Tiga Cara Agar Komitmen untuk Melakukan Kebaikan

0
151

Banyak orang yang membuat banyak resolusi yang harus dicapainya dalam kehidupan. Seperti keinginan untuk menjadi orang yang lebih baik lagi, rajin ibadah atau gemar bersedekah. Akan tetapi, tidak semua orang bisa konsisten melakukan hal tersebut.

Alasan yang sering diutarakan menjadi penyebab hal itu terjadi ialah kesibukan duniawi yang membuat mereka tidak mampu menjalankan semua resolusi yang telah dibuat. Tidak hanya padatnya kegiatan, terkadang rasa malas juga kerap kali menghampiri.

Tiga Cara Agar Komitmen untuk Melakukan Kebaikan 7

Belum lagi banyaknya godaan yang bisa membuat seseorang menjadi senang untuk meninggalkan kebaikan. Untuk mengatasi itu semua, tenyata ada tiga cara yang bisa dilakukan agar bisa komitmen untuk melakukan kebaikan. Bagaimanakah caranya? Berikut informasinya.

1. Kuatkan Niat

Hal pertama yang harus dilakukan agar komitmen dalam melakukan kebaikan adalah dengan menguatkan niat. Dengan niat yang kuat akan memotivasi seseorang untuk mengerjakan apa yang telah diniatkannya.

Niat menjadi hal yang penting dalam melakukan suatu perbuatan. Tidak heran jika Rasulullah SAW berpesan agar amalan apapun yang dilakukan akan lebih ideal jika didahului oleh niat.

“Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafsh ‘Umar bin Al Khaththab, dia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan. Maka barangsiapa hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya. Dan barangsiapa hijrahnya karena dunia yang ingin ia dapatkan atau mendapatkan wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya kepada apa yang ia inginkan itu.”

Namun, hal yang perlu digaribawahi adalah bahwa menguatkan niat itu bukanlah perkara mudah. Sufyan Al-Tsauri berkata, “Tidak ada sesuatu yang paling berat untuk saya obati, kecuali masalah niatku, sebab ia senantiasa berbolak-balik dalam diriku.“

2. Lakukan dan Lakukan Segera

Baca Juga:
Hukum Bergosip dalam Kacamata Islam

Hal yang tidak kalah penting untuk membangun komitmen yang kuat dalam melakukan kebaikan ada lakukan kebaikan tersebut dan lakukan dengan segera. Banyak sekali orang yang berniat untuk melakukan suatu perbuatan baik akan tetapi mereka menunda.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya pengaruh dari situasi dan kondisi sekitar yang kurang mendukung sehingga menyebabkan pertentangan dalam hati. Biasanya dalam keadaan seperti ini, kebanyakan orang memilih untuk menunda suatu kebaikan.

Oleh sebab itu, ketika sudah memiliki niat yang kuat untuk melakukan kebaikan segeralah lakukan kebaikan tersebut dan lakukan dengan segera. Jangan pernah menunda niat untuk melakukan perbuatan baik tersebut.

Analogi cara yang kedua ini bisa diperhatikan dari bagaimana Allah dan Rasul-Nya memerintahkan agar umat Islam bersegera dalam melakukan segala kebaikan seperti shalat, menuju ampunan Allah SWT dan menunaikan zakat.

Jika hanya berniat saja untuk melakukan kebaikan, akan tetapi menunda untuk mengerjakannya. Maka kemungkinan besar niat tersebut tidak akan terlaksana. Oleh karena itu bersegeralah dalam melakukan kebaikan, terlebih lagi jika sudah diniatkan.

3. Susun Jadwal

Cara terakhir yang bisa dilakukan agar komitmen dalam melakukan kebaikan adalah dengan menyusun jadwal. Cara yang ketiga ini tidak hanya menjadi alat bantu bagi terlaksananya sebuah niat, akan tetapi juga berperan vital dalam suksesnya pelaksanaan amalan kebaikan tersebut.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menjawadkan kebaikan apa saja yang akan dilakukan setiap harinya. Seperti waktu shalat, membaca Al-Qur’an, bekerja, menuntut ilmu dan lain sebagainya. Tetapkan waktu untuk melakukannya dan terbiasalah dengan jadwal tersebut.

Demikianlah informasi mengenai tiga cara yang dapat dilakukan agar bisa komitmen dalam melakukan kebaikan. Komitmen dalam kebaikan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Agar Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan-Nya atas kebaikan yang kita lakukan setiap waktu.

Baca Juga:
Dua Solusi Atasi Masalah Rumah Tangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here