Beranda Fakta Empat Jenis Obat ini Ternyata Bahayakan Kesehatan

Empat Jenis Obat ini Ternyata Bahayakan Kesehatan

0
77

Obat menjadi salah satu solusi ketika jatuh sakit. Terdapat berbagai macam obat yang mampu menyembuhkan mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang mematikan sekalipun. Namun tidak semua obat bisa menyembuhkan dan malah mengganggu kesehatan.

Terkadang ketika Anda menderita penyakit kronis, pengobatan yang harus Anda jalanipun termasuk ke dalam jenis yang obat yang keras. Beberapa obat ini bahkan menguras nutrisi penting dalam tubuh Anda yang bisa menyebabkan kondisi kesehatan menurun.

Empat Jenis Obat ini Ternyata Bahayakan Kesehatan 106

Tentu saja semua aktivitas Anda bisa terganggu akibat dari nutrisi penting yang berkurang. Mengapa obat yang seharusnya menyembuhkan malah membahayakan kesehatan? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Obat Kolesterol

Statin adalah jenis obat yang sering diresepkan oleh dokter untuk membantu menurunkan kolesterol dan mencegah serangan jantung atau stroke. Atorvastatin (Lipitor), lovastatin (Mevacor) dan pravastatin (Pravachol) adalah beberapa jenis obat statin yang umum. Obat ini bisa menguras vitamin D dalam tubuh dan menimbulkan efek samping seperti kelelahan, kram otot, sesak napas, penyakit hati, peningkatan risiko kanker, serta infeksi yang berulang.

2. Obat Pengurang Asam di Perut

Proton pump inhibitor dan H2 blocker adalah obat yang bekerja dengan mengurangi keasaman di perut. Blocker dapat menguras magnesium dalam tubuh. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan masalah jantung, tekanan darah tinggi dan gangguan suasana hati.

3. Obat Penurun Tekanan Darah

Jenis obat penurun tekanan darah dan obat diuretik mampu menguras magnesium, kalsium, dan mineral yang penting untuk kekuatan tulang. Efek samping yang bisa ditimbulkan adalah osteoporosis, gangguan jantung, kram otot, depresi, imunitas berkurang, serta penurunan penglihatan.

4. Pil KB

Salah satu jenis alat kontrasepsi ini mampu menguras nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagai neurotransmitter alami dan hormon seks. Beberapa jenis efek sampingnya adalah memicu kepanikan, kelelahan, depresi, penyakit jantung, nyeri saraf, dan risiko tinggi untuk terkena kanker payudara.

Baca Juga:
Waspadai Dua Pemicu Resiko Serangan Stroke Meningkat

Nah, itulah empat jenis obat yang bahayakan kesehatan. Walaupun berfungsi sebagai obat, tetap saja obat-obatan ini mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Sehingga sebelum menjadi penyakit, sebaiknya selalu jaga kesehatan agar tubuh Anda aman dari berbagai bahan kimia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here