Manfaat Mengucapkan Alhamdulillah Bagi Kesehatan

0
180
Bersyukur atas segala nikmat yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Wujud dari rasa syukur ini dapat dilakukan dengan menambah keimanan kepada Allah, menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Tidak hanya itu, biasanya banyak juga yang bersyukur dengan cara mengucapkan kalimat ‘Alhamdulillah’. Kalimat yang memiliki arti segala puji bagi Allah ini akan mengajarkan manusia untuk selalu berpikir positif dan selalu bersabar.

Manfaat Mengucapkan Alhamdulillah Bagi Kesehatan 18


Perintah untuk selalu berpikir positif dan bersabar ini sudah tertera dalam Al-Qur’an dan Hadist. Ternyata, selain akan mendatangkan pahala bagi yang mengucapkannya. Kalimat Hamdalah ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Orang yang senantiasa bersyukur dengan mengucapkan kalimat hamdalah akan menjadi pribadi yang selalu berpikir positif dan bersabar. Dua hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan manusia. Firman Allah dalam Al-Qur’an yang artinya:

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” [QS. Al-Baqarah ayat 155]

“(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.” [QS. Al-Baqarah ayat 156]

“Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” [QS. Al-Baqarah ayat 157]

Dalam ilmu pengetahuan modern, para peneliti berkesimpulan bahwa rahmat dari Allah yang dimaksud itu adalah berupa semakin meningkatnya kesehatan manusia karena ia senantiasa bersabar dan berpikir positif.

Peneliti Barat seperti Bernard Jensen berkata dalam bukunya yang berjudul ‘The Science and Practice of Iridology’, dokter masa kini memiliki pandangan bahwa kekuatan manusia yang sesungguhnya bukan terletak pada fisiknya, namun pada otaknya.

Baca Juga:
Atasi Pertengkaran Rumah Tangga dengan Cara Ini

Tidak hanya Bernerd Jensen, Dr. Ted M Morter dalam bukunya yang berjudul ‘Your Health… Your Choice’, juga mengungkapkan bahwa pikiran negatif itu merupakan penghasil asam nomor satu pada tubuh manusia.

Dengan meningginya tingkat keasaman tersebut, maka akan timbul berbagai macam penyakit. Hal tersebut disebabkan tubuh akan bereaksi terhadap sikap negatif dan tekanan emosional yang dibawa oleh pikiran negatif. Sama seperti saat tubuh bereaksi terhadap ancaman fisik secara nyata.

Itulah sebabnya, sebagai umat muslim kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah SWT dengan mengucapkan “Alhamdulillah”. Selain itu, untuk menambah kesehatan, berusahalah untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan kerja agar terasa damai dan bebaskan diri dari stres.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat ucapan hamdalah bagi kesehatan. Oleh sebab itu, biasakan diri untuk bersyukur kepada Allah dengan mengucapkan “Alhamdulillah”. Selain bersyukur lewat ucapan, lakukanlah segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here