehatan

Sering kali manusia merasa bahwa Allah tidak memberikan apa-apa kepada mereka. Padahal sebenarnya dia telah memiliki salah satu kenikmatan yang besar yaitu kesehatan tubuh yang belum digunakan secara optimal.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kesehatan itu berasal dari Allah SWT. Mereka justru menyalahgunakan kesehatan tersebut dengan pola hidup dan pola makan yang pada akhirnya membahayakan kesehatannya sendiri.

Orang-orang ini baru menyadari nikmatnya kesehatan setelah ia merasakan sakit akibat perbuatannya. Ia lupa cara untuk bersyukur atas nikmat yang tidak terhingga tersebut, padahal jika ditelaah lebih dalam aktivitas bernapas ini merupakan anugerah dari Allah.

Kita tidak perlu membayar untuk bernapas. Bayangkan jika sedang dirawat di rumah sakit, berapa harga tabung oksigen yang mereka hirup setiap detiknya?

Oleh sebab itu, harusnya kita senantiasa bersyukur kepada Allah masih diberikan kesempatan untuk menghirup udara segar secara gratis. Pergunakanlah nikmat kesehatan tersebut untuk melakukan amalan-amalan yang baik.

2. Nikmat Waktu Luang

Nikmat selanjutnya yang sering terlupakan oleh kaum muslim adalah nikmat waktu luang. Waktu luang merupakan waktu kosong yang sering kita lalaikan. Banyak orang yang memiliki banyak waktu luang namun terlena dengannya. Sehingga membuat orang tersebut tidak segera mengerjakan hal-hal yang serharusnya mereka lakukan.

Pada akhirnya, banyak orang yang menyesali perbuatan ini setelah waktu luang tersebut hilang. Mereka menyesal karena tidak mempergunakan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya.

Islam telah mengajarkan kepada kaum muslim untuk mempergunakan waktu luang dengan mengerjakan hal lain setelah selesai dari mengerjakan suatu hal. “Faidza faroghta, fanshob. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.”

Demikianlah ulasan mengenai dua nikmat yang sering terlupakan oleh kaum muslimin. Setelah mengetahui hal ini, ada baiknya kita untuk senantiasa memanfaatkan setiap nikmat yang dimiliki dengan sebaik-baiknya. Hal yang harus ditanamkan di dalam diri adalah, jangan lupa untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here