Lima Cara Tradisional Obati Panu Secara Tepat

0
124
Kulit manusia menjadi area sensitif yang mudah diserang kuman dan penyakit, salah satunya adalah panu. Panu sendiri merupakan penyakit yang berbentuk noda putih, biasanya mengakibatkan rasa gatal pada kulit. 
Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan panu, yakni adanya pertumbuhan jamur di kulit. Tidak hanya menyerang orang dewasa, panu juga bisa terjadi pada anak-anak. Pada awalnya, panu ini memang tidak terasa akan tetapi seiring berjalannya waktu bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. 
Lima Cara Tradisional Obati Panu Secara Tepat  Lima Cara Tradisional Obati Panu Secara Tepat 124
Oleh sebab itu, apabila terserang panu haruslah sesegera mungkin diobati jangan sampai panu tersebut melebar dan menyebar ke seluruh tubuh. Namun, bagaimanakah cara mengatasinya? Ternyata ada cara tradisional untuk mengobati panu, yuk simak informasinya. 
1. Menggunakan Kunyit
Cara tradisional pertama untuk atasi panu yang pertama adalah dengan menggunakan bahan dapur yakni kunyit. Ternyata kunyit sudah terkenal sejak zaman dahulu ampuh untuk mengatasi penyakit kulit yang satu ini. 
Caranya pun sangat mudah, cukup dengan menghaluskan kunyit dengan cara diparut kemudian dicampur dengan garam. Apabila sudah tercampur, gosokkanlah pada kulit yang terkena panu. Lakukanlah hal ini secara teratur, maka dalam beberapa hari panu itu akan hilang. 
2. Menggunakan Lengkuas
Sama halnya seperti kunyit, ternyata lengkuas juga bisa digunakan sebagai obat panu. Cara menggunakannya pun sama seperti kunyit, cukup menghaluskan dan mencampurnya dengan garam lalu menggosokkannya ke permukaan kulit yang terkena panu. 
3. Menggunakan Daun Pare
Siapa yang tidak kenal pare, tanaman yang biasa digunakan untuk lauk ini memiliki cita rasa pahit. Akan tetapi pada kali ini kita tidak akan membahas tentang buah pare, melainkan daunnya. Ternyata daun pare memiliki manfaat tersembunyi untuk mengobati panu. 
Caranya pun sangat mudah, yakni cukup mencampurkan daun pare yang sudah dihaluskan dengan kapur sirih kemudian digosokkan pada daerah yang terkena panu. 
4. Menggunakan Daun Leunca
Selain daun pare, ternyata daun leunca juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi panu. Campurkan daun tersebut dengan garam kemudian dibungkus dengan daun pisang dan kukus hingga matang. Setelah matang, maka gosokkanlah daun tersebut pada bagian yang terkena panu. 
5. Menggunakan Kulit Pohon Pinang
Cara tradisional terakhir untuk mengatasi panu adalah dengan menggunakan kulit pohon pinang. Di balik buahnya yang terkenal, ternyata kulit pohon pinang yang masih hijau juga memiliki manfaat. Caranya adalah dengan menggunakan menyerut pohon pinang tersebut lalu digosok-gosokkan pada bagian tubuh yang terkena panu. 
Demikianlah informasi mengenai lima cara tradisional yang menggunakan bahan herbal untuk mengobati panu. Jangan pernah menunda-nunda untuk mengobati penyakit yang satu ini. Karena panu bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Selamat mencoba.
Baca Juga:
Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Agar Tetap Awet Muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here