Ketahui Lima Kunci Ikhtiar untuk Raih Hidayah Allah

0
210

Ikhtiar merupakan usaha yang dilakukan oleh seorang hamba demi memperoleh apa yang diinginkannya. Orang yang berikhtiar berarti mereka sudah berusaha dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan keberhasilan dan kesuksesan.

Orang yang berikhtiar untuk mendapatkan sesuatu haruslah selalu disandarkan kepada Allah SWT. Selain untuk mendapatkan kenikmatan dunia seperti kekayaan dan kebahagiaan, banyak juga orang yang berikhtiar untuk mendapatkan hidayah dari Allah SWT.

Ketahui Lima Kunci Ikhtiar untuk Raih Hidayah Allah 12

Hidayah sendiri diartikan sebagai tuntunan atau petunjuk dari Allah SWT. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara berikhtiar untuk meraih hidayah Allah tersebut. Berikut ini informasi mengenai lima kunci ikhtiar untuk meraih hidayah Allah yang harus diketahui.

1. Tidak Boleh Sombong atau Takabur

kunci yang pertama unt berikhtiar demi mendapatkan hidayah dari Allah SWT adalah tidak boleh sombong ataupun takabur. Apabila memiliki kelebihan, janganlah menyombongkan kelebihan tersebut. Terlebih lagi, janganlah sombong kepada Allah dengan tidak mau menjalankan perintahnya. Sebab segala yang dimiliki di dunia ini merupakan titipan dari Allah SWT. Serta biasakan untuk mengucapkan InsyaAllah bila membuat sebuah janji, agar tidak mendahului Allah SWT.

Allah berfirman dalam Surat-31 Luqmaan ayat-18 yang artinya: “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.”

Quran surat Al-Hujurat [49] ayat-1: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rosuul-Nya dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

2. Selalu Menggunakan Akal dan Berfikir yang Ma’ruf (Adil dan Benar)

Kunci yang kedua yakni selalu menggunakan akan dan berpikir yang ma’ruf (adil dan benar). Hal ini harus dilakukan agar di dalam usaha mendapatkan hidayah dari Allah SWT tersebut, Allah senantiasa memberikan keberkahan terhadap segala usaha yang dilakukan. Allah SWT berfirman:

Baca Juga:
Inilah Hukum Memakai Sepatu Hak Tinggi Bagi Muslimah

“Katakanlah; “Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertaqwalah kepada Allah, hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS.Al-Maaidah: 100)

Ada banyak sekali manfaat yang akan diperoleh apabila seseorang menggunakan anugerah berupa akal pikirannya tersebut dengan baik. Salah satunya adalah cenderung merasa tentram serta dilimpahkan rasa dan sayang.  Allah Ta’ala berfirman:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang, sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”(Q.S. Ar-Ruum: 21)

3. Banyak Berdzikir


Kunci berikhtiar untuk mendapatkan hidayah dari Allah SWT selanjutnya adalah dengan memperbanyak dzikir. Ada banyak sekali bacaan dzikir yang bisa diucapkan agar Allah senantiasa memberikan hidayah dari Allah SWT. Misalnya “Laa Ilaaha Illaallaah Muhammadur Rosuulullaah” setiap pagi dan petang, kalimat “Laa Ilaaha Illaallaah”. Allah SWT berfirman:

“Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan (sesembahan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.”(Q.S. Muhammad:19)

Kalimat “Muhammadur Rosuulullaah”, menukil Surat- Al-Fath ayat [48]: 29 :

“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridloan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurot dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang shaleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.”

4. Selalu Membaca Al-Qur’an

Baca Juga:
Pintu Surga Ini akan Terbuka untuk orang yang Gemar Bersedekah

Selalu membaca Al-Qur’an ternyata juga menjadi salah satu kunci usaha untuk memperoleh hidayah dari Allah SWT. Oleh sebab itu, sempatkanlah dalam sehari itu untuk membaca Al-Qur’an minimal satu ‘Ain. Allah SWT berfirman:

Al-Qur`an) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Satu dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.” (Q.S. Ibrahim: 52)

5. Selalu Silaturahmi dengan para Ulama/ Orang-orang Saleh

Kunci ikhtiar untuk mendapatkan hidayah dari Allah yang terakhir adalah dengan senantiasa menjalin silaturahim dengan para ulama ataupun orang-orang yang shaleh. Dengan menjalin siturahmi tersebut akan membuat kita lama-kelamaan mengikuti untuk mengerjakan amalan kebaikan seperti yang mereka lakukan. Allah SWT berfirman:

 “Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri dan dari padanya Allah menciptakan isterinya dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan (peliharalah) hubungan silaturahmi (silaturrohiim), sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi Kamu.” (Q.S. An-Nisaa: 1)

“Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rosul (Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-Nabi, para orang Jujur, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang Shaleh dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.” (Q.S. An-Nisaa: 69)

Demikianlah informasi mengenai lima kunci berikhtiar untuk mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Lakukanlah lima kunci di atas saat mencari keridhaan Allah, semoga Allah senantiasa bersama orang yang mau bersungguh-sungguh berusaha mendapatkan hidayah-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here