Kenali Empat Kunci Mendapatkan Hidup yang Berkah

0
146

Setiap orang tentu menginginkan memiliki tubuh yang sehat, umur yang panjang serta diberi harta yang cukup dalam menjalankan kehidupan. Namun yang disayangkan tidak semua keinginanan tersebut dapat terwujud.

Perjalanan hidup yang kadang di bawah dan di atas membuat banyak orang akhirnya memilih jalan yang tidak berkah dalam mencari kekayaan. Karena lewat jalan yang salah tersebut terkadang membuat hati orang itu selalu gundah.

Kenali Empat Kunci Mendapatkan Hidup yang Berkah 4

Sementara ada orang yang hidupnya pas-pasan, namun dijauhkan dari kegelisahan hati karena mencari rezeki yang halal. Selain dengan mencari rezeki halal, sebenarnya di dalam Islam telah diajarkan kunci-kunci agar mendapatkan keberkahan dalam hidup. Apa saja? Berikut informasinya.

1. Takwa

Kunci pertama untuk mendapatkan keberkahan hidup adalah dengan takwa. Ketakwaan kepada Allah SWT menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh umat muslim. Ketakwaan dapat ditunjukkan dengan cara melakukan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Hikmah yang akan diperoleh dari sebuah ketakwaan yang dimiliki oleh muslim selain keridhoan dari Allah SWT juga keberkahan hidup serta hikmah lainnya yang tiada terkira. Hikmah tersebut dapat berlaku di dunia dan juga akhirat. Oleh sebab itu, ketika menjalani kehidupan senantiasalah berusaha untuk menjalaninya dengan ketakwaan, kesabaran dan istiqomah.

2. Shalat

Cara kedua yaitu dengan melaksanakan shalat. Selain ketakwaan, seorang muslim juga harus senantiasa melaksanakan shalat baik yang wajib ataupun sunnah. Selain memberikan dampak positif terhadap kesehatan  tubuh, ternyata shalat juga merupakan media komunikasi setiap hamba kepada Sang Pencipta.

Dengan seringnya melakukan shalat, maka semakin baiklah komunikasi kita dengan Allah SWT. Untuk  itu seringlah berdoa agar Allah memberikan keberkahan hidup kepada hamba-hamba yang senantiasa melaksanakan perintah-Nya.

Baca Juga:
Inilah 10 Pintu Masuk Setan untuk Sesatkan Manusia yang Harus Diwaspadai

3. Sedekah

Sedekah ternyata juga memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menjadi kunci bagi umat muslim mendapatkan keberkahan hidup dari Allah SWT. Semakin banyak sedekah yang dikeluarkan, maka semakin banyak pula keberkahan yang diperoleh. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah pemberian sedekah tersebut harus disertai hati yang ikhlas sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

Di dalam Al-Qur’an, Allah menjanjikan balasan yang luar biasa bagi mereka yang gemar bersedekah. Hal tersebut terdapat dalam Surah Al-Baqarah ayat 261 yang artinya: “sedekah atau infaq Allah janjikan balasan hingga 700 kali lipat”(QS. Al-Baqarah [2]: 261).

4. Memberi Maaf

Setiap orang tentu pernah mengalami sakit hati ataupun kecewa terhadap seseorang. Terkadang hal tersebut bisa menimbulkan dendam bagi mereka yang mengedepankan ego dari pada imannya. Pada akhirnya, ia tidak mau memaafkan orang yang pernah berbuat salah tersebut.

Padahal sebenarnya, memiliki perasaan dendam ini merupakan salah satu penyakit hati yang dilarang dalam agama Islam. Oleh sebab itu, ada baiknya agar mendapatkan kunci keberakahan hidup yang terakhir, jadilah orang yang pemaaf atas kesalahan orang lain. Agar hidup ini berjalan dengan lebih damai dan memiliki ketenangan hati.

Demikianlah informasi mengenai empat kunci mendapatkan keberkahan hidup yang bisa diterapkan dalam keseharian. Semoga kita menjadi hamba Allah yang senantiasa mengerjakan setiap amalan kebaikan agar mendapatkan keberkahan dalam menjalani hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here