Obati Masalah Dunia dengan Sabar dan Shalat

0
114

Perjalanan kehidupan di dunia memang tidak semulus keinginan setiap orang. Masalah bahkan silih berganti datang tidak memandang siapa orang yang akan mendapatkannya. Tidak jarang banyak orang yang memiliki masalah kemudian mencari berbagai macam cara untuk mengatasinya.

Namun, di antara mereka ada yang bisa mengatasi masalah dengan baik dan ada juga yang tidak. Bahkan tidak jarang di antara mereka ada yang menjadi depresi karena permasalahan yang tak kunjung selesai.

Obati Masalah Dunia dengan Sabar dan Shalat 2

Padahal sebenarnya, Allah SWT telah memberikan solusi terbaik untuk mengatasi segala permasalahan yang terjadi. Yakni dengan bersikap sabar dan mengerjakan shalat. Lalu bagaimana sabar dan shalat bisa mengobatasi masalah? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Shalat

Allah SWT sebagai Pencipta Alam Semesta tentu sudah mengetahui metode terbaik untuk manusia agar bisa menyelesaikan permasalahan mereka di dunia. Hal tersebut tertuang dalam firman Allah yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153).

Rasulullah SAW juga pernah dilanda masalah yakni perasaan ketakutan. Maka untuk mengatasinya beliau segera melakukan shalat. Suatu waktu beliau berkata kepada Bilal, “Ketenanganku ada pada shalat.”

Shalat merupakan media terbaik seorang muslim untuk mengadukan segala maslaah kepada Allah Ta’ala. Jadi sebenarnya, shalat bukan hanya ritual semata. Ibadah yang satu ini adalah sumber menyedot dan menyadap kekuatan ilahiyah untuk setiap jiwa yang menghadapi masalah untuk dapat mengatasinya dengan tenang, cerdas dan solutif.

Hal tersebut disebabkan karena ketika shalat, Allah akan sangat dekat dengan seorang hamba yakni ketika di kala mereka sujud.

“Sedekat-dekat seorang hamba kepada Tuhannya yaitu ketika ia sujud, maka perbanyaklah berdo’a di dalam sujud.” (HR. Muslim).

Baca Juga:
Lima Hal Ini Dapat Buat Sukses

Itulah sebabnya, ketika menjalankan ibadah shalat kita tidak boleh tergesa-gesa dalam mengerjakannya. Allah Ta’ala berfirman:

 “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” (QS. Thaha [20]: 132).

2. Sabar

Sama halnya dengan ketika kita shalat, ternyata bersabar juga dapat mengobati masalah dunia. Menurut Aid Al-Qarni sabar adalah kemampuan jiwa untuk senantiasa berlapang dada, berkemauan keras, serta memiliki ketabahan yang besar dalam menghadapi masalah kehidupan.
Bahkan tidak ada masalah yang tidak bisa di atasi dengan sabar. Dengan bersabar, masalah apapun akan teratasi apabila Allah berkehendak.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 155).

Oleh sebab itu, ketika menghadapi masalah sebesar apapun tetaplah bersabar. Allah senantiasa memberikan jalan keluar atas masalah yang diberikan kepada hamba-Nya. Sebab hal ini merupakan janji Allah kepada orang-orang yang bersabar.

Demikianlah ulasan mengenai mengobati masalah dengan sabar dan shalat. Setelah mengetahui hal ini hapuslah segala kesedihan dan putus asa. Biarkan masalah mewarnai hidup kita, karena semua hal itu akan hilang ketika kita memohon kepada Allah dengan bersabar dan shalat. Semoga kita menjadi hamba Allah yang bertakwa dan beramal shaleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here