Lakukan Tiga Amalan Ini untuk Peroleh Kebahagiaan Hidup

0
89

Memiliki kehidupan yang bahagia tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun kebanyakan orang tidak merasakan kebahagian dalam kehidupan mereka. Baginya, hidup yang dilalui selama ini selalu dilanda kesedihan, kesusahan dan lain sebagainya.

Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar, setiap orang berhak untuk merasakan kebahagiaan. Atas dasar itulah Allah SWT menurunkan para Nabi dan Rasul untuk dijadikan teladan bagi manusia beserta Al-Qur’an sebagai panduan dalam menjalani hidup agar merasa bahagia.

Lakukan Tiga Amalan Ini untuk Peroleh Kebahagiaan Hidup 1

Namun, tidak semua manusia bisa memahami dengan benar hal tersebut. Kebanyakan dari mereka gagal untuk mencari jalan menggapai kebahagiaan. Padahal sebenarnya ada cara yang bisa ditempuh untuk mencapai kebahagiaan di dalam hidup. Bagaimana caranya? Berikut informasinya.

1. Shalat

Kebanyakan manusia menganggap bahwa meninggalkan shalat adalah perihal yang biasa. Banyak yang berpikir bahwa shalat adalah suatu beban sehingga bagi mereka yang memiliki keimanan lemah akan mudah meningggalkannya. Padahal pada kenyataannya, Nabi tidak pernah bermain-main dalam masalah shalat.

Jika manusia mengetahui keutamaan shalat itu salah satunya adalah jalan terbaik bagi setiap muslim untuk mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan, tentu mereka tidak akan meninggalkannya. Allah SWT berfirman:

“Tegakkan shalat untuk mengingat-Ku.“ (QS: Thahaa [20]: 14).

“Ketahuilah, dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang.” (QS: Ar-Ra’du [13] : 28).

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya shalat itu bagi setiap muslim. Itulah yang menyebabkan Rasulullah SAW sangat mendorong umatnya untuk memperhatikan ibadah yang merupakan tiang agama ini. Selain itu, shalat juga dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar.

Jika seseorang dengan sengaja meninggalkan shalat, maka ia bukan saja hanya merobohkan agama. Namun mereka juga akan terjatuh dalam kekalahan, kegelisahaan dan kesengsaraan hidup. Itulah yang mungkin menyebabkan orang yang tidak shalat merasa hidupnya dipenuhi oleh penderitaan.

Baca Juga:
Waspada, Gunakan Tisu Basah Pada Bayi Dapat Sebabkan Ini

Oleh sebab itu, mulai saat ini berusahalah untuk konsisten dalam menjalankan shalat. Sebab Allah SWT menempatkan ibadah yang satu ini sebagai amalan pertama yang akan dihisab. Laksanakan shalat tepat waktu dan jika bisa dilakukan secara berjamaah.

2. Membaca Al-Qur’an

Selain menjadi sumber bacaan, ternyata Al-Qur’an juga bisa menjadi obat, enenang dan solusi bagi setiap masalah jika dimaknai dan diamalkan. Misalnya saja ketika kita sedang merasa malas, maka bacalah baik-baik QS. Al-Mulk ayat 2 yang artinya:

“(Allah-lah) yang menciptakan kematian dan kehidupan supaya Dia menguji kalian, siapa di antara kalian yang paling baik amalannya dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” [QS. Al-Mulk [68]: 2).

Dengan membaca ayat tersebut, akan bisa menambah semangat dalam menjalani hidup. Sehingga tidak ada kesempatan rasa malas untuk kembali menghinggapi. Oleh sebab itu, membaca Al-Qur’an akan sangat membantu hati manusia agar bisa merasakan kenikmatan dan kebahagiaan yang luar biasa. Sehingga akan senantiasa merasa rindu, takjub, dan ada rasa bersalah jika tidak membaca Al-Qur’an dengan sepenuh hati.

Bahkan, dalam beberapa kesempatan, jika memang memungkinkan meminta sahabat yang baik bacaan Qur’annya untuk kita itu akan jauh mengesankan, karena Nabi tidak jarang juga meminta Ibn Mas’ud membacakan Al-Qur’an untuk beliau.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku, “Bacakanlah kepadaku Al-Qur’an.” Ibnu Mas’ud berkata, “Wahai Rasulullah! Apakah saya akan membacakannya kepadamu sementara ia diturunkan kepadamu?” Beliau menjawab, “Aku senang mendengarnya dari orang selain diriku.” Maka aku pun membacakan surat an-Nisaa’, ketika sampai pada ayat [yang artinya], “Bagaimanakah jika [pada hari kiamat nanti] Kami datangkan dari setiap umat seorang saksi, dan Kami datangkan engkau sebagai saksi atas mereka” (QS. an-Nisaa’: 41). Aku angkat kepalaku, atau ada seseorang dari samping yang memegangku sehingga aku pun mengangkat kepalaku, ternyata aku melihat air mata beliau mengalir.” (HR. Bukhari Muslim).

3. Sedekah

Baca Juga:
Tujuh Azab yang Dilihat Penggali dan Pencuri Kafan

Hal terakhir yang bisa dilakukan agar mendapatkan kebahagiaan hidup adalah dengan bersedekah. Seperti yang diketahui bahwa amalan ini memiliki manfaat luar biasa bagi mereka yang menjalankannya. Allah SWT berfirman:

“Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri, dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridoan Allah, dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup, sedangkan kamu sedikit pun tidak akan dirugikan.” [QS Al-Baqarah [2]: 272].

Ada beberapa manfaat langsung yang akan diperoleh dan tentu saja akan membahagiakan hati ketika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain akan mendapatkan pahala untuk diri sendiri langsung dari Allah SWT. Kedua diberikan pahala yang cukup. Ketiga kita akan mendapatkan keuntungan, kemenangan dan kebahagiaan. Sebab banyak bersedekah tidak akan membuat kita rugi sama sekali. Dengan perbanyak sedekah akan membuat ketenangan jiwa yang menimbulkan kebahagiaan.

Demikianlah informasi mengenai tiga hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kebahagiaan hidup. Mudah bukan? Bahkan hal ini bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan menambah keimanan kita kepada Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here